1 September 2022

Pantai Sawangan Indah Kebumen : Piknik Nge-Grill dan Berendam di Muara


Sejak kedatanganku ke Pantai Sawangan Indah tahun lalu, aku jatuh cinta dengan pantai ini, bukan dari segi panorama pantainya sih, karena di barisan pantai di selatan Kebumen relatif sama saja pemandangannya, kecuali dari Karangbolong ke arah Barat, melainkan karena ada spot di sisi timur pantai yang teduh berkat banyak pohon cemara dan suasananya sepi, tidak sepadat pantai suwuk atau petanahan.


Ide piknik di pantai ini pun tercetus saat aku pertama kali kesini, waktu itu aku langung terpikir untuk gelar tiker di bawah teduhnya pohon cemara sambil masak masak, sementara si kecil bisa bebas bermain pasir atau ayunan, lalu dilanjut makan bareng sekeluarga.

Rencana itu pun terwujud di Bulan Maret 2022, alhamdulilah waktu itu cuaca juga mendukung, cerah tidak hujan, namun sayangnya angin laut agak besar.


Untuk bahan masakan dan alat alatnya, kita enggak mau ribet, langsung order saja ke sebuah akun IG di Kebumen yang mempunyai usaha penjualan paket daging untuk bakar bakar, dan juga paket sayuran untuk rebus rebusan, dimana harga paket makanan itu sudah termasuk alat masaknya, yaitu kompor, wajan, sutil, dan sumpit. Alat alat ini bisa kita sewa/pakai selama 24 jam.

Sampai di lokasi sekitar pukul 11 siang, sesuai rencana, kita piknik, masak masak untuk makan siang bareng. Kondisi parkiran pantai sangat sepi, cuma ada 1 mobil dan 3 sepeda motor, padahal parkirannya lumayan luas lho. Untuk tiket masuknya tidak ada, kita cuma membayar parkir mobil 10 ribu.


Dari parkiran kita lanjut jalan kaki ke arah timur, menyeberangi jembatan bambu yang membentang di atas sungai yang bermuara di pantai ini juga. Namun sebelumnya aku sempat membeli es batu dan beberapa botol minuman seperti air mineral, teh dan softdrink dari satu satunya warung yang buka di dekat parkiran. Sebenernya ada sih beberapa warung di sekitar pantai ini, tapi siang ini cuman ada satu yang buka.

Di spot teduh di bawah pepohonan cemara banyak spot yang bisa kita jadikan tempat untuk piknik hore, namun sayangnya siang itu meskipun cerah banget, anginnya sedang kurang bersahabat, kita pun sempat pindah lokasi masak, padahal udah gelar tiker, udah mulai masak untuk menu yang pertama. 


Hingga akhirnya aku menemukan sebuah spot yang lebih baik lagi di dekat gazebo/saung, di tempat ini anginnya agak terhalang oleh gazebo jadi tidak terlalu mengganggu api kompor.

Menu pertama yang kita masak adalah menu rebus rebusan, ada berbagai macam isian, seperti sayur, crabstick, bakso, mie, dumpling isi keju dll. Untuk kuahnya ada dua jenis, yang satu pedas yang satu gurih, kedua jenis kuah ini bisa kita masak bareng karena bentuk wajan/panci nya sudah dibuat pemisah. Sementara kita masak, anak anak bermain pasir, berlari kesana kemari dan main ayunan juga.


Setelah menu pertama matang, kita pun makan bareng, anak anak duduk di atas, di gazebo, sedangkan emak dan bapaknya duduk lesehan di bawah, di tiker samping kompor. Heuheuheu, enggak nyangka ternyata mereka suka ama kuah gurih dan isiannya yang macem macem, kecuali sayurnya.

Lalu dilanjut menu kedua yaitu grill daging, ada daging ayam dan daging sapi. Kedua jenis daging udah kita marinasi dengan bumbu sejak dari rumah, jadi disini bisa langsung di taruh di pan.

Nah ternyata ada yang kelupaan, yaitu bawa mentega, biasanya sih kita pake blueband. Ya sudah kita langsung aja taruh dagingnya di pan, tanpa mentega dahulu, untungnya sih di daging sapinya ada sedikit lapisan putih lemak.


Selain daging sapi dan daging ayam, kita juga taruh potongan sosis, chikua, keju dan kimchi di pan, huhuhuhu, enak enak enak. Para bocil sih sukanya sosis/chikua dengan lelehan keju.

Setelah kenyang makan, kita beres beres, duduk duduk santai sebentar di gazebo, sambil menikmati suasana syahdu pantai sawangan indah yang teduh.


Puas bersantai , kita bawa semua barang-barang kembali ke mobil, tapi sebelum pulang, anak anak menyempatkan diri untuk berendam main air di muara sungai yang ada di pantai ini. 
 
Meskipun ombak di pantai sawangan ini termasuk besar, ya harap maklum karena berada di pantai selatan, anak anak tetap bisa bermain pasir dengan aman di area muara. Sebenernya masih terlalu siang sih buat main pasir, tapi namanya juga anak anak, mereka gak peduli panas, heuheuheu, sebagai perlindungan sih kita olesin dulu sunblok ke kulit mereka yang terekspos sinar matahari. Wah kalau agak sorean dikit sih enak banget main disini.
 




 
Untuk bilasnya, di sekitar pantai sawangan indah ini ada beberapa kamar mandi yang bisa dimanfaatkan, semuanya terawat dengan baik, lengkap dengan air bersih yang mengalir lancar. Siang itu tidak ada penjaga, namun di depan pintu terdapat kotak yang mengandalkan kejujuran para pemakai kamar mandi untuk memasukkan uang.


***

Peta Lokasi Pantai Sawangan Indah Kebumen

Share:

1 comment:

  1. indahnya masak masak daging mbakar dewe heheheh

    ternyata ada yang jual alat alat masake juga ya.. praktis langsung tumbas..

    cindilku kalau takjak ke sini wes mesti ugah muleh nih, sama sama doyan dolan ning pante hahahhaha

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive