10 October 2022

Lihat Macam Macam Ikan di Purbasari Pancuran Mas Purbalingga


Salah satu tempat wisata di Kabupaten Purbalingga yang wajib dikunjungi adalah Purbasari Pancuran Mas. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya, Purbayasa, Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah, kira kira berjarak 6,6 kilometer ke arah barat dari Alun Alun Purbalingga. Aksesnya udah bagus, bahkan bus bus besar pun bisa sampai lokasi.

Kemarin kita kesana pas musim liburan sekolah, beuh ramai banget, tempat parkirnya penuh oleh kendaraan baik itu motor, mobil maupun Bus Bus besar. Padahal tempat parkirnya udah luas banget lho, tapi ternyata bisa penuh juga. Mantap


Untuk tiket masuk nya, cuma 23 ribu rupiah aja per orang, plus dapat voucher diskon yang bisa di tukar di dalam untuk pembelian teh botol/fruit tea.
 
Spot pertama yang kita kunjungi adalah Aquarium Exotik. Di dalam ruangan ini terdapat banyak aquarium yang masing masing aquarium diisi ikan ikan yang berbeda jenis. Ada pula beberapa aquarium yang diisi binatang binatang air yang sudah diawetkan, seperti kura kura, penyu, kepiting, ikan dll.
 
Nah yang cukup bikin wow adalah adanya kolam besar berisi ikan Arapaima yang ukurannya jumbo, kalau disandingkan dengan manusia, besarnya sama lho. Dan ikan ini enggak cuma ada 1, tapi ada puluhan, heuheuheu.
 




 
Masih di ruangan Aquarium Exotik, ada area dimana kita serasa di dalam aquarium nya, dengan dinding kacanya, ikan ikan terlihat mondar mandir di kanan kiri dan atas kita, heuheuheu seruu, mulai dari yang kecil sampai yang besar ikannya,



Dari aquarium ini, kita lanjut keluar, di sini ada spot terapi ikan, jadi pengunjung bisa duduk di sekeliling kolam ini lalu menceburkan kaki nya ke kolam, nanti ikannya akan makan sel sel kulit mati di kaki kita. Aku pernah nyobain yang seperti ini, hihihi geli geli sakit dikit, tapi lama lama enak. Di sekitar sini juga ada beberapa kandang burung, ada yang kecil ada juga yang besar, seperti burung kasuari





Di sekitar kandang burung kasuari ini kan ada semacam tanah lapang gitu ya, heuheuheu penuh banget ama ibu ibu dan anak anak yang sedang makan siang bersama, jadi memang hari ini tuh pas banget banyak pengunjung dari sekolahan, mulai dari PAUD sampai SMA, yang berasal dari beberapa kota di Jawa, yang dari kebumen juga ada lho, aku lihat dari seragam yang dipakai, ada tulisan nama sekolahnya. Ya semoga mereka tetap menjaga kebersihan ya, enggak buang sampah sembarangan.

Lanjut kita jalan mengikuti jalur yang tersedia, hingga sampai ke spot penukaran voucher air minum produk Sosro yang kita dapat vouchernya tadi pas beli tiket. Harga asli minumannya tuh 8 ribu, nah dengan voucher ini kita cuma bayar 4 ribu aja.





Di sebelahnya juga ada stand penjualan makanan ringan, seperti roti, donat dan lain lain, sedangkan di seberangnya ada semacam garasi berisi beberapa kendaraan antik, yang bila dilihat dari plat nomornya, ada yang masih aktif ada juga yang udah mati.

Di spot ini kita istirahat dahulu, duduk di bawah pohon sambil makan roti dan minum air minum kemasan yang baru aja kita beli menggunakan voucher. 

Di sini merupakan titik percabangan ke beberapa spot yang lain, bisa ke river world, taman burung, playground ataupun langsung menuju arah pintu keluar




Dari sini si kakak udah enggak mau jalan keliling lagi, kayaknya usah kecapekan dah, ya sudah akhirnya aku cuma ngajakin adeknya buat jalan jalan lagi, sedangkan si kakak duduk istirahat ama emaknya.

Terlihat ada beberapa patung kuda nil dengan mulutnya yang menganga lebar, ada pula yang badannya di dalam tanah, cuma terlihat setangah aja. Ini salah satu spot oke sih buat foto foto, apalagi untuk anak, dia bisa duduk di dalam mulut nya.



Dari spot kuda nil, kita lanjut jalan kaki menyeberangi sungai dengan melewati jembatan yang cantik banget warnanya, di sini wajib foto foto dah, heuheuheu. Nah di balik jembatan ini ada playground kecil yang berisi beberapa mainan seperti perosotan, lumayan rame disini, banyak anak yang heboh banget main perosotan. Ada juga beberapa kandang yang berisi rusa totol.






Ini adalah spot terakhir yang kita kunjungi, setelah balik ke tempat si kakak istirahat, kita lanjut jalan menuju pintu keluar, dengan melewati spot Perahu Wisata, Sepeda Air, dan tempat penjualan oleh oleh serta souvenir.




Wisata yang sudah mulai dibangun sejak tahun 1993 ini memang cocok sih buat ngajak jalan jalan anak anak beserta keluarga, tapi saranku sih jangan pas musim liburan sekolah ya, heuheuheu, rame banget.


***

Peta Lokasi Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Share:

2 comments:

  1. Belum pernah dolan ke Purbalingga, dulu lebih sering melintas saja. Lihat daerahnya aja adem ahahhaha

    ReplyDelete
  2. bagus ni ada aquarium di jateng untuk liburan satu keluarga ., ;p

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive