13 July 2018

Nongkrong di Mobil Rongsokan Junkyard Autopark


Wisata di Magelang memang enggak bisa lepas dari Candi Borobudur, candi itu sudah mendunia. Nah bila kalian lagi jalan jalan ke Magelang, khususnya ke daerah Borobudur, bisa dah mampir foto foto selfie sambil nongkrong makan di Junkyard Autopark & Cafe.

Lokasi persisnya di Desa Wanurejo, Borobudur, Magelang. Sekitar 2 kilometer sebelah timur Candi Borobudur, gampang banget kok ditemuin, tinggal search aja di google. Jalan sudah mulus beraspal sampai lokasi, bisa dicapai dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Kalau lagi males bawa kendaraan sendiri, pakai aja jasa angkutan online (Grab) ataupun taksi taksi lokal non aplikasi.



Sesuai dengan namanya ``Junkyard``, tempat ini memang berupa sebuah halaman yang berisi sampah rongsokan. Tapi karena ditata dengan apik, jadi tempat yang wokeeeee buat fotoan. Buka mulai jam 8 pagi sampai gelap, dengan tiket seharga 20ribu/orang.

Tidak sembarang sampah ya, di sini yang dipajang berbagai macam kendaraan klasik baik itu roda 2 , roda 3 maupun roda 4, dimana sebagian sepertinya sih masih bisa dinyalakan mesinnya, sedangkan yang lain bener bener rongsokan, berupa potongan potongan mobil, dan aksesorisnya, bahkan di bagian tengah ada body mobil jadul yang jadi spot air mancur.



Infonya, saat ini (Juni 2018) ada sekitar 14 mobil klasik di taman ini, ada dua mobil yang tertua yakni jenis Impala buatan tahun 1964 dan Dogde tahun 1957. Obyek wisata instagramable ini berdiri di tanah bengkok seluas 2.000 meter persegi milik Kepala Desa Wanurejo, dengan sistem bagi hasil pendapatan, yaitu 50 persen pengelola, 40 persen kepala desa dan 10 persen untuk BUMDes Wanurejo.



Oia saat di loket pembelian tiket khan aku sambil nenteng botol aqua, nah oleh petugas penjaganya, dilarang dibawa masuk, karena di dalam ada cafe nya. Yaudah akhirnya kutelan semua tuh air sebotol, heuheuheu, lalu kubuang botolnya...

Walaupun udah menabung sebotol air mineral di perut, ternyata sehabis fotoan, haus juga, maklum siang ini panasss banget, kurang pagi sih kita datengnya, kalau misal dateng jam 8 pagi, pas banget tuh... Akhirnya kita jajan juga deh di cafenya, sekalian ngemil ngemil hore


Di sebelah Junkyard ini ada tempat bernama Balkondes Wanurejo, yang isinya berupa gazebo gazebo dan bangunan beratap joglo. Tempat ini bisa dimanfaatkan pengunjung secara gratis, untuk duduk bersantai sambil istirahat. Bisa juga digunakan untuk acara formal seperti acara nikahan atau reunian, nah kalau yang ini sepertinya sih bayar ya.



Balkondes ini adalah singkatan dari Balai Ekonomi Desa. Di magelang ini ada beberapa balkondes di beberapa desa yang masing masing bekerjasama dengan BUMN, seperti bank bank dan Telkom, nah yang di Wanurejo ini bekerjasama dengan Bank BNI. Bagus juga sih ini konsepnya, memberdayakan tanah bengkok yang gersang ini menajdi tanah yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

***

Peta Lokasi Junkyard Autopark / Balkondes Wanurejo

.

Share:

6 comments:

  1. Aku baru tahu ada tempat seperti ini di Magelang
    Wanurejo itu banyak desa wisatanya loh mas. Banyak banget yang sepedaan naik pit ontel di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, ini desa wisata...
      mbiyen tahun 2012 pernah nonton Gelar Budaya Desa Wanurejo.. banyak yg naik pit ontel

      Delete
  2. Weeeeesssss... Kreatif banget yak!

    ReplyDelete
  3. Baru tau da tempat sprti ini.. Wajib ksini klo maen2 k Borobudur nih

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive