16 November 2016

Kuliner Bali di Roemah Kayana, Lombok

di Weekend yang serba mendung di Mataram ini, kita memilih untuk wisata kuliner dalam kota aja, lagi males pergi jauh jauh nih, cuaca lagi kurang wokee.

Nah kebetulan banget, di Kota Mataram lagi ada sebuah tempat makan yang lagi mulai naik daun, namanya "ROEMAH KAYANA". Rumah makan ini lokasinya di Jalan Parta No.4, sebelah utara Phoenix Abian Tubuh, atau di seberang Smart Club (ex Hypermart), Kota Mataram. Untuk lebih jelasnya silakan lihat peta di bawah postingan ini.


Kita datang kesana pas banget jam 10 pagi dimana rumah makan ini mulai beroperasi, dan bahkan saking pagi nya, di bagian depan masih ada tulisan "Sorry we're Closed" sehingga membuat kita jadi ragu ragu untuk masuk, dan harus bertanya pada salah satu pegawai yang kebetulan lagi di bagian depan tempat ini, dan Yuhuuu ternyata warung nya sudah buka gaes.... 

Tempat ini homey banget lho, serasa di komplek rumah warga Bali. Dan memang sih ini milik orang bali yang hobi seni, banyak barang barang seni di setiap sudut rumah makan ini, kalian bisa lihat di foto foto yang ada di postingan ini.


Suasana Roemah Kayana ini mengingatkan ku akan sebuah tempat makan di daerah Renon, Denpasar, Bali. Namanya Gula Bali The Joglo. Mulai dari lokasinya yang agak masuk pemukiman, bukan di pinggir jalan utama, terus interiornya yang serba kayu, hingga menu menu nya yang khas Bali.

Saat ini ada tiga jenis tempat duduk yang bisa kita pilih, pertama di bagian depan indoor, yang kedua outdoor di bawah pohon, yang ketiga di belakang lesehan dengan beanbag warna orange dan background tulisan tulisan dan lukisan yang tertempel di dinding, wokee banget buat fotoan

MENU MAKANAN
Nah ini nih yang kusuka dari rumah makan ini, menu makanan nya yang enggak mainstream alias otentik, bakal jarang banget ditemukan di tempat tempat makan di Kota Mataram


Harga harganya enggak jahat ya.... lumayan terjangkau lah ya. Dari sekian banyak menu itu, yang kita pesan adalah Nasi Ayam Betutu, Pecel Rangkenan, Es Daluman, Es Bowos, Singkong Bekerem dan Jajanan Pasar, heuheuheu lapar mata, pengen nyobain semua...... Tapi apalah daya, perut mungilku ini pasti gak akan cukup.

PECEL RANGKENAN
Menu makanan ini seperti halnya pecel kebanyakan, ada berbagai sayur rebus yang diguyur kuah kacang manis, dan dikasih kerupuk. By the way akan lebih oke lagi kalau dikasih rempeyek yaaaa. Nah Untuk karbohidratnya kita bisa pilih nasi atau lontong.


NASI AYAM BETUTU
Menu ini adalah pesenan istri, kalau dilihat lihat ayam betutu ini agak berbeda dengan ayam betutu khas gilimanuk yang pernah kucoba di Jalan Tuban, Badung, Bali. Dimana yang di bali tuh berkuah rempah gitu, sedangkan yang di roemah kayana ini kering, dengan dilengkapi dengan sayur ares, serundeng, sambal matah dan sambal kecicang. Buat yang belum tahu, kecicang adalah semacam bunga, kalau di Jawa sih disebutnya "Kecombrang" dan aku pernah merasakan sambal kecombrang ini di Warung Gondang Legi, Jogja, keduanya sama sama enak. 


SINGKONG BEKEREM
Bekerem dalam bahasa sasak artinya "berendam", jadi kalau diaplikasikan dalam nama makanan artinya singkong berkuah. Nah singkong nya ini direbus dengan pas, sehingga empuk kemudian diguyur dengan kuah putih kental yang manis. Pas banget deh dimakan pagi pagi, apalagi saat penyajiannya ini, singkongnya masih anget, huhuhuhu, aku ketagihan.....


JAJANAN PASAR
Jajanan mungil mungil yang biasanya ada di pasar pasar tradisional ini, ada pula disajikan roemah kayana ini. Satu porsi isinya keludan, Serabi, klepon, ketan hitam dan lupis yang ditaburi parutan kelapa plus diguyur gula merah cair.


ES DALUMAN
Es Daluman adalah salah satu kuliner khas Bali. Tapi meskipun begitu, di jawa juga ada minuman seperti ini dengan nama Es Cincau. Cincau/daluman ini terbuat dari daun sebuah tanaman dengan nama latin cyclea barbata. Selain menyegarkan tubuh, ternyata cincau/daluman ini berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi lho... 


ROEMAH KAYANA
Jalan Parta No.4 Abian Tubuh, Mataram, NTB
Instagram : @roemah_kayana
HP : 081906993095

***

PETA LOKASI ROEMAH KAYANA


.
Share:

9 comments:

  1. Mas itu yang Singkong Bekerem kuahnya susu atau santan ya? Kalau biasanya yang kutemui itu cairan Gula Jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuah santan tapi manis, kaya susu

      Delete
  2. Replies
    1. sisok = keong
      jarang yang jualan nih

      Delete
  3. Replies
    1. ampet dalam bahasa sasak artinya kipas, sate sate ampet pada dasarnya artinya sate yang dikipas... bisa berupa sate ayam, daging atau jeroan. Contohnya bisa dilihat di postingan >> http://www.berbagifun.com/2013/01/sate-ampet-kuliner-khas-lombok.html

      Delete
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan serupa yang anda bisa lihat di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017

BCA BALI RUN 2017

Blog Archive