7 August 2018

Serunya Main Kano di Pantai Nipah


Pantai Nipah adalah salah satu pantai favoritku untuk menghabiskan liburan, lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Mataram, tepatnya di Dusun Nipah, Desa Melaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, dekat dengan proyek megah Amarsvati di Pantai Malimbu.

Untuk menuju ke pantai ini tidaklah susah, karena jalur dari kota mataram cuma satu, dan sudah mulus plus lebar, cuma ya itu, di beberapa titik terdapat tanjakan, turunan dan belokan tajam. Jadi pastikan saja kendaraan yang dipakai dalam kondisi prima.



Aku pernah merasakan sepi nya pantai ini, tapi itu beberapa tahun yang lalu, sedangkan sekarang sudah super ramai, dari ujung ke ujung dipenuhi oleh penjaja kuliner ikan bakar.

Pemandangan cantik pantai nipah ini juga bisa kita nikmati dari Bukit Nipah, dari atas sini terlihat Gradasi air laut yang memesona membuat betah di bukit ini karena sangat memanjakan mata, pas dah buat selfie selfie.

Tapi bila ingin basah basahan, ya berarti harus turun ke pantai nya. Tiket masuknya murah lho, cuma 5rb/mobil (berapapun isi orangnya), uang 5 ribu ini dibayar saat kita keluar dari area pantai ini. Tidak ada kertas tiket nya, kita langsung membayarkan nya ke tukang parkir.



Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di pantai nipah ini, salah satunya adalah bermain kano. Ada beberapa orang yang menyewakan kano, dengan beberapa warna dan nomor tertentu di samping kano. Kita menyewa dua kano, lengkap dengan dayung nya, berhubung kita ada banyak orang, kita harus bergantian menggunakan kano ini.

Jujur aja meskipun udah bertahun tahun di Lombok, ini pertama kalinya aku main kano, heuheuheu. Eh ternyata seru juga ya, cocok banget di pantai nipah yang ombaknya bersahabat ini, tinggal dayung dayung bentar, agak ke tengah, dan tinggal nikmati syahdunya pantai ini. Kita enggak perlu takut kano nya akan terbawa arus ke tengah atau kemana mana, karena tenang banget air nya.



Saat pergantian kano, aku manfaatkan untuk snorkling di sekitar pantai nipah ini. Jangan kawatir lupa bawa atau memang enggak punya alat snorkling nya, karena di sini banyak juga yang menyewakan alat nya. Kita menyewa 2 kano plus 3 alat snorkling, membayar 100ribu, alat ini bisa kita pakai seharian lho, tapi ya gak mungkin seharian juga sih, bisa gosong kita seharian main kano dan snorkling.

Terumbu karang di sini memang masih ada yang hidup dengan baik, tapi cuma di beberapa titik aja, tapi untungnya air nya bersih dan bening banget, jarak pandangnya bagus. Ikan ikan ada beberapa yang kulihat, seperti kerapu, cucut dan ikan ikan karang, oia aku juga melihat makhluk panjang goler goler berwarna putih di sekitar karang, entah itu ular atau belut laut, udah serem duluan.. Heuheuheu



Badan lelah, perutpun lapar. Untungnya tadi sebelum kita main main air sudah pesan ikan bakar, cumi bakar, plecing kangkung, sambal terong, nasi putih dan tentu saja kelapa muda, heuheuheu. Jadinya pas perut udah lapar, langsung bisa diisi....

Fasilitas disini juga bisa dibilang lumayan lengkap, ada tempat bilas, tempat ganti baju, ada berugak untuk sholat, kalau enggak bawa alat sholat nya, bisa pinjem di berugak ini, sinyal Telkomsel juga kenceng... Recommended dah buat piknik piknik hore,,,



Share:

11 comments:

  1. Mas, sekeluarga aman toh? Turut berduka atas gempa di NTB mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah aman... cuman masih Was Was aja, karena banyak susulan...
      Sehari aja bisa puluhan kali

      Delete
    2. Alhamdulillah mas, tetap waspada nggeh. Semoga lekas berlalu dan bisa kembali bangkit membangun NTB.

      Delete
    3. Adik2 kami yg tinggal di Lombok juga blg gempa susulan yg masih sering, sampai takut tidur di dalam rumah.

      Delete
  2. Baru tau di Nipah ada penyewaan kano hehehe

    ReplyDelete
  3. Asyik juga ya bisa naik kano. Bisa dicoba nih kalo ke Lombok lagi.

    ReplyDelete
  4. Asik ya piknikan kek gini.... aah... jadi kangen Aceh gua.....

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive