WHAT'S NEW?
Loading...

Dawet Ireng Si Hitam Manis yang Bikin Seger

Setelah beberapa lama gak menginjak tanah Jawa, akhirnya beberapa hari yang lalu, saya Alhamdulilah bisa jalan jalan lagi kesono bareng istri tercinta dan saya menyempatkan mampir di salah satu kota kecil di sebelah barat Jogja, yaitu Purworejo. 

Kita gak berencana buat wisata alam di sini, tapi wisata kuliner. Nah dari sekian banyak Kuliner Purworejo yang udah terkenal, saya pun memilih Dawet Ireng buat nyegerin suasana siang yang panas ini.

Gak susah kok nemuin penjual dawet ireng di purworejo, sepanjang Jalur lintas Purworejo - Jogja banyak di pinggir pinggir jalan. Tapi karena saya lagi ada di pusat kota nya, jadi saya singgah ke penjual dawet ireng yang ada di depan kantor pos purworejo (timur alun alun purworejo).

Seingat saya sih dulu ada di trotoar pinggir jalan, tapi pas kesini lagi, ternyata udah pindah di halaman kantor pos nya, Jadi lebih terasa nyaman, aman dan lega, gak mengganggu orang lewat.

Saya pesan Dawet Ireng murni, alias tanpa campuran tape ketan dll. Disajikan dengan mangkok putih, dawetnya terlihat so so so fresh... Menyegarkan banget, haha padahal belum disantap.

Pantesan dah warung ini selalu ada aja yang beli, lha seger banget gini, apalagi minumnya pas siang siang panas gini, beuuuhhh serasa dihembuskan angin sejuk surga gan..


Nah ngomongin masalah harga, saya lupa gan. Seingat saya sih murah ya, recommended lah pokoknya buat dicoba.

8 comments: Leave Your Comments

  1. Wekssss kalo di kampung gw masih ada yg jualan keliling pake gerobak, jadi kangen kampung :->

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohohoho wah kalao itu di Lombok pun juga masih ada om, tapi dawet ayu namanya, Asli Banjarnegara

      Delete
  2. Wadu lagi puasa salah buka blog :D
    Eh kalau es dawet do Ternate juga ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohohoho..

      berarti dawet sudah keliling nusantara.... dimana mana ada

      Delete
  3. Awalnya saya menduga warna hitam dawet ireng ini berasal dari tinta cumi atau bahkan serbuk arang. Membayangkannya aja saya sudah geleng-geleng, hahaha.

    Ternyata saya salah. Bukan dari tinta cumi atau serbuk arang. Tapi dari jerami yang dibakar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dari jerami yg dibakar....

      Delete
  4. belum pernah coba dawet wrna item... Penasaran :) Dawet yg aku lumayan suka itu es dawet pandawa, di pnggir jalan dri solo ke Jogja... Semua es dawet kyknya selalu seger deh...apalagi diminum kala panas yaaa ;) Beeuhhh.... pgn nambah bergelas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho.. enak lho mbak... ayo ke purworejo, cobain dawet ireng ini...

      Itulah kenapa penjual dawet banyak di pinggir2 jalan, dia nyari suasana panasnya, biar pas menikmati, terasa seger di badan.. :)

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar