WHAT'S NEW?
Loading...

MTQ Nasional ke 26 di Mataram Lombok

photo by http://www.ntbprov.go.id/

Di bulan Juli ini tepatnya tanggal 27 Juli, di Kota Mataram akan diadakan Event berskala nasional yaitu Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang dipusatkan di area Islamic Center, Jalan Udayana, Mataram, NTB dan akan berakhir pada tanggal 7 Agustus 2016

Nah selain acara utama yaitu perlombaan membaca Al Quran yang diikuti peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, dalam Event MTQ Nasional yang ke 26 ini banyak lho rangkaian acara dan venue venue yang wajib kita datangi, apa aja itu? Yuk ah kita simak :

1. VENUE
Selain venue utama di area Islamic Center Kota Mataram, pelaksanaan MTQ Nasional juga diadakan di Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat, Ponpes Al Aziziyah Kapek Gunungsari, Kantor BKD dan Diklat NTB, MAN 2 Mataram, Gedung Graha Bhakti Praja, Taman Budaya Mataram, Gedung Sangkareang, Masjid Agung Praya Lombok Tengah serta Gedung Irigasi Dinas PU NTB

2. SEPEDA SANTAI
Agar lebih meluaskan informasi penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional (MTQN) ke-26 di Mataram, diselenggarakn sepeda santai keliling kota Mataram, Minggu 24 Juli 2016. Sepeda santai ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nusa Tenggara Barat (NTB), INCCA (Indonesia Congress & Convention Association) NTB dan Plaza Bangunan.

3. SIMAAN AL QURAN
Acara ini akan diikuti peserta sebanyak 1.000 hafiz di depan Pendopo Gubernur NTB pada tanggal 24 Juli 2016. Selain itu akan akan ada Muktamar Ikatan Persaudaraan Qori-Qoriah dan Hafiz-Hafizah ke-III pada tanggal 27-29 Juli yang diikuti sebanyak 200 orang peserta. Khusus Muktamar yang organisasinya di ketuai Prof Said Agil Husein Al Munawar itu akan banyak dibahas model-model dan pelaksanaan serta penjurian MTQ untuk tahun berikutnya

4. PAWAI KENDARAAN HIAS
Sebanyak 44 unit kendaraan hias dan pawai jalan kaki yang diikuti sekitar 2 ribuan orang mewakili 34 provinsi dan 10 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat akan meramaikan pawai dan malam taaruf sebagai rangkaian kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVI pada hari Jumat 29 Juli 2016 mulai pukul 14.00 WITA . Pawai ini dimulai dari depan lapangan Sangkareang, Kota Mataram dan berakhir di Taman Mayura, Cakranegara

5. LAMPION
Setidaknya ada 2 ribu lampion disiapkan Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk menyambut pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional yang dipasang di sepanjang jalan protokol di kota Mataram, mulai dari jalan Langko, jalan Airlangga, jalan Pejanggik hingga pendopo gubernur dan walikota. Kemudian, di jalan Udayana, tepatnya di lokasi venue utama penyelenggaraan MTQ Nasional, yakni Masjid Islamic Center (IC).

6. PAMERAN FOTO
Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar pameran foto bertema religi pada tanggal 28 Juli 2016 guna ikut menyemarakkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 tingkat Nasional. Foto-foto yang akan ditampilkan itu merupakan hasil foto terbaik dari lomba foto semarak Takbiran 1437 Hijriah tingkat Kota Mataram dan foto-foto masjid terbaik di kota ini.

7. PAMERAN PERADABAN ISLAM
MTQ Nasional XXVI di Mataram juga akan dimeriahkan dengan Pameran Peradaban Islam (PPI). PPI menjadi acara baru di ajang MTQN dan dipersiapkan oleh Disbudpar bekerjasama dengan museum pusat dan daerah. PPI nantinya akan menampilkan dokumentasi tentang dinamika dan perkembangan peradaban Islam di NTB khususnya dan Islam di Nusantara pada umumnya. Di stand PPI akan ditampilkan berbagai materi dan koleksi yang mencerminkan perkembangan Islam yang tersimpan di berbagai museum. Selain itu, di stand PPI setiap hari juga akan berlangsung acara bedah buku dan seminar tentang dunia Islam.

8. NTB EXPO
MTQ Nasional XXVI juga akan disemarakkan dengan NTB Expo dan promosi produk unggulan daerah se-Indonesia, yang akan berlangsung dari tgl 30 Juli 6 Agustus di area Expo, sebelah utara venue utama Islamic Centre NTB

9. BAZAR KULINER HALAL FOOD
Sebanyak 40 unit stand FOOD COURT sudah disiapkan dan akan diisi oleh restoran, lesehan, katering dan UMKM binaan BUMN/Swasta, IWAPI, Dharma Wanita, dan lainnya. Selain itu tersedia pula kantin sehat dan halal untuk melayani panitia, kafilah, dan pengunjung di lantai 1 Gedung Pendidikan sebelah barat Islamic Center.

10. STREET FOOD
Pedagang kaki lima (PKL) juga mendapat ruang untuk memeriahkan MTQN XXVI di Mataram, sebanyak 30 PKL akan membuka lapak di jalan Mahoni, di samping kantor Imigrasi dan sekitarnya.

11. FESTIVAL HORTIKULTURA
Arena EXPO juga diramaikan dengan festival hortikultura yang menampilkan aneka pohon, buah-buahan, bunga, dan sayuran. Ada 20 stand perusahaan swasta dan pemerintah yang siap memeriahkan hortifest dengan menggelar berbagai produk dan teknologi tepat guna.


Yuk mari sukseskan MTQ Nasional ke 26 di Mataram, NTB
info lebih lanjut, silakan follow twitter @lombokkita

***

Berikut 10 Besar Juara / Pemenang MTQ Nasional ke 26 di Mataram, NTB

1. Provinsi Banten
2. DKI Jakarta
3. Kepulauan Riau
4. NTB
5. Jateng
6. Riau
7. Sumbar
8. Aceh
9. Papua Barat
10. Jabar

6 comments: Leave Your Comments

  1. Aku mau liat parade lampion nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak ada parade nya om, lampion nya cuma dipasang di atas jalan jalan utama
      bahaya kalau lampion nya dilepas terbang bebas, heuheuheu

      Delete
  2. waktu SD sempet ikutan lomba Mtq meskipun ga pernah menang, ini sepertinya seru banget bisa liat lomba Mtq nasional

    ReplyDelete
  3. NTB juara empat! Sayang beritanya gak menasional event ini :(

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar