1 August 2022

Wisata Wadas Malang Kebumen : Playground di Hutan Pinus

 
Tempat yang mau kita datangi ini sebenarnya sudah lama aku tandai di Google Maps, waktu itu pernah lewat depannya saat sedang menuju ke Balai Desa Kenteng, Kecamatan Sempor Kebumen. Nah di Hari Sabtu, pertengahan Februari 2022 aku ngajakin si krucil dan emaknya buat jalan jalan ke tempat itu yang namanya adalah Wisata Wadas Malang.

 
Untuk menuju ke tempat ini harus menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor atau mobil. Patokannya gampang banget, kalau misal dari  Kota Kebumen, ambil arah barat menuju Benteng Van Der Wijck di Gombong, nah lokasi wisata wadas malang ini berada 5 kilometer ke arah utara dari benteng tersebut, akses kesana cuma 1 jalan, jadi gak mungkin kesasar ya, meski tanpa bantuan aplikasi peta online. Oia, jalur ini juga akan melewati wisata Njegir Dendipati yang dulu pernah aku tulis ulasannya di blog ini.
 

Wisata Wadas Malang ini terletak persis di sebelah jalan utama tadi, lokasi parkirnya tidak luas, hanya bisa menampung beberapa kendaraan roda 4, tapi kalau untuk motor bisa menampung banyak. Di lokasi ini ada tukang parkir yang siap membantu pengunjung memarkirkan kendaraannya, untuk bayar parkirnya nanti pas pulang.
 

Untuk tiket masuknya sangat murah, cuma 5 ribu rupiah saja per orang dewasa, kalau anak anak gratis. Dari tempat parkir, untuk jalan menuju loket, kita akan melewati beberapa warung yang menjual makanan dan minuman, pengunjung bisa pesan makanan disini untuk makan di warung, atau dimakan di dalam, di area wisata dengan duduk di saung / gazebo yang disediakan.
 

FYI, pengembangan wisata Wadas Malang tersebut merupakan hasil kerjasama yang harmonis antara Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Makmur, Masyarakat Desa Semali serta Karang Taruna Desa Semali. 
 
Area yang awalnya cuma hutan pinus yang letaknya diantara jalan dan sungai, kini disulap jadi tempat wisata murah meriah yang asyik untuk refreshing atau kata anak sekarang tuuh "healing". Ada beberapa wahana yang ada di dalam wisata wadas malang ini. Sebut saja kolam renang, kereta mini, playground, gazebo/saung, spot spot foto, penyewaan mobil mainan listrik dan area lapang di tepi sungai yang sepertinya bisa buat camping ya.
 

 
Untuk masuk ke area playground, pengunjung harus membayar lagi sebesar 5 ribu rupiah. Di dalam area ini anak anak bisa menyalurkan kelebihan energinya, lari lari, lompat lompat, main perosotan, ayunan, mandi bola, bergelantungan di tiang dan bermain rumah rumahan, atau kalau sudah capek tinggal duduk dan main pasir kinetik lengkap dengan alat cetakannya. Cuman harus hati hati karena bagian bawahnya adalah tanah yang disemen, jadi keras. Untungnya disini banyak pohon pinus, jadi teduh meskipun siang







***

Lokasi Wana Wisata Wadas Malang, Kebumen
 
Share:

1 comment:

  1. Tempat wisata seperti ini memang menyenangkan untuk anak-anak, mas.
    Ada banyak wahana, serta tempatnya juga luas.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive