6 February 2023

The Ritz Coffee : Cafe dengan Suasana Malioboro di Kroya


Beberapa waktu yang lalu aku sempat pernah mau nongkrong di The Ritz Coffee ini, eh ternyata pas sampai sana, cafenya belum beroperasi, masih dalam tahap finishing. Hingga akhirnya kemarin di akhir tahun 2022 aku coba untuk kesana dan ternyata udah buka donk.

The Ritz Coffee ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Dongkelan, Kroya, Kec. Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kebetulan waktu itu tuh lagi diputer film Wakanda yang baru, emaknya anak anak khan pengen nonton film itu, karena di Kebumen belum ada Bioskop, jadinya harus ke luar kota donk, nah pilihannya ada Jogja, Magelang, Purwokerto dan Kroya. Setelah kupikir pikir, terpilihlah Kroya sebagai tempat nonton film tersebut, tepatnya di Dakota Cinema yang lokasinya ada di komplek Sena

Dimana di komplek itu ada Bioskop, Cafe, Lapangan Futsal, Homestay dan Waterpark. Dulu waktu mau ke The Ritz dan belum buka, akhirnya kita nongkrong di Sena Cafe. Nah kali ini, emaknya anak anak nonton di Dakota Cinema yang berada di depan Sena Cafe, aku ama anak anak jalan jalan di sekitar Kroya. Untuk cerita jalan jalannya ini nanti bakal aku tulis di postingan berbeda ya, tunggu aja.

Setelah filmnya selesai, aku balik lagi tuh ke komplek sena buat jemput dan lanjut makan sore di The Ritz Coffee. Lokasinya deket banget ama Sena, jalan kaki aja nyampe.

Yang bikin aku tertarik ama cafe ini adalah desain bagian depan cafe yang terinspirasi dari Jalan Malioboro Jogja, mulai dari bangku bangkunya, lampu, bola bola beton, sampai plang nama jalan yang diplesetkan menjadi Jalan Malboro.



Untuk lokasi parkir, ada di depan cafe yang cukup untuk menampung beberapa kendaraan roda 4, kalau dilihat lihat sekeliling, jadinya serasa parkir di trotoarnya Jalan Malioboro, heuheuheu.

Seorang pramusaji sudah bersiap di balik pintu, membukakan pintu untuk tamu yang masuk. Kemudian kita ditanya akan duduk dimana. Disini ada beberapa pilihan, bisa di lantai 1 bagian dalam, bisa di lantai 1 tapi yang semi outdoor, bisa di lantai 2 indoor dan lantai 2 balkon. Sedangkan di lantai 3 atau rooftopnya sedang tidak bisa dipakai. 



Paling enak sebenernya di lantai 1 indoor karena adem (AC nya nyala) dan yang paling proper lah, tapi karena penuh, kita pun menuju lantai 2 saja yang sepi. Sebenernya di sini ada AC nya, cuma tidak nyala. Untuk pemesanan dan pembayaran sudah bisa terpisah antara dua lantai ini, jadi kalau makan di lantai 2 ya langsung pesan di lantai 2 dan udah ada kasirnya juga disana, begitu pula kalau di lantai 1.

Menu yang tersedia di buku menu lumayan lengkap, bahkan ada menu Suki dan Grill nya yang kita bisa pilih isiannya. Tapi melihat harga harga makanannya, terlihat lumayan mahal, apalagi ini di daerah Kroya ya, kalau misalkan ini di Jogja sih udah standar lah ya. 



Lantai 2 ini lumayan luas, dan bila dilihat lihat ini serasa lagi di dalam Informa lho, karena furniture-nya semua produk informa, heuheuheu. Di bagian tengah ada tangga menuju ke lantai 1 dan ke lantai 3. Setelah memesan makanan, sambil menunggu orderan datang, aku coba untuk ngintip lantai 3 nya. Wohoo ternyata oke juga lho lantai 3 nya, mejanya di pinggir di tepian dinding, jadi viewnya jalan raya dan sunset di arah barat (saat sore). Sepertinya cocok nih buat disewa acara kantor gitu, di sisi selatan ada tulisan I Love Kroya sedangkan di sisi utara ada tulisan Janji Setia Kopi Tridi, entah apa maksudnya. Tapi sayangnya pintunya terkunci, jadi kita enggak bisa explore lebih lanjut. 



Tidak lama menunggu, beberapa orderan pun datang satu persatu. Sebelumnya sempat ada perubahan satu menu, yaitu teh. Aku khan pesennya teh panas, eh ternyata tehnya abis, adanya lemon tea panas. Ya sudah aku akhirnya pesan lemon tea panas. Hmmm agak aneh juga sih, stok teh biasa bisa abis. Pas tehnya datang, lumayan kaget juga, karena yang dipake adalah Teh Dilmah yang memang harganya di atas rata rata teh kebanyakan. Dari sini aku jadi maklum kenapa stok teh biasanya abis, ternyata pakenya teh dilmah yang mungkin tidak bisa dibeli di toko toko di daerah Kroya, alias harus keluar kota.





Seperti biasa, untuk si bontot aku pesenkan menu paling aman yaitu Nasi Goreng, sedangkan kakaknya pesen Sandwich, emaknya anak anak pesen Chicken Steak, sedangkan aku pesen Sup Jamur. Aku pesen sup jamur dan teh panas karena memang lagi agak gak enak badan, bayanganku yang datang tuh sup segar dengan potongan jamur dan bahan bahan yang lain, eh ternyata yang datang sup yang berupa jamur yang sudah dihaluskan, mungkin diblender, sebenernya enak lho pas kucicip apalagi ada potongan roti tawar di atasnya, cuman aku gak suka ama aftertastenya, seperti ada rasa langu-nya gitu dan teksturnya juga kurang suka. 

Untuk steak ayamnya enak deh, matangnya pas, cocok banget dimakan ama mashed potato dan salad. Nasi gorengnya juga enak, abis dimakan ama anak anak. Nah untuk Sandwichnya juga mantap, cuman datangnya kelamaan saat semua makanan lain udah selesai disantap, menu ini datang paling akhir. Untungnya enak ya, jadi gak masalah.




Setelah selesai makan, aku pun lanjut ke kasir untuk membayar, lokasinya masih di lantai 2. Untuk pembayaran bisa secara cash, bisa pakai kartu debit/kredit, bisa pula dengan scan kode QRIS. Aku pakai cara yang ketiga, karena lebih simple.

Sebelum pulang, kita pun menyempatkan untuk foto foto dulu di parkiran cafe, rasanya sayang dilewatkan untuk foto foto, heuheuheu. Aku masih penasaran dengan menu suki dan grill nya, mungkin nanti kalau ke kroya aku bakal mampir lagi ke cafe ini dan cobain menu itu.


*** 

Peta Lokasi Cafe The Ritz Coffee Kroya

Share:

3 comments:

  1. Lucu namanya, bukan malioboro tapi malboro ahahahhaha. Konsepnya bikin menarik orang untuk berkunjung

    ReplyDelete
  2. Aku salfok beneran Ama nama2 yang dipake, kenapa banyaaak banget mirip Ama brand besar atau diplesetin sekalian 🀣.

    Mulai dari malboro (ingetin Malioboro atau Marlboro rokok🀣), trus Kroya plesetan dari Korea, janji setia kopi ini ada hubungan Ama janji jiwa kopi ga sih? Font nya mirip.

    Kopi tridi plesetan dari 3D kali Yaa πŸ˜…?. Trakhir, The Ritz coffee, aku tadi ngira ini bagian dari Ritz Carlton hotel, karena lagi2 Font tulisannya mirip πŸ˜…. Agak kuatir kena sue dari brand asal hahahaha.

    Tapi anyw, aku suka liat penampakan makanannya mas, semua kliatan enak sih πŸ‘. Sampe pengen cobain. Dan kayaknya kalo ntr mudik ke solo, pengen deh mampir ke Kroya ini 😁

    ReplyDelete
  3. Chicken Steak nya menggoda banget, jadi pengen coba juga :D

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive