WHAT'S NEW?
Loading...

Festival Maulid Nusantara ke 6 di Mataram NTB


Lagi asik asiknya mengendarai motor, eh tiba tiba ada pengalihan jalur di depan Jembatan Baru Jalan Langko, jadi penasaran sebenarnya ada apa ini pagi pagi kok sudah ada pengalihan jalur, usut punya usut ternyata di Jalan Langko-Pejanggik Mataram ini sedang ada Pawai dalam festival Maulid Nusantara. Wah katrok banget ane, ada event bertaraf nasional kok nggak tau, tapi emang seh, nggak ada promosi atau pemberitahuan mengenai adanya festival ini.

Festival Maulid Nusantara ini adalah festival tahunan yang ke 6, dimana sebelumnya diadakan di Palu, Sulawesi Tengah, dan diadakan sampai tanggal 19 Mei 2011. FMN ke-6 ini akan digandeng dengan Festival Kasidah Nasional (FKN) yang juga melibatkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Beragam acara akan digelar dalam Festival yang menghabiskan dana APBD 2,2 Milyar rupiah ini, seperti ekspos pangan muslim, pameran dan bazar, pameran sejarah perkembangan Islam di berbagai daerah di Indonesia, bazar kuliner, Lomba Da'i Remaja, peragaan busana muslim, menghafal ayat Al Qur'an Juz Ama dan terjemahannya, dan Lomba Qasidah tingkat Nasional ke-16.

Perlu diketahui bahwa Even perdana FMN pertama di Jakarta 1427 Hijriah itu diikuti oleh enam provinsi, kemudian FMN ke-2 tahun 2007 atau 1428 Hijriah yang diikuti oleh 14 provinsi, FMN ke-3 tahun 2008 atau 1429 Hijriah diikuti oleh 16 provinsi, dan FMN ke-4 tahun 2009 dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang oleh 16 provinsi sebagai peserta dan 5 provinsi sebagai peninjau. Selanjutnya, FMN ke-5 tahun 2010 atau 1430 Hijriah yang dilaksanakan di Palu yang diikuti oleh 33 provinsi di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 1.000 orang.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar