30 January 2023

Menikmati Sore di Pantai Cemara Sewu Kebumen


Awal aku tertarik untuk ke pantai ini adalah karena namanya "Cemara Sewu", dalam pikiranku tuh waaah, pasti pantai ini adem nih karena banyak pohon cemaranya. Ya sudah, di suatu akhir pekan di akhir tahun 2022, aku pun mengajak anak anak dan emaknya buat jalan jalan sore ke Pantai Cemara Sewu.

Lokasi pantai ini berada di daerah Karangrejo, Kec. Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Kebumen. Tidak ada angkutan umum sampai kesana, jadi harus menggunakan kendaraan pribadi, bisa motor atau mobil. Akses jalan kesana sudah bagus, cuma beberapa ratus meter sebelum lokasi memang agak kurang mulus.


Ada tiketnya untuk bisa masuk ke area pantai ini, tapi aku lupa berapa, yang jelas bukan per orang, tapi per kendaraan. Diluar dugaan, ternyata pantainya rame banget, bukan cuma oleh pengunjung, tapi juga oleh pedagang makanan dan minuman, kalau dihitung-hitung sih kayaknya malah lebih banyak penjualnya, heuheuheu.

Setelah memarkirkan kendaraan, kita lanjut jalan kaki ke arah kiri, atau timur, melewati barisan warung warung di kanan dan kiri jalan, lumayan lengkap sih kuliner yang dijajakan, mulai dari makanan ringan sampai yang berat. Untuk menghindari penipuan harga makanan, paguyuban pedagang pantai cemara sewu memasang daftar makanan beserta harganya di banner banner yang tertempel di pohon pohon. Kulihat sepintas, yang paling mahal tuh Nasi Rames Ayam Goreng , yaitu 25 ribu per porsi. 



Suasana disini sangat berisik, karena beberapa warung memutar musik sendiri sendiri dengan keras, dan ada juga panggung di area tanah lapang yang ternyata lagi ada orang yang karaokean, heuheuheu, suaranya jadi tabrakan sana sini. Lumayan tidak nyaman di telinga. 

Ternyata memang benar sih, disini adem, karena banyak pohon jadi rindang. Tapi di spot ini agak jauh dari bibir pantai. Kalau mau basah basahan di pantainya, harus berjalan keluar dari hutan cemara ini. Tapi untungnya ini udah sore jadi tidak panas, malah enak mataharinya.

Ada huruf huruf besar bertuliskan Pantai Cemara Sewu di pantai nya, ini menjadi salah satu spot foto yang menarik. Kulihat setiap pengunjung yang lewat sini pasti foto di spot itu (termasuk kita, heuheuheu)


Kulihat ada juga yang menawarkan jasa naik kuda untuk berkeliling pantai, sama seperti pantai pantai lain di Kebumen, tapi untuk ATV kulihat belum ada.

Awalnya kita duduk duduk, main pasir agak jauh dari garis pantai. Tapi ternyata anak anak gak puas, jadi akhirnya basah basahan sekalian dah main air dan main pasir. Lumayan agak serem juga sih karena ini pantai selatan, jadinya aku harus selalu waspada dengan mereka, gak boleh lengah.






Lumayan lama kita main main air disini, anak anak pun girang banget, kayak gak ada capek capeknya. Tapi berhubung udah makin sore, aku pun ngajak mereka untuk udahan, agak enggan juga sih mereka untuk udahan, tapi akhirnya mau juga.

Setelah main air dan pasir, tentunya bajunya kotor dong, pastinya pasir masuk sampai dalem dalem, tapi tenang aja, di sekitar warung warung ada banyak tempat bilas, ada yang bangunan lama, ada pula yang terlihat masih baru banget. Tidak ada penjaganya, tapi ada kotak yang diletakkan di depannya, jadi diperlukan kejujuran bagi para pengguna tempat bilas untuk memasukkan uang ke dalam kotak meski tanpa diawasi.


Selepas bilas, bersih bersih dan ganti baju, kita enggak langsung pulang, tapi nongkrong dulu di salah satu warung deket sini. Si kecil beli pop ice dan sosis bakar, sedangkan aku seperti biasa ngopi item aja. Menjelang petang, kondisi pantai semakin sepi, pengunjung beranjak pulang satu per satu. Beda banget kondisinya dengan yang kurasakan di lombok dulu, makin petang justru makin rame pengunjungnya. 




***

Peta Lokasi Pantai Cemara Sewu Kebumen


Share:

2 comments:

  1. Tipikal pantai mirip di Bantul, menyenangkan karena ada banyak pohon cemara yang bisa menjadi opsi berteduh atau sekadar buat santai. Kalau warung, biasanya tanya harga dulu sebelum beli ahhahahah

    ReplyDelete
  2. Pantai ini mirip sperti pantai Cemare yg ada di Lombok Barat. Ada pohon2 Cemara gtu. Ramah dan aman dari anak2 jg.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive