WHAT'S NEW?
Loading...

Trip ke Pantai Tanjung Pasir, Pulau Moyo

Pantai Tanjung Pasir merupakan tujuan akhir dari petualangan kami di Pulau Moyo, Sumbawa. Kalau dilihat di peta, pantai tanjung pasir ini berada di ujung bawah kanan pulau moyo, atau bisa juga dibilang merupakan titik terdekat ke Pulau Sumbawa. Kalau kita dari Sumbawa langsung menuju titik ini cuma butuh waktu 15 menit menggunakan perahu motor kecil milik nelayan.

Akan tetapi posisi kita sebelum ke titik ini adalah di Labuhan Aji yang letaknya lumayan jauh, harus memutar seperempat pulau lebih apalagi saat kita ke sana pas ombak nya besar, jadi tidak bisa full speed. Untuk menuju ke Pantai Tanjung Pasir, kami menyewa perahu milik warga Pulau Moyo. sebenarnya tujuan kami ya menyeberang ke Sumbawa, nah dikarenakan letak pantai Tanjung pasir ini berada di jalur pulang kami, jadinya kami berencana mampir ke pantai ini.

Setelah berkonsultasi dengan seorang warga Pulau Moyo yang juga pemilik kapal yang ukurannya agak besar, kami mulai mengarungi laut tidak dari Dermaga di Labuhan Aji akan tetapi dari Dermaga nya Amanwana Resort (satu satunya Resort yang ada di Pulau Moyo), dikarenakan ombak di Labuhan Aji masih besar. Dari Labuhan Aji menuju dermaga Amanwana Resort kami naek ojek dengan tarif sepuluh ribu doang, menyusuri jalan kecil membelah hutan dengan jalan dari tanah yang becek. Perjalanan ojek ini kami tempuh sekitar setengah jam.

Tibalah kami di Dermaganya amanwana Resort. Tak seperti yang saya duga, awalnya saya kira dermaganya itu berada di depan hotel Amanwana, akan tetapi ternyata lokasi hotelnya masih jauh sekali. Yuph pihak amanwana memang menerapkan peraturan yang ketat demi menjaga status "Private Hotel". Bahkan karyawan amanwana pun yang mau ke hotel harus turun lewat dermaga ini, baru nanti dijemput pihak hotel menggunakan mobil.


Setelah puas foto foto, kita pun melaju menuju Pantai Tanjung Pasir menggunakan kapal yang lumayan besar. Awalnya sih saya kira dengan kapal besar ini ombak besar tidak terasa lagi, eh ternyata tetep aja goyangannya itu terasa banget, kayak mau terguling kapalnya.

Setelah sejam terombang ambing di laut, akhirnya kami pun sampai di Pantai Tanjung Pasir. Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Moyo. Pantai ini sungguh tenang airnya, tak ada ombak sedikitpun, sangat beda sekali keadaanya dengan perairan di Labuhan Aji yang ombaknya super ganas. Yuph inilah efek dari angin barat, lokasi pantai yang berada di sebelah timur pulau, menyebabkan pantai ini tidak trkena efek angin barat.


Kalau dilihat lihat sih, pantainya biasa aja, jauh lebih indah Pantai Pantai di Lombok. Akan tetapi jangan salah, dunia bawah airnya luar biasa, bener bener indah, alami, seperti hutan terumbu karang yang warna warni. Tanpa banyak kata, lihat saja keindahan Terumbu Karang di Pantai Tanjung Pasir ini :










jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok

1 comment: Leave Your Comments

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar