22 August 2022

Nongkrong di Kedai Kopi Mexolie Kebumen | Bekas Pabrik Jaman Belanda


Kedai Kopi Mexolie terletak di dalam area Hotel Mexolie, Jalan Merak II (Jalan Stasiun) No.8 Panjer, atau tepatnya di depan Stasiun Kebumen. Nah sebagai informasi, hotel mexolie ini menyimpan sejarah yang panjang, karena dahulunya lahan ini adalah bekas bangunan pabrik pengolahan kopra miliki kolonial Hindia Belanda. 

Hal ini tidak mengherankan karena jika dilihat dari jalan, bangunan bangunan di dalam area Hotel Mexolie ini tampak sangat kuno dengan arsitektur khas kolonial Hindia Belanda. Jauh sebelum menjadi hotel, bangunan tersebut dimiliki sebuah perusahaan pengolahan minyak kelapa dengan nama sama, yaitu Mexolie. Dimana sebenarnya Mexolie adalah singkatan dari N.V. Maatschappij tot Exploitatie van Olie-fabrik. Dan pada masa setelah kemerdekaan, Mexolie kemudian dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Sari Nabati. Sari Nabati menjadi aset bangsa Indonesia.
 

Namun karena suatu alasan khusus, Sari Nabati mengalami kerugian besar lalu akhirnya bangkrut dan tutup. Bangunan pabrik ini pun mangkrak hingga bertahun-tahun lamanya, sebelum akhirnya sekarang menjadi sebuah area hotel.

Bangunan Kedai Kopi Mexolie terpisah dari bangunan utama hotel, yang lokasinya di sebelah selatannya, namun dengan tempat parkir yang menyatu. Saat kita datang, kondisi kedai kopi sedang tidak ramai, alhamdulilah ya.




Kedai kopi ini ternyata luas juga dalamnya, ada beberapa pilihan tempat duduk. Kita pilih yang di pinggir dekat jendela dan dekat aquarium. Di belakang kita ada sebuah ruangan dengan pintu terbuka, berisi meja bundar dengan 6 kursi warna krem yang mengelilinginya. Interiornya terlihat klasik banget deh.

Menu makanan yang tertera dalam buku menu lumayan banyak, dari menu ringan sampai menu berat. Sedangkan untuk kopinya, menggunakan biji kopi lokal yaitu kopi gemplong dari kebumen. Bisa pilih mau yang V60, Vietnam Drip atau Tubruk saja.




Kita niatnya cuma nongkrong aja jadi pesennya pizza biar bisa buat rame rame, minumnya kopi, kopi susu, dan es coklat buat anak anak. Nah sambil nunggu orderan datang, kita keliling sebentar di area cafe ini.
 
Aku perhatikan ya, ada sesuatu yang unik deh, yaitu kursi di kedai kopi ini bentuknya beda beda, coba deh kalian lihat di foto foto di atas. Di salah satu sudut juga dipajang sebuah motor klasik berwarna merah putih dengan jam dinding berbentuk layang layang di atasnya.





Lalu kita coba jalan jalan ke bagian belakang kedai, ternyata area hotel ini luas sekali lho, seluruh area ini dinamakan Mexolie Land, isinya ada hotel yang lengkap dengan resto dan kolam renang, ada kedai kopi, ada taman luas, ada aula yang biasanya digunakan untuk acara wedding atau konser, masjid, bangunan besar di tengah tengah yang aku kurang tahu peruntukannya dan di paling pojok belakang ada tempat karaoke bernama Mexo Family KTV ++. 

Puas keliling area Mexolie Land, kita balik lagi ke dalam kedai untuk ngopi ngopi dan ngemil Pizza. Rasa kopinya lumayan lah ya, anak anak juga suka dengan minuman es coklat pesenannya. Pizza yang kita pesan rotinya lumayan tebal, mirip dengan ketebalan roti PizzaHut, kirain bakal tipis seperti pizza pizza yang biasanya tersaji di sebuah cafe. Dari segi rasa, memang kurang spesial ya, tapi masih enak kok, semua pada suka dan yang penting abisss, heuheuheu. 


***
 
Peta Lokasi Kedai Kopi Mexolie Kebumen
 
Share:

2 comments:

  1. Selalu senang dengan berbagai ulasan kafe di Kebumen. Kabupaten ini sepertinya terus berkembang pesat.

    ReplyDelete
  2. Ruangannya kece ya. Elegan nan klasik gitu. Apalagi sangat bersih dan rapi penataannya. Mantap. Bangunan lama seperti ini ngeri2 sedap sih buat saya, tp it's okelah hehehe

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive