2 August 2018

Ukiran Alami Batuan Sungai Bogowonto

Bogowonto memang gak bisa lepas dari kenangan masa kecil, dimana sungai ini menjadi salah satu tujuan tempat bermain bersama temen temen di waktu masih SD dulu. Mandi mandi, berendem, nyari ikan dengan serokan, dan nyari batu batu yang bentuknya unik, fokusnya sih maen maen seru seruan, apalagi jaman dulu belum pada punya kamera, jadi enggak terdistraksi untuk foto foto.

Beberapa puluh tahun enggak main ke sungai itu, ternyata sekarang lagi booming nih di media sosial, gegara ada satu spot di Sungai Bogowonto yang menawarkan pemandangan cantik berupa batuan dasar sungai yang berlapis lapis diukir alam. Apalagi sekarang ini musim kemarau, sehingga banyak menyisakan kolam kolam alami, hasil dari air yang terjebak di lobang lobang batu. Sangat cocok dah untuk foto-foto maupun ajang selfie dengan latar belakang ukiran batu alami eksotik nan indah menawan ini.

Ukiran batu alam yang terbentuk dari hasil gerusan aliran air sungai ini kira kira membentang sepanjang 1 kilometer. Letaknya berada sekitar 500 meter sebelah selatan Bendung Boro, bebatuan yang tersusun masih teraliri air dengan debit kecil, dan akan terlihat jelas saat musim kemarau saja, sedangkan saat musim penghujan, debit air meningkat, dasar sungai tidak kelihatan lagi.


Selain itu juga terdapat palung-palung kecil terisi air yang sepertinya dalem banget sih. Untuk menjangkau hingga ke lokasi ini gampang banget deh, arahkan kendaraan kalian ke Pangenrejo, lalu masuk ke gang di sebelah selatan Gereja Kristen Jawa Pangenrejo, di Jalan Brigjen Katamso Purworejo (dekat eks Rumah Sakit PKU Pangen). Ikutin aja jalan aspal kecil ini ke arah timur, sampai bertemu lapangan Ciluek, lalu melewati jembatan sungai kecil, lalu menurun sampai ke sebuah warung bernama Warung Bogowonto.



Nah di parkiran warung inilah kita bisa memarkirkan kendaraan (baik roda 2 maupun 4). Tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati objek wisata ini, cuma bayar parkir aja kok. Atau bisa juga sekalian makan siang di warung ini, heuheuheu

Dari warung ini, kita tinggal jalan kaki menuruni beberapa anak tangga menuju tepian sungai, dan arahkan perjalanan kalian ke kiri sekitar 100 meter, sampai deh ke lokasi menawan ini.


 Lokasi : Search aja di google maps ``Warung Bogowonto``
Share:

12 comments:

  1. Mas, kalau lagi musim kemarau kayaknya sungai ini digunakan untuk rafting ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. infonya ada juga rafting2an, cuman pas ksini kemarin gak ada tanda tanda nya, heuheuheu

      Delete
  2. Widih! Bentuk batunya unik banget. Jarang liat yang begitu, instagramable ya mba hehe
    Nggak kebayang serunya kayak apa nyari ikan di batu-batuan sungai. Apalagi bareng sepupu dan ponakan yang masih kecil-kecil :)

    ReplyDelete
  3. Kalau dikampung saya, palung-palung kecil itu jadi tempat mandi. Saya juga suka menelusuri jejak masa kecil. Mengingat betapa indahnya, waktu masih kanak-kanak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin anak anak jaman sekarang udah gak suka mandi di sungai lagi, heuheuheu

      Delete
  4. Keren betul bentukan alami aliran air sungai ini ..., penasaran pengin kesana.
    Mumpung belum musim hujan...heuheuheu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo, kalau musim hujan, gak kelihatan nih, kerendem aer

      Delete
  5. Tak kira lewat e yang gang mau ke Bendung Boro itu mas. Ternyata beda gang, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, lewatnya gang gereja pangenrejo

      Delete
  6. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete
  7. Barunya unik dan ada lobang2 gitu yaa ,, jarang2 ini mah yg kayak begini

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive