28 June 2021

Restoe Boemi Kreo Jogja : Makan dengan View Kali Progo

Berada di salah satu ujung Jembatan Kreo Jogja, Restoe Boemi Kreo menawarkan kuliner enak dengan pemandangan cantik Sungai Progo dan bentangan Jembatan Kreo. Aku pertama tahu tempat makan ini dari Vlog-nya mas Erix, vokalis band Endank Soekamti.
 

Kisah berdirinya tempat makan ini bermula ketika NextXction bekerja sama dengan mas Erix melalui program NextDestinXction. Sebuah program pemberdayaan masyarakat untuk membangun sebuah kawasan menjadi suatu destinasi wisata yang diharapkan dapat menjadi solusi ditengah sulitnya ekonomi saat pandemi, serta memberikan dampak kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar yang mampu menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar.


Melalui program pemberdayaan destinasi wisata, secara bergotong royong dengan masyarakat sekitar, program ini memfasilitasi warga untuk mendirikan tujuan wisata dengan view Sungai Progo. Destinasi wisata ini akan dikelola oleh masyarakat sekitar dan hasilnya untuk mereka juga.

Selain itu NextDestinXction ini juga mendapat dukungan dari Al Ghazali dan Dul Jaelani, keduanya berharap ada wisata pendukungnya juga, yaitu outbond menggunakan Jeep menyusuri Kali Progo dan Sendang Kreo. Berkat bantuan dan gotong royong masyarakat sekitar, dalam kurun waktu 3 hari tim NextDestinXction mewujudkan aspirasi Al dan Dul dengan membangun destinasi wisata yang siap untuk dikunjungi wisatawan.
 

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, kendaraan bisa diparkir di tepi jalan raya, sudah ada beberapa petugas yang siap membantu. Dari tempat parkir ini kita lanjut menyeberang jalan dan naik mengikuti anak tangga yang disediakan, lokasinya memang berada lebih tinggi dari jalanan, sehingga viewnya cantik.
 



Banyak tempat duduk yang bisa dipilih, mau indoor atau outdoor silakan. Untuk makanannya disediakan secara prasmanan, jadi kita ambil sendiri apa yang mau kita makan, termasuk lauk dan sayurnya, sedangkan untuk minuman bisa kita pesan langsung di kasir, sekaligus bayar. Dan nanti pesanan akan diantar ke meja sesuai nomor.
 
Menu prasmanan yang disediakan adalah menu menu tradisional, seperti halnya mangut lele, brongkos, pecel, ikan wader dll. Seperti biasa kalau ada menu mangut lele, aku pasti ambil yang itu, heuheuheu, salah satu menu favoritku.
 

 
Di salah satu ujung tempat makan ini terdapat spot kopi, di stand ini kita bisa pesan menu kopi, yang langsung diracik disitu, jadi pengunjung bisa secara langsung melihat proses pembuatannya, dari biji kopi sampai menjadi satu gelas kopi. Selain itu juga ada menu tahu petis disini, yang langsung digoreng dan disajikan oleh istri dari Mas Erix.



Dari segi rasa sih enak ya, standar lah, sama seperti warung warung prasmanan yang lagi menjamur di Jogja dan sekitarnya. Tempat makan dengan tipe prasmanan ini memang lagi banyak banyaknya nih, ada saja yang baru, bedanya yaitu dari pemandangan yang disajikan, ada yang pemandangannya sawah, bukit, gunung atau sungai, kalau pemandangan pantai sepertinya belum pernah kulihat deh, heuheuheu, atau mungkin ada tapi aku belum tahu.

Saat awal awal kita datang kesini tuh cuacanya cerah banget, matahari bersinar dengan semangat. Tapi kemudian tiba tiba mendung datang, dan hujan mengguyur, semua pengunjung yang menempati lokasi outdoor pun berhamburan mencari tempat yang teduh, termasuk kita. Untungnya sih makanan kita udah habis dan memang mau pulang.


***

Peta Lokasi Restoe Boemi Kreo Jogja

Share:

4 comments:

  1. eat good food with a beautiful view is a dream life :D

    ReplyDelete
  2. Klau akhir pekan dan pagi ruame anak sepedan, bahkan sempat hist di kalangan pesepeda. Cuma aku belum pernah ke sini ahhahahah

    ReplyDelete
  3. Jd tambah kangen Yogya stiap liat ada tempat2 baru disana :)

    ReplyDelete
  4. terakhir ke yogya 2014, walaupun cuma 3 hari tapi rasanya pengen balik kesana lagi karna blom banyak tempat yg dikunjungi.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive