WHAT'S NEW?
Loading...

Menikmati Sisi Lain Pantai Jatimalang

bukan milik pribadi, photo diambil dari instagram @explorepurworejo , taken by Hidayat
Pantai Jatimalang adalah pantai kebanggan warga Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini banyak meninggalkan kenangan masa muda dulu, sering banget dulu jalan jalan ke pantai ini, selain pantai congot dan glagah. 

Pasir Hitam dan Ombak Besar adalah ciri khas pantai selatan di sepanjang kulonprogo, purworejo dan kebumen, tak terkecuali Pantai Jatimalang. Dulu sih aku anggap pantai ini pantai yang indah bangeeet nget nget, heuheuheu karena gak pernah jalan jalan ke pantai lain yang berpasir putih. Hingga akhirnya aku merantau ke Pulau Lombok yang notabene pulau seribu pantai. Pemikiran ku pun sedikit berubah, ternyata ada pantai yang jauh lebih indah dari pantai di kampung halaman ku, hahaha....

Meskipun begitu, aku enggak melupakan Pantai Jatimalang. Saat pulang kampung, aku pasti menyempatkan mampir ke Pantai ini, tapi bukan untuk menikmati pantai nya, melainkan mencari sisi lain dari pantai jatimalang ini yang belum aku jamah pada jaman muda dulu (aku udah tua)


Yang pertama adalah wisata kuliner nya.
Pantai Jatimalang ini meskipun ombaknya ganas, tapi warga sekitar sini banyak yang jadi nelayan lho, buktinya di sepanjang pantai banyak kapal nelayan yang parkir, dan ada pula bangunan tempat pelelangan ikan. Hal ini menimbulkan peluang usaha lain, yaitu warung seafood yang menyediakan berbagai menu dari hasil laut yang masih fresh, karena didatangkan langsung dari nelayan setempat.

Tapi pada masa muda dulu, seafood adalah salah satu menu yang mewah, karena harganya mahal, saat itu belum mampu lah untuk jalan jalan ke pantai sambil mampir nongkrong di warung seafood, heuheuheu. Padahal banyak lho warung seafood di sini. 

Nah dari sekian banyak warung seafood di sini, baru makanan di warung seafood yu pesek yang udah pernah aku icipin beberapa waktu yang lalu. Untuk kali ini , aku mau nyobain masakan seafood dari warung sebelah nya, yaitu Warung Seafood Yu Yem.

Warung Seafood Yu Yem ini berada di dalam kawasan wisata pantai jatimalang, jadi kalau mau makan di warung ini ya harus membayar tiket masuk, meskipun kita enggak akan ke pantai nya, heuheuheu. Tiketnya sih murah, 4 ribu aja per orang (harga khusus hari libur) plus bayar parkir 2 ribu per motor.

Aku sampai warung ini sekitar jam sebelas siang, sejam lebih awal dari jam makan siang, sehingga kondisi warung masih sepi, dan kita pun bisa bebas mau duduk dimana. Ada dua jenis tempat duduk yang bisa dipilih, yaitu lesehan atau duduk di kursi .

Menu apa aja yang disediakan di sini? Monggo disimak :




Cumi Goreng Kremes, Udang Saus Pedas, Kepiting Saus Asam Manis Pedas dan Oseng Kangkung Terasi adalah menu yang kita pesan. Dari segi rasa, enak enak standar lah ya, gak mengecewakan, cuman oseng kangkung nya aja yang agak keasinan, mungkin koki nya lagi ngebet kawin ya, heuheuheu. Untuk minuman nya aku order Soda Gembira biar hati makin riang gembira, sedangkan istri dan adik ku order kelapa muda, biar jiwa nya semakin muda #hoek. Kalau untuk minuman nya gak usah dibahas kali ya, karena dimana mana yang namanya kelapa muda dan soda gembira ya gitu gitu aja... 

Yang jelas, kalau kalian lagi pulang kampung ke Purworejo dan jalan jalan ke Pantai Jatimalang, wajib untuk icipin menu seafood nya. Kalian bisa pilih sendiri warung nya, ada banyaaak.... Kalau penasaran dengan menu yang aku pesan tadi, ya monggo langsung melucur ke Warung Seafood Yu Yem.

***

Setelah perut penuh terisi kepiting, udang, cumi plus air soda, liburan hari ini kita lanjut ke sisi barat pantai Jatimalang. Spot yang sudah kita incar adalah hutan cemara..

dalam perjalanan menuju hutan cemara, kulihat Ternyata di sisi barat jatimalang ada lapangan dengan bangunan yang terlihat bagus, "pangling" maklum sudah lama gak kesini. Hohoho lagi ada acara rupanya, semacam kuda lumping/kepang yang hanya ditonton segelintir orang... Setelah kulihat baliho nya, oalah ternyata lagi ada event "Pentas Seni Semarak Lebaran 2016" yang digagas oleh Diskoperindagpar Kab Purworejo. Baliho yang seadanya itu menyiratkan bahwa panitia kurang serius dalam menggelar event ini, padahal di area parkiran tadi penuh banget kendaraan lho, konsentrasi massa terpusat di pantai dan warung warung bukan di sini. Aku yakin banyak diantara wisatawan yang datang ke pantai jatimalang siang ini enggak tahu adanya event ini #emaneman. Di jaman maju yang serba digital gini harusnya panitia kerjasama ama penggiat Social Media setempat semacam @explorepurworejo ya buat promosi, heuheuheu #yasudahlah 

Hutan Cemara ini memanjang sekitar 1 km ke arah barat pantai. Cuaca yang sangat panas di tengah hari ini ternyata sukses dibuat adem oleh rimbun nya pohon cemara di sini. Beneran deh, enggak serasa lagi di pinggir pantai.

Eh bukan kita aja lho yang ngadem di area sini, entah itu duduk duduk, foto foto ataupun jalan jalan dari ujung ke ujung hutan cemara. Selain adem, area ini fotogenik lho buat foto foto, heuheuheu



Lokasi ini juga seharusnya bisa dikembangkan nih jadi taman cantik, dengan penyediaan fasilitas kursi kursi taman dan spot spot selfie biar makin kekinian... Tapi ah #yasudahlah

***

Peta Lokasi Pantai Jatimalang via Google Maps




.
Baca Juga

8 comments: Leave Your Comments

  1. Pantainya mirup pantai-pantai di selatan lainnya. Identik dengan pasir hitam dan pohon cemara. Selain itu ombaknya juga besar. Pantai di Purworejo belum sepenuhnya banyak yang mengenali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya belum tenar, pengunjungnya kebanyakan warga purworejo
      atau perantau yang lagi mudik ke purworejo

      Delete
  2. Suka banget ama foto terakhir, kesan nya mistis itu ranting2 pohon
    Btw purworejo punya pantai yaaa ??? bukan nya purworejo itu di tengah2 pulau jawa ??? #LangsungGoogling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaa, punya donk kakak...
      Persis di sebelah baratnya Jogja
      ""pertanda kalau purworejo memang gak terkenal, heuheuheu""

      Delete
  3. itu pantainya bgs bangeeettt diambil dr atas gitu... aku yg bukan pecinta pantai aja lgs tertarik pertama kali liat :).. keunikan pantai2 di indo ya mas, komplit dari yg berpasir hitam, coklat, putih sampe pink :D. pantesan bule2 seneng bgt ke pantai di indonesia ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betewe pantai apa aja kalau disorot dari atas, bisa lebih cantik
      kecantikannya naik 30%, heuheuheu

      Delete
  4. Wah kece juga mas menunuya itu hehe, pohon rindangnya adem ya mas sejuk.... KAPAn yah gletser kutub pada gser ke pantai selatan... Biar adem mngkin bbrpa tahun ke depan mas... Waktu kita makin tua atau malah udah hilang... Smg pantai nie ttp jd kenangan indah trs bersyukur mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kece badai mas , heuheuheu
      iya itu dah, bikin sejuk.. semoga pohon pohon ini dirawat, plus ditambah fasilitas2 seperti bangku2 dan tempat sampah... enggak terasa lagi di pantai.... adeeem

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar