WHAT'S NEW?
Loading...

Taman Narmada, Lombok Barat


Mau wisata yang segar sejuk dan tidak jauh dari pusat Kota Mataram? Pilihannya jatuh ke Taman Wisata Narmada. Taman ini berlokasi di Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Persis di depan Pasar Narmada, di pinggir Jalan besar sehingga mudah ditemukan. Rutenya Mataram - Cakranegara - Narmada, tidak sampai setengah jam kita bisa sampai TKP.

Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang sangat suci di India. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kepada semua makhluk di dunia ini. Air yang memancar dari dalam tanah (mata air) diasosiasikan dengan tirta amerta (air keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dahulu kemungkinan nama Narmada digunakan untuk menamai nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai di tempat tersebut. Lama-kelamaan digunakan untuk menyebut pura dan keseluruhan kompleks Taman Narmada.

Di Komplek ini, terdapat bangunan bernama Bale Loji (gambar di bawah). Pada zaman kerajaan Raja Anak Agung Karangasem, bale tersebut di jadikan istana kedua setelah istana di Mayura, baguna ini berfungsi sebagi tempat peristirahatan raja Anak Agung dan isterinya selama berada di taman narmada. Bale Loji merupakan salah satu peninggalan budaya yang dilindungi oleh Cagar Budaya. Interior dan Exterior pada bangunan tersebut masih asli peninggalan zaman Raja Anak Agung Karangasem.


follow us : @lombokkita

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar