6 September 2021

Pesona Jemur Indah : Wisata di Area Bendungan Kedungsamak Kebumen


Tempat yang satu ini sudah agak lama viral namun dari dulu tuh pengen kesini enggak jadi jadi, dan akhirnya minggu kemarin karena kebingungan mau jalan jalan kemana, akhirnya kita meluncur ke sini.

Nama tempatnya adalah Pesona Jemur Indah, yang lokasinya berada di Jalan Peniron, Desa Jemur, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, tepatnya di area Bendungan Kedungsamak. Tempat yang dahulunya cuma bendungan, disulap oleh warga sekitar menjadi tempat wisata alternatif. Tempat parkirnya sangat luas, akses jalan juga bagus, bisa diakses kendaraan roda dua maupun empat. Untuk tiket masuknya plus parkir cuma 5 ribu rupiah, ini harga untuk mobil, tidak memperhitungkan jumlah orang, dan kalau untuk motor, pastinya lebih murah.


Dari area parkir ini kita bisa berjalan kaki menuju bantaran area bendungan dengan melewati sebuah cafe bernama Sipon Cafe. Rencananya kita mau explore bendungannya dulu, baru nanti nongkrong di cafenya.

Ternyata bendungan ini merupakan percabangan untuk saluran irigasi, jadi dari sini kita bisa melihat dua aliran sungai. Nah di saluran irigasi inilah aku pernah melihat foto orang orang lagi maen river tubing menggunakan ban gitu. Tapi sore ini tidak ada, hanya ada 1 perahu wisata yang beroperasi di sungai utama. Di sungai utama (Luk Ulo) ini juga terlihat banyak penambang pasir di sisi seberang.





Untuk mempercantik area ini, pengelola menanam berbagai bunga yang sore ini terliahat banyak yang mekar, selain itu juga ada beberapa spot selfie ala ala. Di sebelahnya lagi, persis di samping intake bendungan, terdapat payung payung lengkap dengan bangku dan meja, sepertinya spot ini bisa dipakai untuk makan makan dengan pesan di sipon cafe dekat parkiran tadi, tapi kalau mau duduk duduk aja juga boleh, enggak harus pesan makanan dahulu.



Di bagian sungai luk ulo yang dibendung, terlihat beberapa orang yang sedang mencuci motor, ada yang memancing, dan sesekali ada yang menyeberang menggunakan motor / sepeda, jadi ternyata bendungannya bisa dilewati motor dan sepeda, ini bendungannya lho, bukan jembatan. Mungkin karena lagi tidak besar aja debit airnya, kalau pas besar tentu saja tidak bisa dilewati.



Sebelum pulang, kita nongkrong dulu di Cafe Sipon, ngemil sambil ngopi ngopi. Selain tempat makan di area ini juga terdapat musholla dan toilet umum. Tempat duduk dan meja cafe sipon ini terbuat dari potongan gelondongan kayu besar, dengan payung berwarna merah sebagai peneduh. Kalau sore gini sih tidak perlu peneduh, sudah adem.

Tidak banyak menu yang disajikan di cafe sipon ini, cuman ada kopi, teh, milkshake, jus buah dan makanan ringan seperti pisang goreng, mendoan, kentang goreng, dan mie.




***

Peta Lokasi Pesona Jemur Indah, Bendungan Kedungsamak, Kebumen




Share:

2 comments:

  1. Memanfaatkjan alam dengan menjaga kebersihan seperti ini memang bisa menggaet pengunjung. Tempat luas, terbuka, dan mungkin konsepnya menarik. Cocok untuk sekadar bersantai sambil ngemil heeee

    ReplyDelete
  2. Tempat yg nyaman bila pengelola dan kita semua bisa menjaga kebersihan. Konsepnya jg keren banget. Tujuan untuk bersantai di akhir pekan nih.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive