WHAT'S NEW?
Loading...

Goa Gajah di Bali





Goa Gajah. Pertama kali mendengar kata itu, dalam pikiran saya goa tersebut ukurannya Besar, karena Gajah identik dengan Hewan yang berukuran besar. Akan tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Sebenarnya Goa Gajah adalah sebuah Pura, akan tetapi karena bentuknya seperti Goa, jadi dinamakan Goa. Nama Goa Gajah di duga berasal dari kata “Lwa Gajah”, nama Wihara atau pertapaan bagi biksu dalam agama Budha. Nama tersebut terdapat pada lontar Negarakertagama yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M.

Kata Lwa atau Lwah (Loh) memiliki arti sungai. Oleh karena itu, yang dimaksud di sini adalah pertapaan yang terletak di Sungai Gajah atau di Air Gajah. Dalam prasasti tahun 1103 Saka yang dikeluarkan oleh Raja Jayapangus disebutkan bahwa ‘Air Gajah’ adalah pertapaan bagi Pendeta Siwa. Goa Gajah di kelilingi area persawahan dengan ke indahan ngarai sungai Petanu, susasananya masi asri dan hijau. Menurut catatan sejarah, tempat wisata Goa Gajah pertama kali ditemukan oleh sarjana Belanda, Prof. Gorris dan Eting pada tahun 1923.

Goa Gajah ini terletak di Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, Bali. Kalau dari Denpasar, jaraknya sekitar 26 km. Di bawah ini ada beberapa foto di Pura Goa Gajah, Bali :






2 comments: Leave Your Comments

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar