20 November 2016

Pizza Rasa Ayam Taliwang? Cobain Yuk

Salah satu kuliner Lombok yang paling aku sukai adalah Ayam Taliwang. Kuliner yang satu ini menggunakan daging ayam kampung yang masih berusia muda, masih abege lah ya belum "mature". Sedangkan pengolahannya bisa digoreng, dipanggang maupun dibakar, diolah utuh enggak dipotong potong mana paha mana dada. Di lombok sendiri banyak banget restoran atau warung makan yang menyediakan menu ayam taliwang, dengan ciri khas nya masing masing.

SEJARAH
Sebagai makanan khas Lombok, ayam taliwang menyimpan sejarah yang panjang lho. Kuliner ini pertama kalinya diperkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang ditempatkan di Lombok pada jaman Raja Karangasem. Kemudian kuliner ini menjadi terkenal berkat mendiang Papuq Maknawiyah yang merupakan penjual nasi ayam dari Karang Taliwang, Cakranegara, Lombok (bukan taliwang Sumbawa). Papuq atau dalam bahasa sasak artinya nenek, berjualan di pasar Cakranegara hingga akhirnya berpindah jualan di rumah seiring dengan makin menua usianya. 

Setelah tiada, racikan bumbu ayam taliwang ini dilestarikan melalui Rumah Makan Ayam Taliwang di kompleks pertokoan Cakranegara milik Muhibin Murad yang tak lain adalah saudara jauh Maknawiyah. Rumah makan yang ada sejak tahun 1966 itu menjadi satu-satunya warung ayam taliwang saat itu. Kini, rumah makan ayam taliwang sudah menjamur di Lombok, baik penjual kaki lima, warung biasa hingga restoran. 

Beberapa diantaranya adalah penjual ayam taliwang keturunan Muhibin Murad dan juga warga Karang Taliwang. Racikan bumbu juru masak dari Karang Taliwang yang sudah puluhan tahun meracik Ayam Taliwang inilah yang diyakini mempunyai rasa paling enak. Tak heran jika kemudian rumah-rumah makan lainnya juga memesan bumbu dari Karang Taliwang (sumber : http://lombok.panduanwisata.id)


Nah semakin kesini, olahan ayam taliwang banyak dikreasikan oleh chef chef setempat menjadi olahan kuliner lain, seperti halnya di Hotel Golden Palace, Mataram. Di restoran nya, sedang ada promo menu baru nih, yang masih berhubungan dengan Ayam Taliwang. Namanya Pizza Taliwang, heuheuheu, perpaduan antara kuliner Italia dan Lombok alias "TaBok"

Kebetulan di weekend ini (pertengahan November 2016), aku istri si baby dan beberapa temen sesama blogger dan media ngumpul ngumpul hore di Hotel Golden Palace sambil mencoba kuliner Pizza Taliwang.


Pizza ini enggak ada ubahnya dengan pizza pizza pada umumnya, bentuknya bulet yang dipotong potong menjadi bentuk segitiga, heuheuheu namun yang bikin special adalah topping nya, yaitu suwiran ayam dengan bumbu khas taliwang, cabe merah, kangkung dan saus yang agak pedes, level pedas nya disesuaikan dengan lidah orang kebanyakan.

Harganya murah lho, cuma 60 ribu rupiah per loyang, yang bisa disantap sampai 4 orang. FYI pizza ini bisa di take away juga lho, enggak harus dimakan di tempat, jadi kalau masih kurang puas, atau mau kirim bingkisan ke calon mertua, bisa tuh nge Bungkus pizza taliwang ini.

Selain pizza dengan kombinasi ayam taliwang, dalam rangka promo Pizza Fiesta, Hotel Golden Palace juga menyediakan menu pizza varian lain lho, seperti Pizza Rendang, Pizza Cabe Ijo dan Pizza Kare, dan alhamdulilah aku udah nyobain satu satu, heuheuheu


Rendang yang biasanya ada di Rumah Makan Padang, di tangan chef nya Golden Palace disulap menjadi sajian pizza, sumpah yang ini enak banget, lebih enak dari pizza taliwang, dan memang sih menurut info dari mbak Ida Ayu Nyoman Sri Utami selaku PR Hotel Golden Palace ini, pizza taliwang dan rendang jadi favorit para tamu hotel, heuheuheu selera kita sama......

Enggak percaya kalau ini maknyuss? Monggo dicoba sendiri....


Untuk dessertnya ada beberapa pilihan menu yang manis manis dan seger seger, nah menu yang aku pesen yaitu Fruit Skewer Vanilla Ice Cream, yang berupa beberapa potongan buah yang ditusuk (sebut saja sate buah) dengan topping satu scoop es krim vanilla. Cocok banget buat menetralkan lidah kita yang habis kepedesan makan pizza taliwang. Untuk menu ini satu porsi, harganya 40 ribu rupiah

Buat kalian para pecinta kuliner, khususnya kuliner yang unik unik, wajib banget untuk nyoba salah satu menu Pizza Fiesta di Golden Palace, dan langsung saja meluncur ke alamat di bawah ini :


Hotel Golden Palace Lombok
Jalan Sriwijaya No.38 Mataram
Telp : 0370 617000
Web : http://goldenpalacelombok.com/
IG : https://www.instagram.com/goldenpalacehotellombok/
Share:

21 comments:

  1. Semakin pinter aja orang membuat variasi makanan heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah, nanti tunggu pizza rasa rawon

      Delete
  2. Replies
    1. mengikuti perkembangan jaman , heuheuheu

      Delete
  3. Replies
    1. heuheuheu ide bagus tuh, sekalian bebalung ama sate rembiga

      Delete
  4. Pizza rendang aku dah coba, tapi ayam taliwang.. hmmm.. kayaknya bisa juga nih, agak2 pedes berarti ya ?

    ReplyDelete
  5. Aku mau ayam taliwang nya asli aja hahaha, harus nya ada pizza rasa sate rembige juga doang biar adil #PecintaREmbige

    ReplyDelete
    Replies
    1. pizza sate rembiga ya.... pizza nya ditusuk tusuk

      Delete
  6. wuih dua dua nya enak nih, pizza enak ayam taliwang apa lagi klo di campur hemm...pengennn nyoba haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu, ayo ke lombok lagi...

      Delete
  7. Aaiishh, dari fotonya aja udah ngiler :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuehu padahal baru fotonya ya, belum makanan asli nya

      Delete
  8. cara menjelaskannya detil banget, jadi kebayang gimana enaknya rasa pizza ayam taliwang ini.

    nanti akan ada pizza apalagi ya? sapa tahu ada pizza sate ayam, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuhe
      bissa jadi tuh pizza sate.. pizza nya ditusuk tusuk, disate

      Delete
  9. Wkwkw mantep banget kayaknya makanannya .
    apalagi kalo disantap pas lagi ujan, ditemenini lagu jazz #Syalallaala #Ngileer

    ReplyDelete
  10. Pizza ayam yang sungguh nasionalis sekali kak haha

    Ngacay ngacay

    ReplyDelete
  11. baru pertama kali Babang tau ada pijja dengan topping khas masakan nusantara, jadi pinisirin pengen coba

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive