7 August 2023

Touring Pacitan Part 1 - Menyusuri Pantai Selatan Jawa

Seru juga nih gabung dengan komunitas touring motor, bisa motoran rame rame ke tempat tempat indah. Yang aku suka dari komunitas ini adalah tidak ada batasan jenis/merek motornya, semua bisa gabung, heuheuheu kadang aku pake mio soul kadang pake vario. Biasanya sih rutenya deket deket aja, di sekitaran Kedu - Banyumas. Untuk kali ini kita coba lebih jauh yaitu ke arah Pacitan, Jawa Timur.

Sekitar belasan motor dan 1 mobil ikut bergabung di touring kali ini, titik kumpulnya yaitu di Warung Soto Rejeki yang berlokasi di Jalan P Senopati 50A Palbapang, Bantul, Jogja. Tempat ini dipilih karena para peserta berasal dari beberapa kota seperti Kebumen, Purworejo, Magelang dan Jogja, sekaligus untuk tempat sarapan sebelum menjelajah ke arah timur. Oia selain itu ada tambahan beberapa peserta yang berasal dari Solo, nanti mereka akan gabung di sekitaran Gunungkidul.

Sekitar pukul 07.53 WIB kita sampai di warung soto ini, kondisi warung sudah sangat ramai, tempat duduk di bagian depan sudah penuh, sehingga rombongan kita diarahkan untuk makan lesehan saja di belakang. Alhamdulilah disini lebih luas dan lebih tenang.

Setelah menyantap soto, minum teh hangat, foto foto dan briefing, sekitar pukul 08.34 WIB kita berangkat bersama menuju arah Gunungkidul untuk mampir mencoba jalan baru yaitu JJLS dan mencicipi beberapa pantainya.

Alhamdulilah rute yang kita lalui ini lancar, tidak ada halangan. Dengan kecepatan yang santai, enggak terasa kita sampai juga di JJLS Gunungkidul yang super mulus sekitar pukul sepuluh pagi. Tidak lupa kita berhenti sejenak untuk foto bersama

Setelah puas foto foto, kita lanjut perjalanan ke arah pantai indrayanti, di spot ini kita tidak masuk sampai ke bibir pantainya, melainkan hanya nongkrong di salah satu warung, untuk istirahat sekaligus ngopi, dan ngobrol ringan. Disini kita juga bertemu beberapa rombongan touring dari luar kota.

Sekitar pukul 11.30 akhirnya kita sampai juga di spot berikutnya yaitu Pantai Wediombo yang berlokasi di daerah Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Jogja. Ini adalah kali keduaku berkunjung ke Pantai Wediombo. Dulu pernah kesini motoran juga, tapi sendirian, heuheuheu.

Dari parkiran yang letaknya di atas, kita harus berjalan kaki menuruni puluhan anak tangga menuju bibir pantainya. Sebagian ada yang ikut turun, sebagian ada pula yang duduk duduk di sekitaran parkiran, mungkin mereka males jalan kaki baliknya, karena naik.

Siang ini ombak lumayan besar, aku coba explore di sekitar pantai ini untuk membuat video dan foto foto. Di tepian pantai ada beberapa alas duduk lengkap dengan payung besar yang bisa disewa pengunjung. Pasirnya putih dan bersih, coba kalau pas ombaknya tenang ya, cocok banget buat ajak anak anak main disini dah. Di arah kanan terdapat pos SAR lengkap dengan beberapa petugas jaga.

Tidak lama kita di Pantai Wediombo ini, sekiranya udah cukup foto fotonya, kita pun lanjut lagi perjalanannya menuju spot berikutnya yaitu tempat makan siang yang berlokasi di daerah Ngepoh, Nglindur, Girisubo, Gunungkidul. Nama tempatnya adalah Rumah Makan Pak Wid. Lokasinya strategis banget deh, di tepi JJLS, serta bersebelahan dengan Kantor Kelurahan Nglindur, Pertashop, dan Masjid. Jadi selain makan siang, kita sekalian bisa isi bensin dan ibadah.

Dari luar tidak terlihat kalau ini tempat makan ya, lha enggak ada plang nama warungnya. Enggak tahu panitia dapat info dari mana mengenai warung ini. Berhubung udah pesan dari sebelumnya, pas kita sampai warung ini pukul 12.50 WIB, semua makanan sudah siap, ala ala prasmanan gitu. Kita bisa ambil sepuasnya, heuheuheu.

Kita agak lama disini karena tiba tiba hujan deras, kita tunggu agak reda dikit sebelum melanjutkan ke spot berikutnya.

Alhamdulilah sekitar jam 3 sore lebih kita sampai juga di parkiran Pantai Nampu yang di Wonogiri. Sebenernya kita gak rencana ke pantai ini, melainkan mau ke pantai Banyu Tibo. Tapi berhubung yang paling depan salah belok, akhirnya kita malah ke Pantai Nampu.

Setelah foto foto sebentar, kita lanjut ke pantai Banyu Tibo yang berlokasi di daerah Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Jalurnya lumayan sulit karena beberapa ratus meter sebelum lokasi kondisi jalanan berupa jalan tanah berbatu dengan cor semen. Sedikit berkelok dan menurun, sebenernya kalau pas cuaca cerah sih aman aman aja ya, tapi berhubung ini habis hujan, jalannya basah dan licin karena sebagian jalan tertutup tanah lumpur yang terbawa aliran air hujan.

Kita sangat tertarik dengan pantai ini karena unik. Terdapat aliran sungai yang langsung terjun ke pantainya, sehingga terlihat seperti air terjun di pantai. Keren deh. Pengunjung juga bisa jalan ke bawah menuju bagian bawah air terjun dengan membayar uang seiklhasnya. Untuk keamanan, di bawah sudah siap penjaga yang bisa membantu untuk naik/turun, bisa juga membantu mengambilkan foto. Ombak disini lumayan besar, jadi tetap harus hati hati.

Pantai berikutnya yang kita kunjungi adalah Pantai Klayar. Sore itu kondisi cuaca sangat mendung, dan hujan deras pun tiba beberapa menit setelah kita menginjakkan kaki di Pantai Klayar. Acara foto foto pun seketika buyar, untungnya di deket situ ada warung, sehingga kita semua berteduh sembari istirahat dan ngopi di warung itu, beberapa malah ada yang pesen mie rebus.

Alhamdulilah hujannya tidak lama, berdasar saran dari teman yang udah pernah kesini, kita pun lanjut jalan kaki ke atas bukit klayar, katanya dari atas pemandangannya cakep banget. Ya sudah kita pun jalan kaki ke atas dengan hati hati karena jalan masih licin.

Benar saja, ternyata pemandangan di atas cakep banget lho, bisa lebih cakep lagi kalau pas cerah, sepertinya bisa menikmati sunset dari sini dah. Sayangnya sore ini sedang mendung, tapi ini udah ciamik poll.

Sekitar pukul 17.25 WIB kita pun cabut dari Pantai Klayar menuju tempat penginapan kita yaitu Prapto Homestay di area Pantai Watukarung, Pacitan. Disini kita menginap semalam, istirahat dahulu sebelum besok melanjutkan touring.

..... bersambung ke part 2 ya

***
Share:

3 comments:

1. Seru mas touring bersama dan bisa menikmati waktu seperti ini. Selalu ada cerita menarik kalau kita touring

ReplyDelete
  2. mantap kali touring,
    udah lama enggak merasakan touring motoran hehe

3. Keren mas broo.. pake XMAX mas broo. Sudah kangen touring seperti ini.