WHAT'S NEW?
Loading...

Dunia Bawah Air Gili Nanggu, Lombok Barat

Salah satu tempat Favorit ane di Lombok adalah Gili Nanggu. Sebuah Gili/Pulau kecil yang terletak di daerah Sekotong ini menyimpan kekayaan flora dan fauna bawah laut yang menawan. Karang yang masih bagus, ditambah ribuan ikan kecil berwarna warni yang berenang kesana kemari, dan akan mendekat ke kita, bahkan sangat dekat bila kita membawa remah remah roti. Remah roti yang sudah dalam botol dan siap digunakan dijual di Pelabuhan Tawun, di warung dekat loket penjualan tiket penyeberangan, dengan harga lira ribu rupiah per botol.

Kehidupan bawah laut di daerah ini masih sangat terjaga, tidak seperti di Gili Trawangan yang sudah banyak rusak karena kapal kapal melempar jangkar sembarangan, yang dapat merusak karang, sehingga dapat mengganggu kehidupan ikan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Snorkling demi kelestarian biota laut dan demi keselamatan kita, yaitu :
  1. Sewalah alat snorkling yang terdiri dari Pelampung, Google (kacamata renang + alat bantu pernapasan), dan Sepatu Katak (memudahkan berenang). Alat alat ini dapat disewa di Pelabuhan Tawun. Kacamata mencegah mata menjadi pedih, pe;ampung berfungsi agar kita tidak capek menggerakkan kaki dan tangan untuk mengapungkan diri. Kaki katak berguna memudahkan kita berenang.
  2. Hati hati terhadap makhluk yang berwujud seperti tali putih agak transparan di dasar, sekitaran karang karang, karena kalau tersentuh, kulit kita bisa terasa panas terbakar.
  3. Hati hati juga terhadap ubur ubur kecil transparan yang sulit terlihat di dalam air, karena kalau sampai tersentuh, kulit kita bisa terasa panas.
  4. Jangan menangkap ikan, bintang laut maupun biota lain untuk dibawa pulang, demi kelestarian mereka.
  5. Sebisa mungkin jangan menginjak karang, karena bisa merusak nya.
  6. Hati hati saat air surut, karena akan sangat dangkal, dan kaki kita bisa luka tergesek karang.
  7. Jika kita sudah selesai memberi makan ikan menggunakan Roti dalam botol, sebaiknya jangan buang botol kosong ke laut, buanglah pada tong sampah yang sudah disediakan di dekat berugak.
Berikut ini ada beberapa foto yang ane ambil saat memberi makan ikan di sekitar perairan Gili Nanggu:











0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar