WHAT'S NEW?
Loading...

Wisata Kuliner di Purworejo Jilid 2

........ sebelumnya di Wisata Kuliner di Purworejo Jilid 1

By the way, mungkin ada dari kalian yang belum tahu ya tentang Purworejo, maklum aja sih, karena Purworejo ini termasuk kota kecil di Jawa Tengah yang belum setenar Solo ataupun Semarang. Lokasinya nyempil di sebelah barat Jogjakarta. Yang mungkin akan mulai terkenal saat bandara Jogja pindah ke Kulonprogo, karena lokasi bandaranya yang lebih dekat ke Purworejo daripada ke pusat kota Jogja (tapi mbuh kapan)

Lama ditinggal merantau ke pulau seberang, ternyata di Purworejo muncul banyak tempat wisata baru yang ciamik, yang gak kalah ama daerah lain, sebut saja Gunung Ijo di Bagelen, Curug Lumbung di Bener, Stelawah di Hulosobo Kaligesing, Curug Krasak di Bener, Goa Nguwik di Kaligesing, Curug Abang di Kemiri, Gunung Teges di Kemiri dan masih banyak lagi, yang bisa kalian intip dan kepoin di akun Instagram @explorepurworejo

Sesuai dengan tema blog ini yang isinya tentang Jalan Jalan dan Makan Makan, kali ini aku mau nulis perjalananku di Long Weekend kemarin saat wisata kuliner di sekitaran Purworejo, Jawa Tengah.

Yang Pertama, kita nongkrong malam di Laksana Steak & Cafe
FYI, laksana ini termasuk salah satu cafe senior di purworejo, yang bisa dibilang tahan lama, tetap bertahan diantara gempuran cafe cafe baru. Dulu waktu masih SMA, Laksana ini menjadi satu cafe yang eksklusif, harganya lumayan mahal (bagi anak SMA di masa itu), pokoknya kalau ada yang ulang tahun terus nraktir makan disitu, pasti anak itu tajir dah .

"Laksana" ini berlokasi di sebelah selatan Alun Alun Purworejo, persis di sebelah Kantor Bupati. Dari dulu disitu, dan dari dulu interiornya ya gitu gitu aja, enggak mengikuti tren cafe kekinian, heuheuheu. Tapi karena lumayan enak, selalu aja ada yang makan di cafe ini. Dan harganya pun lumayan murah (bagiku sekarang, heuheuheu)



Yang kedua, Martabak 8 Rasa Luffy
Meskipun udah lama booming, martabak manis 8 rasa ini aku belum pernah nyobain lho, gegara di tempat perantauan (Lombok) saat ini belum ada, heuheuheu. 

Martabak Luffy ini lokasinya ada di Koftee Kafe, Jalan Brigjend Katamso, sebelah selatan SDN 1 Pangenrejo, Purworejo. Selain yang 8 rasa, Luffy juga menyediakan menu Red Velvet, Cheese Nutella, Strawberry Parfait, Choco Blaster dll.


Menurutku sih enak ya, apalagi adonan dasarnya bisa diganti adonan red velvet lho. Tapi kalau aku, tetep order yang adonan basic. Karena porsinya yang terlalu gedeee, dan gak habis di malam ini, martabak ini kuhabiskan di keesokan harinya. Eh ternyata masih enak gaes, cuman jadi dingin aja, heuheuheu. Nah Untuk daftar harganya, monggo dilihat di gambar di atas ini.

Yang ketiga, Grand Opening Kedai Puteh
Kebetulan sekali, tanggal 6 Mei kemarin pas aku lagi di purworejo, pas banget ada warung yang lagi grand opening, dan promonya tuh ada diskon 20% untuk semua jenis menu, hanya berlaku di hari itu juga.

Nama Warungnya adalah Kedai Puteh, yang lokasinya ada di Jalan Brigjend Katamso No.77 Pangenrejo, dekat dengan STM YPT Purworejo. Seingatku sih dulu di sini nama warungnya "Warung Lahap", eh ternyata sekarang berubah wujud menjadi lebih fresh dengan interior serba putih dan lebih mengarah ke kalangan anak muda. 


Sesuai dengan tagline nya "Kerajaan Ayam", menu utama di kedai puteh adalah makanan dengan bahan utama ayam yang diberi nama dengan nama nama penghuni sebuah kerajaan, seperti Ayam Raja, Ayam Kaisar, Ayam Senopati, dll, cuman enggak ada nama Ayam Selir, heuheuheu

Selain itu juga ada menu manu khas angkringan seperti Nasi Kucing, Sate Telur, Jeroan, Kepala Ayam, Gorengan, Tempe Bacem, Mendoan dan Sate Tempura.

Buat yang lagi gak pengen makanan berat, ada cemilan cemilan lucu seperti Roti Panggang Instagram, Pisang Goreng Sahara, Pancake Durian serta berbagai jenis minuman dan jus segar.

Tapi btw dari beberapa menu yang kupesan, yang enak kok ya cuma nasi kucing ama sate telur nya ya.  Untuk Roti Panggang Instagram ternyata rasa tak sekeren namanya, cuma roti tawar biasa, yang dipanggang dengan toping selai coklat, chacha, oreo dan keju yang dibentuk mirip logo instagram lama (padahal sekarang udah ganti logo baru, heuheuheu). 

Sate tempura nya, dibakar dengan dibalur bumbu, tapi bumbu nya itu lho, Keasinaaaaan. Terus minuman yang diorder adikku "Putih Mbening Float" rasanya terlalu asem dan es krim nya tenggelam, enggak seperti minuman "float" yang es krim nya mengapung di atas, heuheuheu....

Yang keempat, HIRO Sushi & Ramen
Huhuhu, akhirnya ya di Purworejo ada resto ginian. Kayaknya baru pertama deh, ada resto di purworejo yang menu nya sushi & ramen. 

Hiro ini berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan, sebelah utara Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang seingatku dulu di sini tuh tempat fitness yang berkaca bening, sehingga kelihatan isinya dari jalan raya. 

Interiornya lumayan maksimal ya untuk resto dengan menu ala ala jepang, plus sapaan waitress saat ada tamu datang dan pergi dengan menggunakan sapaan bahasa jepang seperti yang pernah aku jumpai di resto De Sushi.


Sumpah enak gaes, dengan harga yang segitu (termasuk murah bila dibandingkan dengan menu sejenis di lombok), worth it lah. Akhirnya ya bisa nemu cafe/resto yang bukan abal abal di purworejo, heuheuheu...

***

Peta/Lokasi dari tempat tempat di atas :


14 comments: Leave Your Comments

  1. Eh itu harga murah amat ngak rugi bandar ???

    ReplyDelete
  2. harganya murah banget yak, porsinya mayan gede.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah di kota kecil,

      Delete
  3. Makin banyak ajaa.. Aku baru pernah ke eiffel doang tahun 2014. Hahaha. Sushinya kayaknya layak dicoba nih. Kalau lg pulang ajak2 aku janjalan dong Ir. Lumayan kan nambah squad jagain si ganteng. Haha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak yg baru baru, tapi kebanyakan kurang oke sih...
      sushi nya lumayan layak dicoba,

      nanti pas libur lebaran yee

      Delete
  4. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Wisata Kuliner di Purworejo Jilid 2 ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  5. Martabak 8 rasa.. ratjoen ... bikin laper malem-malem gini :(

    ReplyDelete
  6. Mantab reviewnya. Purworejo, walaupun kota kecil, tetap punya segudang cerita. #www.homestaypurworejo.com IG: @homestaypurworejo

    ReplyDelete
  7. purworejo saiki mah menjamur kafe2an. mulai jadi kekinian. haha.
    aku kmrn juga nyoba kedai puteh, komennya sama. tapi menurutku yang enak cuma ayam dan nasi gorengnya aja. sambel koseknya mayan laah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo ditinggal merantau, pas mudik, ada aja cafe yang baru..

      Delete
  8. Harga2 di kedai puteh berapa aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa enggak fotoin daftar menu nya :)

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar