16 October 2018

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Harga Sewa Mobil


Menyewa mobil menjadi salah satu alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat terutama Indonesia untuk bepergian. Meskipun harus mengeluarkan budget yang tidak murah, namun menyewa mobil bisa dibilang pilihan yang tepat untuk kebutuhan transportasi keluarga. Biasanya menyewa mobil dilakukan bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi namun malas menggunakan angkutan umum. Saat ini juga telah banyak perusahaan yang menawarkan jasa sewa mobil untuk mudik maupun untuk sekedar berlibur. Mobil yang ditawarkan pun juga beragam. Mulai dari mobil dengan ukuran sedang hingga yang berukuran besar untuk memuat banyak orang. Untuk keperluan mudik, biasanya yang paling banyak dicari adalah mobil dengan kapasitas besar karena biasanya saat mudik orang-orang akan membawa banyak barang utnuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung dengan mobil yang digunakan serta waktu sewa mobil. Untuk para konsumen yang ingin menyewa mobil, sebaiknya tidak tergoda dengan perusahaan yang menawarkan harga murah. Konsumen juga harus lebih pintar dalam memperhatikan nilai yang didapatkan dari perusahaan yang akan menjadi tempat sewa mobil. Terutama yang harus diperhatikan yaitu keamanan, keselamatan, serta kenyamanan dari kendaraan yang akan disewa. 

Harga sewa mobil biasanya ditentukan oleh beberapa hal seperti jenis mobil, lama penggunaan mobil, serta waktu. Setiap jenis mobil memiliki harga sewa yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah muatan yang dapat ditampung oleh mobil tersebut. Biasanya semakin besar mobil, maka harganya juga semakin tinggi. Beberapa jenis mobil yang ditawarkan antara lain Avanza, Xenia, Livina, Innova, dan lain-lain. Biasanya untuk jenis mobil Innova dibanderol dengan harga Rp 400 ribu per harinya. Harga ini akan berbeda apabila yang digunakan jenis mobil Innova dengan ukuran yang lebih besar, yaitu ditawarkan dengan harga Rp 1 juta per hari. Sedangkan untuk jenis mobil Avanza dihargai Rp 350 ribu per hari. Sedangkan untuk jenis mobil city car seperti Ayla, Brio, dan Agya ditawarkan dengan harga Rp 250 ribu per hari. Selain dihargai per hari, jasa sewa mobil juga menawarkan harga paketan, mingguan maupun bulanan. Seperti untuk mobil jenis Avanza atau sejenis MPV, untuk paket 10 hari dibanderol dengan harga Rp 5 juta. Tersedia juga paket lain yaitu untuk mobil jenis Innova ditawarkan dengan harga Rp 7 juta untuk 10 hari. Tarif ini sama untuk jenis mobil Avanza. Harga yang ditawarkan tersebut belum termasuk ongkos supir maupun bensin.

Konsumen juga harus memperhatikan waktu untuk menyewa mobil. Hal ini dikarenakan sewa mobil pada hari biasa harganya akan jauh berbeda ketika harga sewa mobil pada saat lebaran. Tentu saja sewa mobil pada saat lebaran harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan pada hari biasa. Hal ini disebabkan pada hari lebaran banyak orang yang menyewa mobil sehingga jumlah mobil menjadi semakin langka. Biasanya harga yang ditawarkan saat lebaran naik dua kali lipat dibandingkan pada saat hari biasa. Begitu juga untuk ongkos supir maupun bensin juga mengalami kenaikan pada saat lebaran. Jika di hari biasa ongkos supir ditawarkan dengan harga Rp 150 ribu per hari, maka pada saat lebaran ongkos supir bisa menjadi Rp 250 ribu per hari. Tariff yang ditawarkan tersebut belum termasuk ongkos untuk makan supir yang tentunya juga harus ditanggung oleh para konsumen. 

Share:

Blog Archive