14 June 2021

Piknik Seru di Asram Edupark Jogja

 
Tempat makan yang luas dan terbuka di sekitaran Jogja tuh makin kesini makin banyak aja pilihannya ya, salah satunya adalah Desa Albasta yang berada di area Asram Edupark. Tempat makan yang mulai beroperasi bulan Agustus 2020 lalu ini berlokasi di daerah Jomblang, Mlati, Sleman, tidak jauh dari Sleman City Hall. 
 
Karena lokasinya yang berada di area komplek pemukiman,  jalan masuk kesini lumayan sempit ya, enggak nyangka dah bakal nemuin tempat piknik yang luas dan lapang.



Tempat parkir kendaraan tidak terlalu luas, namun lumayan lah masih cukup menampung kendaraan pengunjung, baik itu yang beroda 4 maupun 2. 

Karena tujuan utama kita kesini untuk makan, maka dari parkiran kita langsung cuss ke Desa Albasta. Untuk memesan makanan utama, kita langsung ke spot pemesanan, tinggal pilih menunya, nanti akan dicatat oleh petugas. Sedangkan untuk pesan minum, langsung di kasir, sekaligus bayar menu makanan utamanya. Nah setelah bayar, baru kita menuju tempat dimana kita akan makan dengan membawa nomor meja. Kita bisa pilih tempat makan indoor di belakang tempat pemesanan makanan ini atau outdoor di kebon di dekat parkiran. Untungnya sih pagi ini lumayan sepi ya, jadi tidak perlu antre pas pesan makanan dan pas bayar.






Di area outdoor ini telah tersedia meja meja dengan tikar di sekelilingnya, dan ada juga yang menggunakan bean bag, jadi semacam piknik di kebon gitu dah, suasananya sangat teduh karena banyak pohon, serta terdapat bentangan kain kain estetik di atas.

Tidak lama, satu persatu makanan dan minuman yang kita pesan pun datang. Satu menu yang bikin aku tertarik di awal adalah Chai Masala. Hal ini dikarenakan aku tuh sering banget nonton konten streetfood india gitu, yang mana hampir setiap kuliner india menggunakan campuran masala, heuheuheu. Setelah nyobain dan ngulik isi dari segelas minuman ini, ternyata ini teh susu rempah, di dalamnya terdapat isian serutan kayu (entah kayu apa), jahe, kapulaga, dll. Huaaa enggak seperti ekspektasiku. tapi, Ya sudahlah, udah enggak penasaran lagi.




 
Untuk makanannya, aku tertarik dengan Sate Sapi Manis Jomblang. By the way sepertinya aku belum pernah deh makan sate sapi, kalau sate ayam, kambing, kelinci, kuda sih pernah. Penampilannya yang menggunakan tusukan dari jeruji ban sepeda, mengingatkanku akan kuliner sate klatak. Namun Setelah dicoba ternyata berbeda, kalau klatak tuh cenderung asih gurih ya, nah kalau yang ini, sesuai namanya cenderung manis gurih. Wajib lah kalian coba kalau kesini.


Dengan area yang sangat luas, tentu saja di Asram Edupark ini tidak hanya terdapat tempat makan. Setelah kenyang makan kita lanjut ke playgroundnya. Pintu masuknya unik deh, dari bambu bambu  gitu, di bawahnya terdapat petugas penjaga. Untuk masuk kesini cukup bayar 10 ribu rupiah saja. Kita bisa sewa sepeda kecil untuk anak anak keliling track di dalam sini. Kalau mau bawa sepeda kecil sendiri sih boleh kok, kayak kita ini, jadi enggak perlu bayar sewa lagi.



Selain track sepeda, di spot ini juga terdapat beberapa permainan, seperti ring basket, trampolin, perosota, ayunan, dan mini wall climbing.

Kemarin kita hanya menikmati area playground dan tempat makannya, padahal sebenernya disini masih banyak fasilitas yang tersedia lho. Di belakang, dekat tempat parkir ada cottage atau semacam bangunan penginapan yang bisa disewa. Untuk harganya, enggak tahu berapa, kita enggak nanyain. Di dekat sini juga ada musholla dan toilet.


Nah untuk yang mau menginap tapi mau suasana yang berbeda, bisa ambil paket glampingnya. Buat yang belum tahu, glamping ini adalah glamour camping atau main kemah kemahan tapi tanpa persiapan yang ribet, full fasilitas seperti hotel, kita tinggal dateng aja tanpa perlu bawa tenda dan peralatan masak.

Selain itu, outbound juga merupakan salah satu kegiatan yang tersedia di area Asram Edupark ini. Flying fox, wall climbing, badui bridge, high rope, sky walk merupakan sedikit dari banyaknya aktivitas outbound yang tersedia untuk anak-anak hingga dewasa. Harga yang ditawarkan untuk kegiatan ini adalah mulai dari Rp45.000 per-orangnya.
 
***
 
Peta Lokasi Asram Edupark, Jogja
 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive