WHAT'S NEW?
Loading...

Bioskop Bagelen Purworejo, Nasibmu Kini


Orang Purworejo Jaman Dulu pasti tahu dengan yang namanya Bioskop Bagelen. Yuph Bioskop tersebut adalah salah satu tempat hiburan bagi warga Purworejo pada masanya. Sayangnya ane sebagai putra daerah kelahiran Purworejo belum pernah merasakan nonton film di dalam bangunan ini, keburu dibakar oleh massa. Bermacam film diputar dari film barat , mandarin , india tak ketinggalan film Indonesia . Seperti Titanic, Jurassic Park, dan James Bond.

Denger-denger dulu seh, bioskop ini sering nayangin film-film porno atau yang berbau mesum, ane masih inget baliho baliho dari kain yang dipajang di Pinggir Sungai Kedung Putri, sebelah utara bioskop. Oia selain itu ane inget promosinya menggunakan mobil pick-up keliling Kota sambil menyebar Selebaran/Pamflet berisi info film yang akan diputar plus teriak teriak bermodalkan speaker TOA di atas mobil. Akan tetapi karena porsi film pornonya semakin banyak, ada pihak-pihak yang tidak suka, sehingga terjadilah aksi pembakaran, selain bioskop bagelen, bioskop pusaka juga menjadi sasaran pembakaran.

Satu dasawarsa lebih telah berlalu, dan bangunan itu pun kini terlantar, hanya ada papan pengumuman bahwa di tempat tersebut akan dibangun Gedung Kesenian. Gak tahu akan dibangun kapan gedung kesenian tersebut, yah semoga pemda bisa segera merealisasikannya, pasti akan sangat bermanfaat bila dibangun Gedung Kesenian, mengingat di Purworejo banyak pekerja seninya, sehingga tempat ini bisa dijadikan tempat mengekspresikan diri bagi pekerja seni.

5 comments: Leave Your Comments

  1. AnonymousMay 25, 2011

    yang tukang bakar gak punya otak

    ReplyDelete
  2. btw siapa yg bakar y?

    ReplyDelete
  3. eman2,, tp gimana lg org Purworejo dan termasuk saya juga ndak suka puworejo berbau porno.. serba salah

    ReplyDelete
  4. Dulu pemdanya diem aja sih waktu muter film2 gituan,,, Ya semoga Purworejo makin maju dan berkembang....

    ReplyDelete
  5. wah kalo jaman bioskop bagelen muter film porno aku dah gak disana....tapi dulu waktu aku masih di sma tahun 80-an, aku sering nonton di bioskop bagelen. dulu purworejo ada tiga bioskop: bioskop pusaka, yang akhirnya dibagi 3 ruang, bioskop bagelen yg kemudian kalah pamor dgn pusaka, yg paling junior bioskop purworejo (purworejo theater) di ledok dekat gadean. aku inget waktu nonton film 'g 30 s' bareng2 satu sekolahan di purworejo theater, 6 jam panjangnya.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar