19 January 2021

Pantai Suwuk Kebumen : Kita Makan Lotek, Mereka Main Pasir


Setelah beberapa waktu lalu kita mengunjungi Pantai Petanahan, kali ini kita coba untuk mampir ke Pantai Suwuk yang berlokasi di Desa Tambakmulyo, Kec Puring, Kab Kebumen, dan masih satu garis dengan Pantai Petanahan.

Dengan adanya Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang saat ini belum selesai 100% pembangunannya, waktu yang dibutuhkan untuk menuju Pantai Suwuk dari Pusat Kota Kebumen menjadi lebih singkat, kira kira cuma 50 menit saja dengan kondisi jalan yang mulus dan lurus, hanya saja untuk jalur yang menghubungkan pusat kota dengan JJLS ini masih kurang bagus, banyak lobang disana sini.


Gerbang masuk ke Pantai Suwuk ini cukup megah, dibagi beberapa pintu untuk motor dan mobil, untuk tiket masuknya kurang jelas sih berapa, kemarin kita 2 dewasa 2 anak diminta bayar 18 ribu rupiah tanpa kertas tiket fisiknya, dan saat parkir di dalam harus bayar lagi 5 ribu rupiah untuk mobil. 

Tempat parkir di Pantai Suwuk bisa dibilang sangat luas dengan peneduh pohon pohon kelapa. Di sekitar tempat parkir ini bisa kita lihat para penjual baju, makanan, kolam renang anak, odong odong, dan bangunan seperti waterpark yang saat itu tidak beroperasi. Sedangkan diantara tempat parkir dan pantai terdapat barisan bangunan semi permanen yang merupakan warung warung yang menjual berbagai macam makanan, dengan 1 menu yang seragam yaitu yutuk/tempenyol/undur undur laut goreng.




 
Saat sampai di pantainya, langsung menyeruak aroma kuda, heuheuheu ternyata disini banyak kuda yang disewakan untuk keliling pantai, selain itu juga ada yang menyewakan ATV dengan tarif 20.000 rupiah. Di sepanjang pantai juga terdapat payung payung warna warni dengan tempat duduk di bawahnya.

Karena kondisi waktu itu masih agak terik, kita memutuskan untuk nongkrong dulu di salah satu warung. Nah disini kita pesen beberapa makanan, sedangkan si kecil tetap bisa main pasir di depan warung tanpa kepanasan.
 
Ada banyak menu makanan yang disediakan warung ini, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Menu yang kita pesan adalah Lotek Lontong, Tempe Mendoan, Kopi, Teh dan Yutuk Goreng.
 





 
Sudah lama enggak makan lotek, ternyata ueeenak juga nih rasanya, kelamaan di luar jawa, heheuheu. Btw di Nusa Tenggara Barat maupun Timur aku belum pernah sih nemu penjual lotek, adanya gado gado / pecel sayur, yaa meskipun mirip tapi rasanya tuh beda deh.

Nah saat waktu sudah semakin sore, matahari sudah tidak terik lagi, aku coba beranjak dari bangku warung, mendekat ke airnya, mengajak kedua krucilku. Dengan ombak yang besar gini, aku harus selalu waspada dan enggak melepas pandangan dari mereka berdua ini. 





Dari ekspresi mereka berdua, kelihatan banget mereka tuh kangen main beginian, dulu pas masih di Lombok dan Kupang sering banget basah basahan di pantai main pasir gini. Tapi sayangnya kondisi pantai suwuk sore ini lumayan kotor, sampah sampah bergerak kesana kemari tersapu ombak.

Selepas puas main main air dan pasir, kita pun cabut dari pesisir pantai suwuk dengan kondisi anak yang basah kuyup, untungnya sih disini ada fasilitas Kolam Renang yang menyediakan kamar bilas/ganti, tarifnya pun cukup murah, cuma 4 ribu per orang.

***

Peta Lokasi Pantai Suwuk, Kebumen
 
Share:

2 comments:

  1. Di Kebumen, baru dua pantai yang aku kunjungi. Pantai Logening dan Pantai Suwuk ini. Selebihnya belum pernah hahahaahha. Tapi sudah lama banget nggak ke sini lagi

    ReplyDelete
  2. Jd kangen sama deretan pantai selatan Pulau Jawa. Semakin bagus saja sekarang.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive