10 November 2016

The Jayakarta Lombok - Resort yang Ramah Anak

Weekend kemarin sempet galau gegara bingung antara mau renang di kolam atau ngajak main pasir si kecil ke pantai. Hingga akhirnya aku dapet pencerahan dari blog tetangga sebelah >> http://andyhardiyanti.com bahwa ada tempat asyik yang enggak terlalu jauh dari Mataram, dimana disana kita bisa berenang di kolam renang sambil main pasir. Atau dengan kata lain, kita bisa main pasir laut tapi di kolam yang air nya tawar, heuheuheu. Pasti seru tuh..... Namanya The Jayakarta Lombok Beach Resort & Spa


Hal pertama yang kita lakuin sebelum kesana adalah packing, maklum kita bawa anak kecil, jadi harus bener bener diperhatikan barang barang yang wajib dibawa, jangan sampai kejadian setahun lalu terulang ya, pas lagi asyik asyik main dipantai, eh si kecil pup, dan kita gak bawa persiapan popok  ganti, tissue basah, dan baju ganti, heuheuheu, kacau dah liburannya... 

Mau tahu, barang barang yang wajib kita bawa pas renang renang hore di Kolam bareng si kecil? Nih aku list satu per satu , semoga gak ada yang ketinggalan ya..

1. PERLENGKAPAN si KECIL
Ini pokoknya selalu ada dalam daftar pertama, aku enggak mau kejadian itu terulang lagi.... Mulai dari Popok, tissue basah, sampai baju ganti. Ditambah sabun buat bilas dan minyak telon biar si kecil enggak kedinginan.

2. MAINAN
Berhubung ini ke kolam berpasir, jadi kita bawa mainan plastik semacam sendok garpu dan alat alat membangun istana pasir. Selain itu juga tetep bawa mobil mobilan, karena si kecil ku ini lagi seneng seneng nya main mobil mobilan.... 

3. PELAMPUNG TIUP
Pelampung ini kita punya dua jenis, yang pertama yang ditaruh di leher, yang sekarang udah gak bisa dipakai lagi, terlalu kecil ukurannya. Yang kedua adalah semacam floaty yang ada lubang kaki nya. Nah yang kedua ini yang sekarang kita bawa. 

4. KAMERA TAHAN AIR
Buat mengabadikan tingkah lucu si kecil, wajib dong ya bawa kamera yang enggak takut air, kalau aku sih pakai nya gopro hero 3, yang udah lama banget kita pakai, awet banget dah ini kamera, cuma kalah di batere aja, jadi harus beli cadangan nya. 

5. UANG
Jangan sampai gak bawa uang ya buat bayar berenang, bisa bisa nanti disuruh kuras kolam deh buat ganti tiket renang nya, heuheuheu, khan gak lucu....


Hotel Jayakarta ini lokasinya di Jalur Utama Mataram - Senggigi, masih masuk wilayah Batulayar, Lombok Barat. Persis di depan Metzo Club. Pokoknya kalau kita berkendara dari Kota Mataram menuju Senggigi, pasti lewat depan hotel ini dah...

Dari parkiran, ada jalur khusus yang disediakan untuk mengakses Kolam Renang ini tanpa perlu lewat recepsionist, yuph kolam renang ini memang sengaja dibuka juga untuk umum, lumayan tuh menambah pemasukan Hotel. Cukup membayar 60 ribu/orang di loket deket "pool resto", kita bisa renang sepuasnya sampai kulit berkerut, plus dapet sebotol Teh Botol Sosro. 

Suasana pagi ini lumayan sepi gaes, uenaaak lah buat renang renang hore bareng sikecil, enggak kayak pas renang di Graha Ayu beberapa waktu lalu, Ruameeeeenya Polllll, kayak pasar malem.

Tapi ternyata diantara beberapa orang itu, ada yang kita kenal, heuheuheu ada sepasang suami istri yang lagi renang juga bareng anak nya, sebut saja Mr. X 

Usut punya usut, ternyata Mr X ini renang nya gratis lho, gegara salah satu adeknya buka kamar di Jayakarta, trus pagi pagi buta mereka ke hotel ini buat numpang berenang, weladalah enak yooo... Dan memang sih praktek seperti ini sudah menjadi hal lumrah di sini. Heuheuheu

Lanjut ke KOLAM nya.....
Ngomongin soal kolam nya, sejauh ini cuma Jayakarta aja nih yang kolam nya macem macem, yang pertama kolam dewasa yang di titik terdalam nya mencapai 1,8 meter. Yang kedua kolam anak anak (30cm), yang ketiga kolam berpasir dan yang keempat kolam anak anak banget (5-10 cm)

Kolam Mature alias Dewasa

Kolam Anak Anak

Kolam Berpasir Merica

Kolam Anak Anak Banget

Yang unik dari kolam berpasir ini adalah jenis pasir nya yang merupakan pasir merica. Bukan pasir hitam atau pun pasir putih biasa. Bentuknya itu lho butiran bulat bulat seperti merica (kalo emak emak yang tiap hari di dapur pasi ngerti) yang aku perkirakan sih ngambil dari pantai kuta atau tanjung aan di Lombok Tengah yang memang di sana pasir nya merica.

wujud pasir merica
By the way ngajakin renang anak seumuran baby K gini harus ekstra hati hati deh, dia tuh lagi banyak banyak nya gerak kesana kemari, enggak bisa diem, mau nya loncat aja dari daratan ke kolam nya (cuplikannya ada di video di bawah). Takutnya tuh dia loncat ke kolam yang paling dalem, heuheuheu khan bisa berabe tuh....




Ada satu hal lagi yang selalu aku khawatirkan pas renang di kolam gini. 
Jadi khan kondisi renang, dia gak pake popok, karena kalau popok nya dipake bakal menggelembung terisi air, dan berubah menjadi gumpalan gel (sudah pernah terjadi). Nah serem nya tuh dia tiba tiba pup pas renang, heuheuheu, aku tuh kadang suka membayangkan hal itu terjadi, terus kolam nya tuh jadi coklat gitu, huaaaaa Malu donk ya pastinya...
Tapi alhamdulilah enggak pernah terjadi


Setuju enggak kalau habis renang tuh pasti laper? So pasti setuju donk yaaa...
Nah setelah ganti pakaian, kita langsung menuju restoran yang lokasinya persis di samping kolam dewasa, sudah lewat waktunya sarapan dan belum masuk waktunya makan siang, jadi restoran ini masih sepi, enggak seperti tadi pagi pas kita daateng, rameeee...

Dari sekian banyak menu yang tertulis di buku menu, cuman nasi goreng aja nih yang menarik hati, heuheuheu, nyari aman juga sih, males pesen menu yang aneh aneh, kalau nanti rasanya juga aneh.. Kalau nasi goreng khan bisa dipastikan nyaman buat lidah lokal...

Dari segi rasa dan penyajian, nasi goreng ini memang juara deh, beda banget ama nasi goreng di kaki lima, tapi ya itu, harganya juga juaraaaaa mahalnya, heuheuheu.. Yaaa namanya juga di restoran hotel, harnganya termasuk service fee dan PB1 10%.


Sebelum pulang, kita nyempetin dulu mampir ke arena bermain anak yang ada di sebelah utara kolam, berada di antara pohon pohon kelapa yang tumbuh tinggi.

Playground ini lumayan luas lho, dengan beralaskan pasir, di sini terdapat sebuah rumah rumahan berbahan dasar plastik, dua buah ayunan, sebuah perosotan, dan dua buah mainan panjat panjatan, entah apa namanya....

Lumayan lah dia puas main main di sini, kesana kemari, sampai dia kelihatan capek, barulah kita balik rumah....

***

Penampakan Bagian Depan Jayakarta via Google Street View

.
Share:

15 comments:

  1. Kok sepi banget mas. Enak seakan-akan milik pribadi ahahhahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pas kita dateng, yang laen kusuruh minggir, heuheuheu

      Delete
  2. Resort favorit nih emang wan! Aman dari pemandangan "aneh-aneh" wkwkwkwkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaan tuh pemandangan aneh?
      mau donk

      Delete
    2. Pemandangan yang seksihh seksihh macam d gili. Bwahahahahha

      Delete
  3. Pengen photo dua dunia gitu uyyy... eh dalam air dan luar air maksudnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu, dua dunia.... alias amphibi

      Delete
  4. 60ribu/orang, si kecil masuk itungan gak mas? Apa cuma bapak ibunya aja yg bayar 60ribu?

    ReplyDelete
  5. Pernah kejadian ngak sech anak bayi pup saatberenang ???? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dunia ini mungkin ada yang pernah
      tapi alhamdulilah kita enggak pernah
      heuheuheu

      Delete
  6. Postingannya kece.. hehehe.. sya jg punya crita ttg Kolam Renang Jayakarta tp belum smpat ditulis n diposting.. Thanks buat referensinya.. :)

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget nih fasilitas resortnya. Bikin betah anak-anak bermain.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive