5 September 2023

Bulan Agustus 2023 - Full Acara HUT RI 78

Di awal Bulan September 2023 ini aku mau me-recap atau mengompilasi kegiatanku selama Bulan Agustus 2023 dalam menyemarakkan HUT RI ke 78. Aku tertarik untuk membuat postingan ini karena menurutku di Tahun 2023 ini adalah tahun paling aktif dalam hal lomba-lomba dan kegiatan lain daripada tahun tahun sebelumnya, ya meskipun beberapa cuma jadi penonton. Tapi kayaknya dulu tuh enggak terlalu riweuh deh, heuheuheu, cuma sekedarnya aja. 
 
Untuk mempermudah, aku bagi sesuai tanggal aja ya :
 
1. Tanggal 11 Agustus 2023
Di Hari Jumat ini diadakan Jalan Sehat dengan tema "Jalan Sehat Unik dan Kreatif", pesertanya adalah kantor kantor yang beralamat di Jalan Arungbinang, Kebumen yang berjumlah 14 kantor. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 07.30 WIB dengan dibuka secara langsung oleh Bupati Kebumen, Bapak Arif Sugiyanto. Rutenya yaitu Kantor PDAM - Jalan Tentara Pelajar - Jalan KH. Hasyim Asy'ari (dulu Jl Kutoarjo) - Jalan Indrakila - Jalan Tentara Pelajar - dan Finish lagi di kantor PDAM.




Barisan jalan sehat ini diawali dengan parade Drumband dari MAN Kebumen, baru kemudian diikuti oleh peserta dari tiap tiap kantor. Yang seru adalah pesertanya tuh memakai pakaian pakaian unik, sesuai dengan temanya. Ada yang pakai seragam SD, jadi pocong, memakai kostum maskot kantornya dll. Kabarnya sih yang paling unik bakal dapat hadiah. 
 
2. Tanggal 13 Agustus 2023
Dengan berlokasi di komplek rumah, hari ini diadakan berbagai macam lomba untuk anak anak, yaitu Lomba Sepeda Hias, Lomba Pecah Air, Lomba Makan Kerupuk dan Lomba Kelereng. Untuk lomba sepeda hiasnya, aku udah mempersiapkan dari hari hari sebelumnya dengan mencari ide di youtube, membeli perlengkapan dan bahan bahan serta mulai merangkai bentuknya di sepeda. 
 


Aku pilih yang simple aja, yaitu bentuk burung garuda berwarna merah putih dengan bahan kardus bekas dan ditutup dengan kertas krep merah putih. Kedua anakku ikut semua, dan keduanya bentuk burung garuda, namun dengan beda ukuran, karena ukuran sepedanya pun berbeda. Kegiatan sepeda hias ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan rute keliling komplek saja. Baru kemudian lanjut berkumpul untuk mengikuti lomba lomba yang lain. Yang paling seru sih lomba pecah air ya, karena pastinya anak anak suka main basah basahan. Dan setelah selesai malah minta nambah airnya.
 



3. Tanggal 16 Agustus 2023
Kegiatan hari Rabu ini masih satu rangkaian dengan kegiatan Jalan Sehat di tanggal 11 Agustus kemarin. Nah untuk hari ini kegiatannya adalah lomba 17an, yang pesertanya sama dengan peserta Jalan Sehat tersebut. Untuk lomba yang dipertandingkan ada Lomba Estafet Tampah, Estafet Air, Estafet Tongkat dan Kelereng. 
 


Lomba dimulai sekitar pukul 09.00 WIB di halaman Kantor PDAM Kebumen. Di lomba ini aku enggak ikutan, tapi cuma jadi suporter dan tukang dokumentasi. Lumayan seru lomba lombanya, terutama yang estafet air, karena penuh gelak tawa, orang orang tua pada main air basah basahan, heuheuheu. 
 
Di malam harinya, ada kegiatan Tirakatan/Tasyakuran yang bertempat di Musholla komplek perumahan, untuk pesertanya tentu saja para penghuni komplek, khusus yang bapak bapak saja dengan ditemani anak anak mereka. Acara dimulai ba'da Isya, diawali dengan mendengarkan ceramah/kajian dari ulama setempat dan diakhiri dengan makan makan bersama. Menunya ada nasi tumpeng, ayam bakar dan jagung bakar. Mantap...
 


4. Tanggal 17 Agustus 2023
Di pagi harinya, aku mengikuti upacara melalui youtube saja, karena tahun ini tidak ada perintah untuk menghadiri upacara secara langsung. Sedangkan anak yang besar masuk sekolah untuk upacara, rencananya sih sehabis upacara, anak anak bakal jalan keliling desa dengan memakai topi kertas berwarna merah putih yang tadi malam aku buatkan. Tapi berhubung pagi itu gerimis, sehabis upacara anak anak langsung pulang, tidak jadi jalan jalan. Padahal udah rencana mau nonton lho.

5. Tanggal 19 Agustus 2023
Di hari Sabtu pagi ini, ada kegiatan Pawai Becak Hias yang diikuti oleh anakku yang paling kecil. Ini adalah kegiatan dari sekolahnya (TK) yang diikuti oleh semua murid dengan mengenakan baju adat/profesi. Mereka bakal naik becak hias dengan masing masing becak diisi oleh 3 anak. 




Sesuai dengan perkiraan, pasti anak anak bakal pada pake baju polisi/tentara, dan benar saja anak anak yang cowok sebagian besar pake 2 seragam profesi tersebut. Untungnya anakku pake baju yang lain daripada yang lain, yaitu baju pembalap. heuheuheu. Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dengan rute TK - Jalan Sarbini - Jalan Kusuma - Jalan Pemuda - Jalan Kaswari - Jalan Indrakila - Jalan Tentara Pelajar - Jalan Arungbinang - Stadion - dan finish lagi di TK. Oia agar pawai becaknya semakin meriah, di tengah tengah barisan becak hias diselipkan drumband dari MAN 2 Kebumen.



Masih di hari yang sama, sore harinya ba'da ashar ada kegiatan pembagian hadiah lomba lomba di komplek perumahan. Alhamdulilah dua sepeda hias dengan bentuk garuda dari kardus yang kubikin sampe lembur lembur menang semua, heuheuheu. Selain itu juga ada panggung hiburan, dimana anak anak yang berani boleh unjuk kebolehan di atas panggung, lumayan seru juga, ada yang bernyanyi, bermain alat musik, membaca ayat Al Quran, dan ada pula yang main tebak tebakan. Kegiatan ini diakhiri dengan makan bersama, menunya bakso.

6. Tanggal 20 Agustus 2023
Di Hari Minggu siang ini, ada event karnaval untuk memperingati HUT RI ke 78 dan Hari Jadi Kebumen ke 394. Karnaval tahun ini mengambil tagline TETEORE (Tertib Tentrem Ora Reang), diikuti 122 peserta, lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 70 peserta. Antusias masyarakat sangat terlihat, ribuan orang dari berbagai wilayah di Kebumen tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilewati karnaval. Sejak siang setelah dzuhur kepadatan juga sudah mulai terasa di Alun-alun Kebumen.




Rute yang dilewati lebih pendek dari pada tahun lalu, yaitu dari Stadion Candradimuka - Jalan Arungbinang - Jalan Kusuma - Tugu Lawet - Jalan Soekarno Hatta - Alun Alun Kebumen. Sekitar jam dua siang lebih, karnaval pun dimulai,  di urutan pertama ada Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama keluarga dan jajaran Forkopimda menaiki traktor roda empat. Kemudian diikuti oleh para peserta yang terdiri dari instansi pemerintahan, OPD, kecamatan, berbagai Ormas, partai politik, sekolah baik tingkat SMA sampai perguruan tinggi, kemudian perusahaan baik swasta maupun BUMD, komunitas, paguyuban dan masih banyak lainnya.
 
7. Tanggal 25 Agustus 2023
Tak ingin ketinggalan hingar bingar kemeriahan HUT RI, kantor pun ikut mengadakan lomba 17an, ada sekitar 5 jenis lomba yang dipertandingkan, seperti kait ceting, estafet air, karton air, estafet balon, dan tampah bola. Alhamdulilah lomba kali ini grupku bisa memenangkan lomba tampah bola dan karton air. Hadiahnya berupa jajanan micin, lumayan bisa buat dibagi bagi jajannya.



8. Tanggal 26 Agustus 2023
Di Hari Sabtu siang ini ada jadwal Karnaval Purworejo, aku udah merencanakan untuk nonton bareng anak anak, sekalian mudik, heuheuheu. Di tahun 2023 ini karnaval purworejo dibagi menjadi beberapa kategori yang dilaksanakan di hari yang berbeda, untuk hari ini kategorinya adalah Umum dan SMA. Rute yang dilalui yaitu Alun Alun Purworejo - Jalan Mayjend Soetoyo - Jl Urip Sumoharjo - Jl Veteran - Jl Ahmad Yani lalu kembali ke arah Alun Alun. 




Di malam harinya, ada kegiatan Pentas Seni Kelurahan Pangenrejo, yang berlokasi di Lapangan Ciluek Pangenrejo. Aku ikut jadi videografer di event ini, khususnya untuk penampilan dari RT-ku. Jadi di kegiatan pentas seni ini, setiap RT di kelurahan Pangenrejo menampilkan berbagai macam jenis seni, ada yang menyanyi, menari, dan hadroh. Nah untuk RT-ku menampilkan kesenian Kuda Lumping/Jaran Kepang, mungkin dari sebagian kalian sudah pernah denger nama grupnya, yaitu "Gati Melati". Kebetulan grup kuda lumping ini memang sudah lama eksis, dari aku kecil lho, sampai sekarang masih rutin tampil, cuma beda di penari aja, yang dulu sekarang udah sepuh sepuh. Alhamdulilah di pentas seni tersebut, RT-ku memenangkannya, Juara 1 lurr.


9. Tanggal 27 Agustus 2023
Keesokan paginya, yaitu Hari Minggu ada beberapa kegiatan yang diadakan. Di Kelurahan Pangenrejo diadakan acara Jalan Sehat dengan doorprise Sepeda Motor. Start dan Finishnya berada di lokasi yang sama dengan acara Pentas Seni semalam yaitu di Lapangan Ciluek. Sedangkan di Kelurahan Sindurjan diadakan Karnaval dengan peserta dari RW RW yang berada di kelurahan Sindurjan Purworejo.

Karena acaranya bebarengan, aku jadinya cuma nonton yang karnaval Sindurjan aja, enggak ikutan Jalan Sehat Pangenrejo, capek lur jalan kaki keliling desa, heuheuheu. Rute karnavalnya mengelilingi wilayah kelurahan Sindurjan, kalau aku nontonnya di jalan yudodipuran, persis di sebelah Rutan Purworejo. Menurutku karnaval kelurahan seperti ini lebih seru dan lebih menarik daripada karnaval kabupaten deh, karena yang ditampilkan tuh lebih kreatif dan lucu lucu.









Share:

3 comments:

  1. 17an tahun ini kayaknya rangkaian acaranya lebih panjang daripada tahun-tahun sebelumnya hahahahaha. Aku juga ikut keseruan di kampus

    ReplyDelete
  2. wah,meriah sekali kegiatan HUT RI-78 nya mas broo. Keren sekali

    ReplyDelete
  3. di tempat saya masih ada acara karnaval yang mana bulan kmrn masih belum terlaksana acaranya

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive