1 July 2019

Inspicoffee : Kedai Kopi di Teras Rumah


Kopi Suroloyo? Kopi ini mungkin sudah terkenal di Jawa, tapi berhubung aku tinggal di Lombok, kopi ini masih terdengar asing, nyicipin aja belum pernah. Aku mengenal kopi ini saat mengunjungi saudara di daerah Wates, Kulonprogo.

Kebun kopi Suroloyo ini berada di sekitar Puncak Suroloyo, Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Infonya sih, dulu warga di daerah ini membudidayakan teh, banyak kebun teh di sini, tapi karena kurang berhasil, akhirnya coba coba beralih ke kopi, eh ternyata respon nya lebih bagus dari Teh.

Nah Saudaraku tadi itu (sebut saja om Fajar), kebetulan lagi iseng coba coba buka kedai kopi nih, uniknya bukan di ruko ruko pusat keramaian, melainkan di halaman rumahnya sendiri, di daerah Bendungan, Wates, Kulonprogo, yang jauh dari hiruk pikuk kota besar.


Ceritanya sih, enggak bercita cita bikin kedai kopi... Bahkan sebelumnya cuma suka kopi sachetan, tapi setelah beberapa kali ke kedai kopi, eh dia ketagihan juga ama kopi yang bener bener kopi. Berhubung dia masih menuntut ilmu dan merasa bahwa menikmati kopi di kedai kopi sangat menyita waktu, akhirnya diputuskan membeli alatnya sendiri, mulai dari alat penggiling, gelas gelas, penyaring, timbangan, panci untuk merebus air yang ada termometernya, dan termasuk biji kopi nya.

Temen temen nya pun disuruh nyobain kopi hasil racikannya, eh ternyata pada suka donk. Nah berkat dorongan dari temen temennya itulah dia pun akhirnya buka kedai kopi sendiri di depan rumahnya dengan nama INSPICOFFEE.

Segelas Kopi Palintang

Enggak ada meja kursi instagramable, enggak ada wifi, enggak ada pernak pernik cantik untuk difoto di kedai kopi Inspicoffee ini, heuheuheu. Justru inilah yang bikin beda dari kedai kopi lain, oia satu lagi, hari dan jam buka nya pun gak tentu, gak setiap hari buka, dan cuma malam aja sampai dini hari, dimana info buka nya ini selalu ia share di Instagram nya di siang hari. 

Aku sendiri sudah beberapa kali mampir ke Inspicoffe ini dan biji kopi yang tersedia pun tidak selalu sama, saat aku kesana untuk yang kesekian kali nya aku menanyakan tentang Kopi Suroloyo, eh ternyata enggak ada, ya sudah akhirnya aku order aja yang kopi Palintang yang merupakan kopi yang berasal dari Kabupaten Bandung, karena aku baru pertama kali denger tentang biji kopi ini, akhirnya aku order deh.

Karena tidak ada meja kursi ala ala cafe, dia menggelar beberapa tikar di halaman rumput rumah nya, atau bisa juga duduk duduk di teras rumah. Teras rumah yang beratap ini juga menjadi penyelamat saat gerimis atau hujan yang tiba tiba datang, heuheuheu. Berhubung tikar tikar yang digelar sudah dipenuhi pengunjung, aku pun memilih duduk di teras saja. 


Tidak ada free wifi, yuph sang pemilik memang sengaja tidak memasang Wifi di sini, tapi disediakan satu rak buku yang bisa dibaca baca, gratis. Serta iringan musik indie yang mengalun syahdu semacam payung teduh dan fourtwenty.

Awalnya dulu kedai kopi ini bener bener cuma menyediakan kopi lho, enggak ada makanan nya, tapi sekarang udah ada kemajuan dikit, menyediakan juga mie rebus, yuhuuu jadi sekarang menu nya resmi ada dua, kopi dan mie rebus. Tapi harap sabar ya, di sini dia cuma bekerja sendiri, enggak ada pegawai , jadi yang bikin kopi dan mie rebus itu ya dia, harap maklum kalau lama mie rebus nya jadi, heuheuheu.

Gimana? tertarik mencoba kopi di Inspicoffe? Silakan datang langsung ke kedai nya, untuk lokasinya sudah ada di google maps, tinggal klik :)



.

Share:

5 comments:

  1. Ini cocok untuk menghabiskan waktu ngopi sambil baca buku. Liat koleksi bukunya, pemilik termasuk tahu buku-buku yang sedang populer. Yang bikin aku suka itu ada lesehannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener dah, nyaman buat bersantai. sampe bisa lupa waktu, tiba tiba udah tengah malam. heuheuheu

      Delete
  2. Memang Kopi menjadi sebuah komoditi yang sedang naik daun, Dikarenakan masyarakat indonesia yang senang berkumpul bersama teman dan keluarga. Cetak Brosur Murah Jakarta

    ReplyDelete
  3. Waah.. Cerita yg menginspirasi skali. Di Lombok udh da blum ya sperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tahu ya, side wah sak keliling, cari info
      heuheuheu

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive