15 June 2020

Digigitin Ikan di Kolam Pemandian Oemau Rote


Bulan Juli 2019, Pulau Rote lagi panas panasnya nih. Mau keluar siang siang aja jadi males, heuheuheu. Untungnya di dekat tempatku dinas ini ada kolam pemandian yang katanya airnya seger banget, airnya langsung dari mata air gitu, dan memang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi.

Di suatu sore setelah menyelesaikan kerjaan, kita bertiga pun langsung meluncur ke kolam tersebut, kolam pemandian ini bernama Oemau, masuk wilayah kelurahan mokdale, kecamatan lobalain, kabupaten rote ndao.


Parkiran cukup untuk menampung beberapa kendaraan, dan saat kita kesini tidak ada yang menjaganya, alias gratis, dan sudah ada 2 ibu ibu di salah satu ujung kolam yang sedang mandi.

Kolam ini berbentuk persegi panjang, dimana di salah satu ujungnya adalah sumber mata airnya, sedangkan ujung yang lain adalah saluran keluar air.



Di area parkir kendaraan ada beberapa plang/plakat, salah satunya bertuliskan "Oemau Village Water Supply", ini yang bikin aku kaget, ternyata pembanguan tandon air di kolam ini didanai oleh donasi dari USA pada event Pacific Partnership tahun 2014 lalu. Selain itu di sebelahnya terdapat plakat/prasasti Penanaman Pohon Lana di area sekitar kolam ini yang ditandatangi oleh Bupati Rote Ndao, Drs Leonard Haning dan Maneleo Kunak Nusak Ba'a, John B Ndolu pada tanggal 20 April 2017.


Saat kucoba buat nyemplungin kaki ke airnya, weh ternyata gak sedingin yang kukira. Untuk air kolam ini bisa dibilang sih cetek, kalo misal mau loncat ke airnya ya siap siap aja kaki kebentur tanah/batu di bawah, heuheuheu. Akhirnya aku pun nyebur pelan pelan.

Bening banget kolam ini, coba aja kita tadi bawa kacamata renang atau alat snorkling, wah pasti lebih seru nih, apalagi kan di kolam ini banyak ikannya.


Ikan dsini bukan sembarang ikan nih, bukan ikan warna warni pula, tapi ikan kecil kecil yang sama seperti di tempat "Fish Spa" itu lho, yang suka makanin sel sel kulit mati.

Jadi kalau kita berdiri atau duduk diam di kolam nya, kaki kaki kita akan dicium cium ikan ini, awal nya sih geli geli gimana gitu, tapi lama lama lha kok enak ya, haha. Enggak sakit seperti yang kukira.


Meskipun tadi awalnya enggak dingin, tapi lama lama berendam disni dingin juga ya , heuheuheu. Sebelum maghrib tiba, kita pun segera bergegas naik dari kolam. Nah karena disini enggak ada fasilitas ganti baju, kita pun ganti baju dengan memanfaatkan penghalang pandangan pake pintu mobil.

Nah buat kalian yang lagi di Pulau Rote dan pengen kegelian juga, silakan meluncur ke Kolam Pemandian dan Mata Air Oemau, ini nih Peta Lokasinya :


.
Share:

4 comments:

  1. Lihat kolamnya malah kayak pemandian pribadi. Airnya pun bening banget ahahhahah. Menyenangkan buat berendam lama-lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, lagi sepi nih, padahal biasanya rame katanya

      Delete
  2. Mata air ini yang udah berkali-kali aku rencanain akhirnya tinggal rencana... padahal airnya bening begitu.. beuh, lain kali kesana musti cobain geli-geli ah

    ReplyDelete
  3. Keren ya.. Di Lombok malah belum ada kolam bening dan ada ikan yg kayak d spa2 gtu hehehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive