3 July 2018

Tengkleng Kambing Omah Sate Joglo

:: April 2018 ::
Di Hari Minggu pagi, saat kita enggak ada jadwal jalan jalan, pasti nongkong di depan tipi nonton acara makan makan, baik itu dari stasiun tivi, maupun dari youtube yang bisa kita tonton langsung di tipi, lewat indihome. Nah salah satu acara favorit kita adalah foodstory di Kompas TV yang tayang tiap Sabtu siang.

Nah karena kalau hari sabtu siang jarang nonton tipi, alhasil acara ini kita nonton nya di hari berikutnya, untung pake indihome ya, jadi bisa nonton acara 7 hari ke belakang, heuheuheu. Gak perlu takut kelewatan...

Makanan yang disantap Om Benu di foodstory salah satunya adalah tengkleng, sejenis masakan sup khas Solo yang berbahan dasar daging, jeroan, dan tulang kambing yang hampir mirip dengan masakan gulai kambing, hanya saja dengan kuah yang lebih encer. Meskipun penampakan nya cuma warna coklat gitu, tapi sumpah langsung bikin ngiler, apalagi emak nya Baby K yang lagi halim muda, langsung dah kepengen makan itu.

Sebagai seorang suami yang Siaga, alias Siap Antar Jaga. Aku pun searching tempat makan di sekitaran Kota Mataram yang jual menu tengkleng.


Untungnya ada aplikasi Gofood nya Gojek ya, carilah disitu dengan keyword ``tengkleng`` dan tataaaa, ketemu dong warung yang jual tengkleng, alhamdulilah ya ada, meskipun cuma satu warung. Tapi kita enggak pesen via aplikasi ya, aplikasinya cuma buat referensi aja, biar lebih mantap rasanya, kita langsung mendatangi lokasi warung tersebut.

Nama Warung nya adalah Omah Sate Joglo, yang berlokasi di Ruko Jalan Dakota, Rembiga, Mataram. tidak jauh dari Warung Ayam Geprek Mbok Wo yang udah moncer itu. (Sekarang udah pindah ke tempat yang lebih luas, yaitu di Jalan Adi Sucipto, samping nya Soto Yugisah)

Menempati 1 los ruko kecil berlantai 2, kita langsung disambut dengan dapur terbuka di bagian depan warung, disinilah para chef memasak menu menu pesanan.

Untuk menu yang disajikan tidak banyak, dan serba daging kambing :


Dari segi harga, enggak mahal lah ya, di sekitar Kota Mataram, satu porsi menu sate kambing memang segituan sih. Nah kalau di tempat kalian gimana gaes? Apakah lebih murah atau lebih mahal?

Menu yang kita pesan tentu saja sesuai hasrat ngidam ya, yaitu tengkleng. Enggak tanggung tanggung kita langsung pesen dua jenis tengkleng sekaligus, yaitu tengkleng kuah dan tengkleng kering/rica rica, persis dengan makanan yang dibahas di foodstory kompas tv. Nah untuk si kecil, aku pesenkan nasi goreng kambing, tapi yang gak pedes. Karena dia memang hobi banget makan nasi goreng.

Awalnya sempet was was nih gegara info dari acara makan makan tadi tuh, memasak daging tengkleng itu bisa sampai 2 jam, lha kan kita bisa ubanan dulu nih nungguin makanan mateng. Eh ternyata enggak, sepertinya daging nya sudah dimasak dulu sebelum nya, jadi pas dicampur bumbu tengkleng dan dimasak lagi, enggak sampai seperempat jam juga hidangan sudah tersaji dua dua nya, tinggal nunggu nasgor kambing aja yang dimasak belakangan.




Baru pertama kali nyobain tengkleng, wew ternyata enak ya... heuheuheu. Daging nya empuk dan gampang lepas dari tulang tulang nya, jadi gigi ini enggak perlu bekerja ekstra keras... Untuk yang berkuah, rasanya lebih gurih, sedangkan yang kering, cenderung ada rasa manis manis nya, dan keduanya sedikit pedas. Uenak mantap dah. Si kecil ternyata juga doyan ama nasi goreng kambing nya, seporsi ukuran dewasa pun hampir bisa ia habis kan.

Recommended !!!

Next time kayaknya aku bakal balik lagi kesini nih, mau nyobain sate kambing dan tongeng nya. Sepertinya sih uenak juga... Nah buat kalian yang penasaran juga, silakan langsung meluncur ke Omah Joglo, nih peta nya ada di bawah ini :



.
Share:

8 comments:

  1. pertama saya pikir ada di Jogja ato Solo
    setelah saya lihat maps, jln adisucipto, terus ada hotel pratama..

    saya bilang : BEBEROK, leq Lombok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heuheuheu, ternyata di lombok yaaaa

      Delete
  2. Biasanya kalau makan tengkleng itu enaknya ramai-ramai sambil nyusupin tulangnya ahahahahha. Gustiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, itu letak kenikmatan hakiki nya

      Delete
  3. Wah, jd penasaran nyobaik Tengkleng n Nasi Goreng Kambing

    ReplyDelete
  4. Enak ya di Mataram bisa gofood tengkleng juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa, tapi lebih enak makan di tempat sih

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive