22 May 2023

Kondangan ke Surabaya | Mencoba Jalur Tol Trans Jawa

Mungkin bisa dibilang kondangan kali ini adalah kondangan terjauh yang aku hadiri secara langsung. Dengan jarak lebih dari 400 kilometer dari Kebumen ke Surabaya, kita jabanin lewat jalur darat.

Kita berangkat di pertengahan Februari 2023 kemarin. Karena jauh, kita pun memutuskan menginap semalam di Surabaya, untuk hotelnya udah aku booking beberapa hari sebelumnya, aku pilih hotel yang lokasinya tidak jauh dari venue kondangan. Tidak sulit untuk mencari hotel di Surabaya, karena pilihannya banyak, tinggal sesuaikan aja ama budgetnya.

Perjalanan darat kali ini tuh capeknya di awal, yaitu dari  Kebumen sampai ke gerbang Tol Colomadu (Boyolali), karena padat dan ada beberapa spot perbaikan jalan, jadi kerasa lama banget di jalan. Tapi setelah masuk jalan tol, wus wus wus, rasanya cepet banget sampe Surabaya.

Sekitar pukul 12.20 WIB, kita istirahat dahulu di Rest Area KM 519A Sragen. Rest Area ini cukup luas, parkirannya pun dipisah antara mobil kecil dengan mobil besar seperti Bus dan Truk. Fasilitasnya juga lengkap, ada minimarket, pusat UMKM, foodcourt dengan pilihan yang sangat banyak, toilet, masjid besar, dan SPBU.

Awalnya bingung sih mau makan apa dan di kedai yang mana, hingga akhirnya kita pilih menu yang aman saja, 3 nasi ayam, dan 1 soto untuk si kecil. Untuk minumnya tentu saja aku pesen segelas kopi hitam biar gak ngantuk di jalan nanti. Dari segi rasa sih standar ya, ayamnya enak gurih, dan sambalnya mantap. Cuma kalau dari segi harga, ternyata lumayan mahal juga ya, 4 makanan dan 4 minuman kita harus bayar 200 ribu rupiah. Heuheuheuheu

Setelah sekitar 1 jam lebih istirahat, kita pun lanjut perjalanan ke arah timur dengan terlebih dahulu membeli bensin di SPBU Rest Area.

Jujur ini adalah kali pertama aku lewat jalan tol dengan posisi sebagai driver. Awalnya agak tegang sih, karena kendaran-kendaraan disini pada kenceng kenceng semua, padahal ada plang batas kecepatan maksimal yaitu 100km/jam. Saat aku melaju di kecepatan maksimal itu, semua kendaraan pada mendahului, yang artinya aturan batas kecepatan tidak dipatuhi donk. Ya sudah aku ikut ikut aja deh, karena kecepatan 100km/jam tuh kok rasanya jadi pelan banget ya. Alhamdulilah lama kelamaan bisa adaptasi dan lebih tenang dalam mengemudi, lancar jaya sampai Surabaya.

Setelah sebelumnya nyasar karena salah ambil jalur pas keluar pintu tol di Surabaya, kita pun sampai hotel pukul 16.28 WIB. Hotel tempat kita menginap malam ini adalah Hotel Cleo yang beralamat di Jalan Raya Jemursari No. 157 Surabaya. Parkirannya outdoor dan lumayan luas untuk menampung kendaraan roda 4.

Proses check in nya cepat dan ada deposit 100 ribu yang akan dikembalikan saat check out. Ruangan lobinya tidak luas dan menyatu dengan restorannya. Untuk kamar hotelnya nyaman dan bersih, standar city hotel lah, tidak ada keluhan untuk kamar ini, fasilitasnya sesuai dengan harga yang kita bayar. Untuk pemandangan dari kamar, pas banget sunset cuy, meski ada awan tebal tetep terlihat keren.

Malamnya kita langsung cuss kondangan di Gedung BK3S yang beralamat di Jalan Raya Tenggilis No.10 Surabaya, yang hanya berjarak 1,5 km dari hotel tempat kita menginap. Kita datang lumayan awal, jadi masih mudah untuk mendapatkan parkir. Kondisi cuaca saat itu gerimis romantis.

Kondangan malam hari ini tidak sekedar kondangan biasa, aku rela jauh jauh kemari karena sekalian reunian ama temen temen kantor dulu di Lombok. Seru sekaligus terharu sih, inget dulu kita sering traveling bareng keliling Lombok sampe bali dan sumbawa masih dalam status single, eh sekarang ketemu ketemu udah pada bawa anak masing masing, heuheuheu, kecuali teman kita yang lagi menikah ini, karena dia adalah lelaki terakhir di genk kita yang menikah. Alhamdulilah semua pada sehat sehat.

Sekitar pukul 21.30, setelah tamu pada bubar kita pun pamitan pada kedua mempelai untuk pulang. Dari tempat kondangan ini kita enggak mampir kemana mana lagi, melainkan langsung menuju hotel untuk istirahat, karena besok pagi harus lanjut balik lagi menyusuri Tol Trans Jawa ke arah barat.

Aku memang sengaja enggak pesen kamar hotel yang sekalian ama menu sarapan, jadi pagi pagi setelah check out, kita langsung cuss dari hotel menuju tempat sarapan. Karena udah kangen banget ama menu sarapannya McD, aku pilih resto cepat saji ini untuk sarapan. Ada beberapa pilihan gerai McD di Surabaya, tapi aku pilih yang ada di Rest Area saja biar sekalian masuk Tol, tepatnya di KM 726B yang masuk wilayah Gresik, Jawa Timur.

Ada beberapa gerai merek terkenal di sini, ada pula masjid besar, foodcourt, toilet dan SPBU.

Anak anak pastinya juga seneng, karena dipesenin menu Happy Meals yang udah lama banget enggak bisa pesen karena di Kebumen enggak ada McD, heuheuheu. Padahal dulu pas di Kupang kita rutin beli Happy Meals pas ada mainan baru nya. Untuk kali ini hadiah mainan Happy Mealsnya adalah Seri Mario Bross.

Kita lumayan lama disini karena tadi berangkatnya pagi, jadi bisa santai santai, sambil ngopi dan anak anak main main. McD disini nyaman banget, bersih, pelayanan bagus, dan suasananya tenang, mungkin karena masih pagi ya jadi sepi. Oia harganya pun standar, sama dengan gerai gerai McD yang lain, bahkan total harga makanannya lebih murah dari makanan di foodcourt saat kemarin kita berangkat.

Sebelum lanjut ke arah barat, aku mampir dulu ke SPBU nya buat isi bensin full. Ternyata di rest area ini metodenya self service, untung ada operator yang siap bantu untuk pengguna yang baru pertama kali seperti aku ini. Seru juga sih, jadi bisa merasakan dan bisa tahu bagaimana cara mengisi bensin sendiri.

Setelah bensin full dan perut kita kita juga full, kita pun lanjut balik ke Kebumen.

Overall Jalur Trans Jawa ini udah bagus, pemandangannya juga bagus di beberapa spot, bahkan ada pula bagian jalan yang bisa bernyanyi saat kita menginjaknya dengan ban yaitu di KM 616 jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri dengan suara nyanyian yang muncul berupa 2 nada lagu selamat ulang tahun

Mantap lah

Share:

1 comment:

1. belom pernah dolan surabaya via on the road...hiks..pengen deh mobilan sampai sana. Kalai naik pesawat bingung jalan jalane...

hotel cozy ya...asyik bisa menikmati suasana dengan gerimis kecil nan romantis

weddingnya bagus konsepnya..simple en elegant...