WHAT'S NEW?
Loading...

Tanjung Jagog, Air Terjun Asin di Pantai Nambung

Sejak beberapa hari yang lalu (pertengahan April 2014) dunia per-Twitteran di area Lombok dihebohkan dengan adanya pantai baru yang eksotis, namanya Pantai Nambung yang lokasinya ada di daerah Buwun Mas, Sekotong, Lombok Barat. Kenapa kok eksotis? Karena terdapat batuan karang besar dimana bentuknya itu memungkinkan ombak untuk naik dari sisi luar dan turun di sisi dalam sehingga terlihat seperti air terjun di sisi dalam. 

Wohoo saya pun gak mau ketinggalan donk, mumpung belum terlalu mainstream seperti Batu Payung dan Pantai Semeti,  saya pun langsung cuss menuju TKP, nah kebetulan juga hari ini pas libur. Saat saya ikuti perkembangan kehebohannya, banyak banget twit twit yang nanya tentang keberadaan pantai ini, padahal udah dijelaskan kalau lokasinya di Sekotong, haha pada males nyari sendiri sih. Kalau kebiasaan saya sih manfaatin GPS aja alias Gunakan Penduduk Setempat/Sekitar, jadi tadi pas udah sampai sekotong, tepatnya di Pengantap, Buwun Mas, saya nanya aja ama ibu ibu penjual bensin, sekalian isi bensin juga sih, ibu itu ramah banget dan mau nunjukin jalan masuk menuju pantai nambung, bahkan ibu itu tau kalau kita mau menuju ke air terjun di laut, haha.. Dan ternyata lokasinya ada tepat di belakang warung bensin ini.

Kalau dihitung hitung, titik ini berada sejauh 20 KM bila diukur dari pertigaan Sekotong-Gili Nanggu-Teluk Sepi. Jalannya mulus aspal, yang dilanjutkan masuk ke perkampungan dengan jalan tanah sekitar 300 meter, kendaraan bisa diparkir di rumah warga (karena saat ini belum ada tempat parkir khusus, mungkin habis ini bakal ada tempat khusus parkir, karena udah rame), bilang aja mau nitip motor gitu, tenang aja warga warga disini ramah ramah banget kok, jadi jangan segan segan bertanya atau sekedar menyapa.

Di luar dugaan, ternyata di rumah warga ini udah ada banyak banget motor yang parkir, huahahaha korban twitter semua ini...

Landscape Pantai Nambung
Dari sini tinggal lanjut jalan kaki sebentar, dan kita pun udah sampai di bibir pantai nambung, pantainya sih biasa, seperti kebanyakan pantai di laut selatan lombok, ombaknya besar. Trus dimanakah air terjun asin itu? Nah dari titik ini kita bisa melihat ada batuan yang bentuknya mencolok terpisah dari bukit/tebing di ujung kiri pantai, yuph disitulah lokasi air terjun asin tersebut. Bila dibayangkan akan sama dengan lokasi Batu Payung bila dilihat dari Pantai Tanjung Aan (silakan bayangkan)

Keraguan mulai muncul ketika melihat ombak semakin besar dan semakin keras menyentuh dinding tebing, apalagi melihat beberapa kelompok pengunjung yang lari balik, mereka bilang sih gak ada jalan, gak bisa lewat, jadi pilih untuk balik. Bimbang dah kita, setelah pikir pikir, akhirnya kita balik juga, tapi gak balik pulang seperti mereka, cuma balik menuju rumah penduduk terdekat, hohoho alhamdulilah ya di depannya ada berugak dan disitu ada dua ibu ibu yang lagi nongkrong, pas mau mendekat, mereka manggil, nyuruh kita mampir dulu.

Ngobrol Santai di Berugak

Di berugak ini kita ngobrol ngobrol ama ibu ibu tadi, nah dari dia saya tahu beberapa informasi :
1. Bahwa sebenernya yang dinamakan air terjun itu adalah Tanjung Jagog, dan Pantai Nambung itu ya ini, lokasi tempat saya duduk ini, berupa pantai berpasih putih berbentuk merica (sama dengan pasir pantai kuta).
2. Pantai ini mulai rame sejak beberapa hari yang lalu, dulunya sih sepi, isinya ya cuma warga setempat aja. Sampai salah satu dair ibu tadi kaget, pagi pagi habis bangun tidur, eh udah aja ada yang lagi jalan kaki menuju Jagog, trus dia heran sebenernya apa sih yang mereka cari di sana... haha
3. Trus ibu tadi juga sempat ditanya ama salah satu pengunjung "Dimana ya lokasi air terjun nya?" Hohoho ibu tadi heran, mana ada air terjun di pantai gini, trus akhirnya tahu bahwa yang dimaksud air terjun itu ya Tanjung Jagog itu.

Tak tik tuk tak tik tuk, gak kerasa udah tiga jam lebih kita duduk ngangak di berugak nungguin air agak surut. Dan selama tiga jam itu udah ada banyak orang yang hilir mudik menuju Tanjung Jagog tapi trus balik lagi gegara gak ada jalan, hahahaha.


Sampai sekitar jam dua lebih, ada tiga anak muda ditemani satu penduduk lokal yang terlihat jalan kaki menuju ke TKP, langsung dah saya berkemas, dan ngikutin mereka, dan benar saja, sekarang kondisi air lautnya udah agak surut, dan jalan terbuka lebar gak seperti tadi pas pertama kesini, tapi ya tetep harus hati hati karena batuannya licin berlumut.

Gak terlalu jauh kok jalannya, gak sampai setengah jam bisa sampai Tanjung Jagog nya. Weleh... ternyata udah ramai gan, dan saya lihat ada beberapa orang yang belum pernah saya lihat kapan datengnya, dan ternyata mereka dateng pagi gan, sebelum saya datang, dan pas mau balik gak bisa gegara air pasang, hohohoho, jadi ceritanya mereka ini lagi terjebak gan.

Sumpah seru banget main air disini..... gak bosen bosen sampai sore kita disini fotoan, tapi sayangnya ini lagi gerimis, langit mendung, jadi fotonya gak bagus gan, ahhh paling tidak ada alasan lag ya buat kesini lagi...


Lumayan lama kita disini, sampai akhirnya rame banget, yaudah kita pun milih balik aja, toh ini juga masih sore. Oia, satu yang sangat disayangkan, setiap ada lokasi wisata baru di Lombok, pasti langsung kotor oleh bekas bekas botol minuman, seperti halnya dulu di Pantai Tangsi dan Batu Payung, pas pertama kesana bersih bangeeet, tapi setelah rame, jadi kotor. Jadi gak ada salahnya pas balik, sambil mungutin sampah :) Lebih perihnya lagi, pas sampai di deket perkampungan warga, saya tanya "Pak dimana ya buang sampahnya?" Beliau menjawab "Taruh situ aja gak papa" sambil nunjuk ke arah pantai. "Duaarrr" Salah tempat nanya.... "miris"

dan Alhamdulilah akhirnya nemu juga tempat sampah...


Rute/Peta Lokasi Pantai Nambung : http://wikimapia.org/30526725/Pantai-Nambung


Tips Tips buat yang mau ke Pantai Nambung :
1. Khusus bulan bulan ini (April) kondisi air laut di Pantai Nambung sedang besar ombaknya saat siang hari, jangan memaksakan untuk jalan kaki menuju kesana kalau tidak mau terjebak ombak. Air laut mulai surut dan bersahabat setelah jam setengah 3 sore, jadi bisa dengan aman berjalan menuju Tanjung Jagog/Air Terjun Asin tersebut.
2. Perjalanan menuju Tanjung Jagog lumayan menguras keringat, jadi bawalah air minum yang cukup ya, tapi jangan lupa botol kosong air minumnya dibawa pulang lagi, jangan ditinggal di lokasi.
3. Wajib bawa kamera, tapi berhubung di lokasi itu ombaknya besar, hati hati jangan sampai kamera basah kena guyuran air laut. Kalau saya kemaren pakai kamera Gopro, jadi gak khawatir basah.
4. INGAT, jangan terlalu dekat ke tempat jatuhnya air terjun itu, sangat sangat berbahaya, air yang datang tak dapat diduga besarnya, seperti hari minggu kemaren (20 April 2014) ada satu perempuan yang berdiri dekat dengan jatuhnya air, sebenernya gak deket deket banget sih tapi karena air yang datang besar banget, jadinya dia kena air tersebut, dan langsung terhempas, alhasil dia ada bagian tulangnya yang patah..
5. Jangan meninggalkan bungkus makanan dan minuman di tempat, kemaren saat kesana saya lihat banyak botol bekas air mineral yang dibuang begitu saja oleh pengunjung yang kebanyakan ABG. Okesip...!!!

Video keseruan di Pantai Nambung






jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

17 comments: Leave Your Comments

  1. waaa... mana foto air terjunnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah diupdate, kemaren kan masih bersambung :)

      Delete
    2. woladala, ternyata sambungannya masih di artikel yang sama toh? aku kira cerita sambungannya di artikel baru.

      Delete
    3. hohoho, masih dalam satu artikel kok

      Delete
  2. Lombok memang indah... dan belum terjamah semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan saya yakin masih banyak spot spot belum terjamah yang eksotis :)

      Delete
  3. Terumbu karangnya bagus nggak.. ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ombak sebesar ini sih, kayaknya gak ada ya

      Delete
    2. Jadi cma air terjun asinnya aj ya.. Kya batu payung donk :'(

      Delete
    3. pantai selatan bukan spot snorkling

      Delete
  4. Rute kesana Gimana, Min?? jalannya baik???

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh,,,, padahal udah ditulis panjang lebar di atas...

      Delete
  5. Lombok kita nama group atau apa biar ikut gabung, pengen gabung ke tempat wisata juga

    ReplyDelete
  6. Luar biasa, nice info bos..thanks sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama... kalo ke Lombok mampir ke KPP Mataram Barat boss

      Delete
    2. di KPP Mataram Barat ada paan bos..?? Mo bayar Pajak yah...hehehe

      Delete
    3. haha... bayar pajak kok di kantor pajak...

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar