17 April 2023

Pemandangan Indah di Kebun Teh Tambi Sikatok


Kebun Teh Tambi adalah salah satu destinasi wisata di Wonosobo Jawa Tengah dengan panorama alam hijau yang tentunya memesona. Wisata ini menjadi obyek kekinian yang banyak digemari kaum muda karena banyak terdapat spot foto, terutama jembatan bambu yang melintang di atas kebun teh.

Kebun teh yang berada di dataran tinggi ini membuat udara dan pemandangan yang di tawarkan sungguh menakjubkan dan menyejukkan. Sudah lumayan lama aku pengen banget jalan jalan ke Kebun Teh Tambi ini, tapi dahulu bingung karena pas aku cari di Google, kebun teh ini luas banget dan banyak varian namanya, seperti Kebun Teh Tambi Kejajar, Patean, Sikatok, Bedakah dll. 



Setelah baca baca review dan nonton cuplikan video di  youtube, akhirnya aku pilih yang Sikatok. Kebun Teh ini terletak di Dusun Sikatok, Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Akses kesana sudah jalan aspal halus, dan mudah untuk dilewati kendaraan roda empat.

Lokasi parkirnya cukup terbatas, hanya bisa menampung enggak sampai 10 mobil, tapi kalau untuk motor lumayan luas. Biaya parkir mobil sebesar 5 ribu rupiah per mobil.


Dari tempat parkir, kita punya dua pilihan untuk masuk kebun teh yang mana, jadi disini ada dua kebun teh sikatok yang dipisahkan oleh jalan raya, dan masing masing mempunyai loket pembelian tiket. Aku pun pilih yang paling dekat dengan tempat parkir saja, harga tiketnya 10 ribu rupiah per orang dewasa, sedangkan anak anak gratis.

Wisata Kebun Teh yang dikembangkan dan dikelola masyarakat setempat bekerja sama dengan PT Perkebunan Tambi ini beneran indah deh, apalagi sekarang cuacanya lagi cerah, sejauh mata memandang, terlihat ijo ijo yang menyegarkan mata. 

Kebun Teh Tambi Sikatok ini buka mulai dari pukul 07.30 hingga 17.00 setiap hari biasa atau weekdays. Sedangkan pada Weekend dibuka mulai dari jam 07.00 hingga 17.00. Kemarin saat aku kesini, kebanyakan pengunjung adalah para kaum anak muda yang sedang hunting foto atau mengeksplor keindahan Kebun Teh tersebut baik itu dengan teman temannya, ataupun berdua dengan pasangan. Aku jadi ngerasa paling tua nih, karena bawa 2 anak kecil, heuheuheu




Kebun Teh Tambi ini memiliki luas sekitar 830 hektar dengan pemandangan pegunungan hijau disekitarnya. Letaknya berada di ketinggian antara 800-2000 meter diatas permukaan laut.

Perkebunan teh tersebut sudah ada sejak tahun 1865 saat Indonesia sedang dijajah Belanda. Dahulu hanya sebuah kebun teh yang dijadikan sebagai sumber ekonomi masyarakat, namun kini sudah dijadikan pula sebagai kawasan wisata.

Spot paling menarik tentu saja di jembatan bambunya, pengunjung bisa menikmati pemandangan kebun teh dengan lebih leluasa dan tentu saja bisa foto foto dengan hasil yang lebih cantik.


Buat yang laper atau kehausan setelah keliling kebun teh, tenang aja di sekitar parkiran ada warung yang menjual makanan dan minuman, ada pula beberapa pedagang yang menggunakan motor yang mangkal di tepi jalan, seperti sosis bakar, cilok maupun es krim.

Nah setelah puas berkeliling kebun teh, saat perjalanan pulang aku mampir ke kedai teh untuk beli teh. Tapi kedai teh ini bukan menjual teh yang siap minum ya, tapi berbagai teh tubruk hasil dari kebun teh tambi ini dengan berbagai varian




***

Peta Lokasi Kebun Teh Tambi Sikatok

Share:

1 comment:

  1. Tahun 2013 pernah ke sini sewaktu nginap di rumah kawan di Temanggung, kami singgah ketika melanjutkan perjalanan ke Dieng. Jalanan di sana waktu itu lumayan tanjakannya, tapi memang seru foto-foto di kebun teh

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive