26 January 2021

Resep Nasi Liwet Teri Mudah


Indonesia tidak pernah kekurangan dalam hal kuliner, setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing-masing. Salah satu kuliner tradisional tanah air yang harus kamu coba adalah nasi liwet. Nasi liwet terkadang menjadi menu andalan saat berkumpul dengan keluarga atau teman. Tidak hanya rasanya yang gurih dan beraroma rempah yang menggugah selera ternyata membuat nasi liwet sangat mudah. Resep nasi liwet memiliki banyak variasi yang bisa dikreasikan di rumah. Makanan khas Sunda ini memiliki banyak penggemar. Dalam memasak nasi liwet, biasanya dicampur dengan berbagai macam rempah, sehingga nasi liwet memiliki rasa yang gurih. Dalam membuat nasi liwet memang tidak sulit. Walaupun ada cara tradisional dengan menggunakan ketel atau panci dan dimasak diatas kayu, tetapi kamu juga bisa membuatnya dengan bantuan rice cooker atau magic com. Nasi liwet tidak hanya sekedar nasi tetapi kamu bisa menyantap makanan ini dengan berbagai lauk dan juga lalapan untuk memuaskan kebutuhan perut. Nasi liwet pun memiliki banyak macamnya seperti nasi liwet ayam bacem, ayam goreng, dan nasi liwet yang lainnya yaitu nasi liwet teri, berikut adalah resep dan cara memasak nasi liwet teri.
 

1. Bahan-bahan Nasi Liwet Teri
Bahan-bahan yang digunakan untuk bahan utamanya yaitu 1 liter beras, air secukupnya, dan 1 ons ikan teri yang digoreng terlebih dahulu lalu sisihkan. Selanjutnya bahan bumbunya yaitu 6 siung bawang putih, 2 batang serai, 5 lembar daun salam, garam secukupnya, dan penyedap rasa. Bahan lainnnya yaitu bahan pelengkap nasi liwet teri yaitu tahu, tempe, sambal, dan lalapan. Jika sudah semua bahan terkumpul, kamu sudah siap untuk memasak nasi liwet teri ini.

2. Cara Memasak Nasi Liwet Ikan Teri Menggunakan Rice Cooker atau Magic Com
Setelah bahan sudah terkumpul, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bersihkan beras terlebih dahulu (sisihkan). Kemudian kupas bahan bumbu yaitu bawang putih kemudian goreng hingga kering dan harum, lalu tiriskan. Selanjutnya masukkan air dan juga beras ke dalam rice cooker. Ada tips bagi kamu yang akan membuat nasi liwet usahakan untuk menambahkan lebih air dari memasak nasi pada umumnya. Kemudian masukan ikan teri yang sudah digoreng tadi. Jangan lupa tambahkan juga serai, daun salam, bawang putih, penyedap rasa, garam yang sudah di goreng ke dalam rice cooker. Kemudian kamu aduk sampai semua bumbu tercampur dan masak atau matang, kurang lebih 30 menit. Terakhir, nasi liwet ikan teri ini sudah siap disajikan.

3. Pelengkap Nasi Liwet Ikan Teri
Nasi liwet ikan teri khas sunda ini sangat cocok jika disajikan dengan sambal dan juga lalapan. Seperti sambal terasi, sambal oncom atau sambal tomat adalah pilihan yang cocok untuk melengkapi menu utama nasi liwet ikan teri ini. Beberapa pilihan lalapan juga bisa dijadikan hidangan, misalnya dengan tambahan timun, selada, dan kol. Hidangan nasi liwet menggunakan rice cooker atau magic com pasti lebih mudah ketika dibuat dan tidak akan menghilangkan juga citarasa aslinya. Namun bagi kamu yang ingin membuat memakai kastrol, beras bisa dimasak bersama dengan bumbu lalu biarkan air hingga meresap. Tetapi hal ini, sebagian orang sudah tidak memakai kastrol karena prosesnya yang lama daripada menggunakan rice cooker yang lebih cepat.


Share:

0 komentar:

Youtube

Blog Archive