2 March 2019

Festival Sarung dan Musik NTT 2019

Sarung dan tenun ikat merupakan salah satu produk kebudayaan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk lebih memperkenalkan warisan budaya ini, digelarlah Festival Sarung dan Musik NTT di Kota Kupang, NTT, Hari Sabtu, tanggal 2 Maret 2019. Tepatnya di Jalan El Tari, yang memang di setiap Sabtu Pagi, sepanjang jalan ini dimanfaatkan untuk event Car Free Day (CFD).


Dalam acara yang diprakarsai oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah NTT, Julie Sutrisno Laiskodat (Istri Gubernur NTT), ditampilkan tenun ikat hasil kreasi perempuan di seluruh pelosok Flobamora, yakni Pulau Flores, Sumba, Timor dan Alor. Tujuannya sih untuk mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya penenun, juga untuk membangkitkan kebanggaan di kalangan generasi muda dan kaum milenial terhadap kain sarung NTT.

Festival yang digelar di ajang bebas kendaraan (CFD) mulai pukul 06.00 - 10.00 WITA ini diikuti sekitar 10.000 peserta. Acara juga dimeriahkan oleh 1.800 pelajar yang membawakan tarian masal daerah, seperti Gawi, Dolo-dolo Jai dan Tebe. Yang unik dari acara ini, peserta diwajibkan berbusana kaus putih dan sarung bahan tenun ikat asli NTT.


Peserta akan dibagi ke empat lokasi di sepanjang Jalan El Tari dengan perincian, sebanyak 4.975 peserta di Depan Gedung Sasando Kantor Gubenur, lalu 1.685 peserta di depan Pengadilan Tinggi NTT, sebanyak 2.100 peserta di depan rumah jabatan Gubernur NTT, dan sebanyak 2.120 peserta di depan rumah jabatan Kejati NTT. Di setiap lokasi akan digelar berbagai hiburan. 

Selain musik dan tarian, festival ini juga menampilkan makanan-makanan khas yang berbasis kelor, ada Teh Kelor, Perkedel Kelor, Bakso Kelor, Pentol Kelor, Es Krim Kelor, Es Buah Kelor, Coklat Kelor dll.

Dari keempat lokasi yang ada di sepanjang jalan el tari, aku memilih yang di depan rumah jabatan Gubernur NTT, karena di spot ini ada Fashion Show berbagai kain khas NTT yang diperagakan oleh model model aduhai NTT seperti Jenni, Rivani, Putri Tanjung, Breldy, Esther dll










Aku harap sih acara ini bisa jadi acara tahunan ya di Kupang, sumpah rame banget, seruuu, beda banget ama CFD biasanya yang kurang menggeliat.
Share:

4 comments:

  1. Menarik ini mas hahahahhaa
    liat konsep pakaiannya, jadi malah bisa coba bikin pakaian seperti beberapa sampel di foto (bagi cewek)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya , baru pertama digelar di kupang nih
      semoga jadi event tahunan...

      Delete
  2. Temen2 Genpi NTT ada gak yg hadir ??. Keren acaranya

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Blog Archive