19 August 2017

Bukit Tangkok : Spot Selfie di Sembalun

Untuk mencari tempat berakhir pekan yang sejuk, aku beserta saudara saudara serta Baby K dan emaknya meluncur ke arah timur Pulau Lombok, yaitu menuju Sembalun.

Menurut lokasi geografisnya, Sembalun ini merupakan desa yang berada di kaki gunung rinjani sebelah timur, dimana desa tersebut dikelilingi bukit bukit yang indah dan eksotis, sebut saja Bukit Pergasingan, Bukit Dandaun, Bukit Nanggi, dan Bukit Selong. Masing masing menawarkan keindahannya sendiri.


Tapi ternyata bukan hanya itu saja, beberapa waktu lalu yaitu sekitar akhir Juni 2017 mulai booming tuh satu bukit lagi yang lokasinya enaggak jauh dari Bukit Selong, nama bukitnya adalah Bukit Tangkok.

Untuk menemukan bukit ini tidaklah sulit, apalagi buat yang sudah pernah mendaki Bukit Selong, karena jalan masuk menuju Bukit Tangkok ini sama dengan jalan masuk menuju Bukit Selong, sama sama di area hutan bambu yang fotogenik.


Nah untuk Bukit Tangkok ini lokasinya berada sebelum bukit selong, tidak perlu khawatir kesasar, karena ada petunjuk arah yang sangat jelas di hutan bambu tersebut, yang akan mengarahkan kita menuju tempat parkir. Jalur ini bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat (bus belum bisa).

Tiket masuk ke Bukit Tangkok sangat terjangkau, yaitu 5 ribu rupiah/orang dewasa, anak anak gratis, oia harga tiket itu sudah termasuk biaya parkir kendaraan lho. Satu lagi, Jangan lupa isi buku tamu ya saat bayar tiket masuk.


Dari tempat pembelian tiket masuk kita harus berjalan kaki mendaki bukit dengan kemiringan yang cukup terjal, namun syukurnya enggak tinggi, jadi gak sampai 10 menit kita sudah bisa menikmati keindahan alam perkebunan sembalun dari ketinggian yang punya bentuk khas kotak kotak beda beda warna. Pemandangan ini enggak jauh beda dengan pemandangan yang kita dapatkan dari Bukit Selong, bedanya di bukit tangkok, sekarang ini ada 3 spot foto yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk foto selfie maupun rame rame, yaitu ayunan yang bergantung di pohon yang lokasinya di pinggir bukit, spot foto Love dan yang paling tinggi adalah rumah pohon.



 ***

Peta Lokasi/Rute Menuju Bukit Tangkok, Sembalun, Lombok Timur





.
Share:

2 comments:

  1. Pemandanganya sawahnya yang berpetak-petak keren. Apalagi kalau sudah menguning. Kalau di sini menghadapnya ke mana ya mas? Kali aja bisa ke sunset atau sunrise :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ke selatan ya.... heuheuheu bingung di situ,,
      enggak dapat sunset dan sunrise karena di arah timur dan barat lebih tinggi bukitnya

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive