10 July 2023

Wisata ke Kebun Binatang Solo Safari : Simak Nih Tips Tipsnya


Berhubung lagi nginep beberapa hari di Jogja, akhirnya aku putuskan buat jalan jalan ke Solo aja, lumayan memangkas jarak dan waktu, dibanding kalau langsung dari Kebumen ke Solo.

Tempat yang kita kunjungi adalah Solo Safari, sebuah kebun binatang yang dulu bernama Taman Wisata Jurug. Sekarang jadi keren dan modern berkat dikelola oleh Taman Safari. Beda banget dah ama Jurug yang dulu.

Perjalanan dari Jogja ke Solo bisa dibilang lancar, alhamdulilah ya, kendalanya paling cuma macet pas udah masuk kota Solonya. Berlokasi di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Solo Safari ini cukup padat di bagian depannya, apalagi saat ini (Juni 2023) sedang ada pembangunan Jembatan Bengawan Solo (di sebelah timurnya) plus bebarengan pula dengan libur sekolah, jadi harap bersabar ya.


Untuk parkiran mobil ternyata tidak di dalam, melainkan di depan pintu gerbangnya, yang mana sebenarnya spot ini adalah jalan raya. Enggak tahu ya, ini memang spot parkir permanen atau cuma sementara. Biaya parkir untuk mobil 5 ribu rupiah, dibayar di awal. Kalau kalian bawa rombongan sih sebaiknya mobilnya bawa masuk dulu untuk menurunkan penumpang di titik drop off, lokasinya persis di depan tempat pembelian tiket, baru setelah itu drivernya cari parkir. Karena lumayan juga jalan kakinya dari parkiran, apalagi kalau siang siang, panas lur.

Untuk tiket masuknya, aku udah beli beberapa hari sebelumnya di aplikasi tiket dot com. Lumayan dapat diskon. Berhubung saat aku datang pas musim liburan sekolah, jadi harganya naik dari harga biasa. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat foto di bawah ini :


Ini harga resmi kalau kalian beli di counter tiketnya ya, karena kemarin aku beli online di tiket dot com dan lagi ada promo, jadi harganya tidak sebesar itu.

Untuk penukaran tiketnya, kita tinggal menunjukkan barcode yang udah dikirim lewat email, bisa juga dibuka di aplikasinya. Oia, aku beli tiketnya yang premium, jadi ada beberapa keuntungan, yang pertama adalah dapat souvenir berupa kipas, kemudian dapat welcome drink juga.

Tips buat kalian yang mau kesini, jangan bawa makanan/minuman dari luar ya, karena pas masuk ada pemeriksaan, dan kalau kalian bawa, bakal disita, tapi tetap bisa diambil lagi sih pas pulangnya. Terlihat ada banyak banget tas tas pengunjung hasil sitaan yang berisi makanan dan minuman. 

Makanan/Minuman Pengunjung

Binatang yang pertama kita temui adalah Binturong, tapi sayang nya lagi boboan berteduh, maklum kita datangnya siang hari, pas lagi panas panasnya. Di sebelahnya ada spot foto bareng burung, pengunjung bisa foto bareng burung dengan dibantu difotokan oleh petugas menggunakan kamera DSLR, nanti hasilnya bisa dicetak dan diambil di toko souvenir di pintu keluar. 



Spot berikutnya yang menarik adalah komodo, tapi lagi lagi sayangnya komodonya lagi berteduh, padahal spotnya bagus lho, dibuatkan semacam goa gitu dengan beberapa patung komodonya juga. Nah yang terlihat aktif adalah beruang madu, dia sedang asyik mondar mandir dibawah pancuran air, seger banget kayaknya dah.

Biar anak anak gak capek, aku ajak dulu nongkrong di salah satu gerai penjual makanan, kita beli minuman dan Jasuke, cemilan kesukaan mereka. Harganya tidak mahal, cuma 10 ribu per cup. Setelah itu baru lanjut keliling lagi. 



Ada beberapa spot kandang yang lumayan luas dan diisi oleh beberapa jenis binatang yang berbeda, tentu saja sih mereka tidak akan saling mengganggu dan menyerang ya. Di pagarnya ditempel papan informasi mengenai nama binatang, dan wilayah habitat aslinya. Cukup informatif untuk pengunjung.

Spot berikutnya adalah Primate Island, yaitu sebuah danau/kolam yang berisi ikan dan ada burung bangaunya. Nah di tengahnya dibuat jembatan kayu, di sekitar jembatan inilah dibuatkan beberapa kandang primata seperti orang utan dan siamang.




Setelah primate island ini ada kandang berang berang, yang ada atraksinya, tapi berhubung jamnya gak pas dengan kedatangan kita, dan kita juga males nunggu, akhirnya kita melewatkan atraksi tersebut. 

Berikutnya ada kandang gajah, terlihat ada dua gajah yang beraksi foto foto dengan pengunjung. Kita bisa masuk kandangnya dan foto lebih dekat dengan gajah, tapi harus membeli pakan dulu seharga 50 ribu, si kecil sebenernya pengen, tapi karena terlalu mahal, kita skip dan foto dari luar kandang aja.


Spot berikutnya yang menarik juga adalah Dunia Tini Wini Biti yang berupa Petting Zoom alias spot memberi makan untuk beberapa binatan yang jinak jinak seperti ayam, kelinci dan kura kura.

Di sebelahnya ada spot yang gak kalah menarik, namanya Toys Island. Isinya adalah beberapa gerai permainan anak anak dari merek merek terkenal, seperti Barbie, Hotwheels, Mega Bloks dan Nerf. Untuk pemegang tiket premium, bisa masuk arena ini secara gratis lho, mantap jiwa. Anak anak asyik main, kita para orang tua bisa duduk duduk santai di beanbag yang disediakan. Lumayan lama kita disini, sampe ngantuk lho, heuheuheu.





Setelah spot permainan tadi sebenernya masih ada spot Makunde Restoran. Dimana untuk pemegang tiket premium bisa makan di ruangan kaca (VIP) yang bisa langsung melihat singa. Sedangkan yang tiket biasa, tempat makannya terpisah di area resto biasa. Tapi karena kita udah punya rencana makan di luar, akhirnya kita skip aja yang ini.

Dari dekat makunde resto ini ada buggy station, lagi lagi keuntungan bagi pemegang tiket premium, bisa gratis naik buggy sampai spot sebelum pintu keluar, lumayan juga lho kalau jalan kaki, jauh lur.


Setelah turun, kita masuk ke toko souvenir yang juga merupakan pintu keluarnya. Disini dijual banya boneka binatang, kaos, stiker dll. Kita beliin anak anak stiker, karena harganya yang terjangkau. Selain itu pengunjung juga bisa mengambil hasil foto bareng burung (cetakan maupun softcopy) di awal tadi. Harganya tergantung ukuran foto, kalau enggak salah yang paling kecil tuh 100 ribuan deh.

Puas rasanya keliling Solo Safari ini, ukurannya memang tidak seluas dan selengkap Kebun Binatang Gembira Loka di Jogja, tapi justru pas sih, saat keluar kebun binatang tidak capek, dan masih bisa lanjut ke tempat berikutnya.



Share:

3 comments:

  1. Kemarin niat ke sini tapi malah gak jadi. Akhirnya cari destinasi lainnya

    ReplyDelete
  2. kayake iki anyar ya...kolam pelikane bersih...kapan kapan pengen ke sini..paling suka dolan bonbin aku

    ReplyDelete
  3. Cakep. Penataan kebun binatangnya cakep. Jd pengen bawa anak2 main di kebun binatang lg.

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive