21 July 2019

Pantai Sulamanda : Sudah Lama Menanti Anda

Mata Air adalah sebuah nama desa di kecamatan kupang tengah, kabupaten kupang. Nah di desa Mata Air ini ada sebuah pantai bernama Sulamanda yang jalan masuknya berada persis di ujung timur Jembatan Tarus, tidak jauh dari perbatasan Kota Kupang dan Kab Kupang (lihat peta di bawah).


Aku bisa sampai ke pantai ini sebenernya tanpa rencana, waktu itu saat pulang dari jalan jalan ke Gunung Fatuleu rasanya nanggung kalau langsung pulang ke rumah, karena waktunya pas nih buat sekedar leyeh leyeh sunsetan di pantai. Nah dalam perjalanan dari Gunung Fatuleu ke rumah inilah kita mampir ke Pantai Sulamanda.

Dari jalan Timor Raya, kita harus melewati jalan sempit sejauh 1.5 km menuju pantainya, jalur ini bener bener sempit deh, cuma cukup untuk 1 mobil, keadaan bisa kacau bila kita papasan dengan sesama mobil dari arah berlawanan, lha papasan mobil ama motor aja udah ngepas banget. Tapi alhamdulilah pas kita lewat jalur sempit yang membelah sawah ini enggak menemui kendala yang berarti, lancar jaya sampai pantainya.

Sesaat sebelum sampai pantainya, terdapat semacam kolam dari aliran sungai kecil yang dipenuhi warga setempat yang lagi memancing, sepertinya sih banyak ikannya di sini, lha rame cui.


Tulisan besar SULAMANDA menyambut kita saat sampai pantainya, enggak ada tiket masuk atau biaya parkirnya lho, alias gratis. Entah ini memang gratis atau karena lagi beruntung aja enggak ada penjaga nya ya. Heuheuheu.


Sore ini pantai lumayan rame, ada sekitar 4 mobil dan puluhan sepeda motor yang terparkir di sepanjang pantai Sulamanda ini. Dari segi fasilitas, sebenernya pantai ini lumayan lengkap lho, ada toilet umum, tempat duduk, tempat sampah dan warung warungnya. Enggak heran sih kalau pantai ini rame, padahal kalau dilihat dari segi kecantikan pantai, pantai ini biasa aja. Apalagi langit lagi berawan penuh, enggak bisa menikmati sunset, tapi tetep rame lho.


Dengan mengambil spot parkir di bawah pohon, aku ajak si kecil buat main pasir menggunakan mainan mobil mobilan yang memang selalu stand by di dalam mobil. Seneng dia main pasir, udah lama gak main pasir, apalagi setelah kemarin jalan jalan ke Pantai Kolbano yang enggak ada pasir nya. Sedangkan emaknya dan si paling kecil duduk santai di dalam mobil.


FYI, Pantai Sulamanda ini adalah obyek wisata pantai yang baru dibuka untuk umum sejak tahun 2017 lewat pengelolaan Bumdes Desa Mata Air. Nama Sulamanda sendiri adalah kepanjangan dari “Sudah Lama Menanti Anda” yang diberikan oleh Bapak Benyamin Kanuk, Kades Mata Air periode tahun 2017-2023.


Namun sebenarnya perintis awal yang membuka obyek wisata pantai Sulamanda sendiri adalah mantan Kades Mata Air periode 2011-2017, Bapak Obi Klau, namun tidak dilanjutkan pengelolaannya karena berakhir masa jabatannya pada 2017. Saat dirinya menjabat Kades menggantikan Obi Klau, Beny Kanuk melihat bahwa potensi wisata alam wilayah pantai di pantai ini sangat unik, karena memiliki dua obyek sekaligus yaitu persawahan dan pantai.


Sehingga untuk melanjutkan membuka obyek wisata pantai ini dirinya menggali gagasan dari dusun. Dan dari penggalian ide ini disepakatilah beberapa hal, yang pertama adalah mengubah nama jalan masuk lokasi pantai dari nama sebelumnya “Jln.Usaha Tani” diubah menjadi “Jalan Pariwisata”. Kedua adalah mengubah nama pantai sebelumnya Pantai Perawan menjadi Pantai Sulamanda yang memiliki arti “Sudah Lama Menanti (J)Anda.” Dengan menggunakan dana Bumdes maka tahun 2017 dan 2018 dibangunlah fasilitas tahap pertama dengan anggaran Rp.200 juta yaitu 2 lopo, 2 lapak dan 1 prewedding spot serta kolam pemancingan.


Memang mantap dah program Dana Desa dari pemerintah ini, di tangan kepala desa yang tepat, Dana Desa bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan desa setempat.

Nah setelah puas main main, kita pun bersih bersih dan bilas kaki tangan di air lautnya, lalu lanjut pulang tanpa menunggu matahari terbenam, karena memang enggak kelihatan mataharinya, Heuheuheu.



***

Peta Lokasi Pantai Sulamanda di Desa Mata Air, Kupang

.


Share:

6 comments:

  1. ternyata banyak jg pantai2 kece di Pulau Timor yaak...kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pantai biasa aja, yang kece kece jauh jauh dari rumah
      heuheuheu

      Delete
  2. Hahahahah,aku suka dengan kepanjangan pantai Sulamanda. Pas banget dan bagus :-D
    Semoga tempat sampah di pantai benar-benar berfungsi, para pengunjung membuang sampah pada tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku malah alay namanya , haha
      aamiin, semoga

      Delete
  3. Jadi bisa dibilang kalau Sulamanda itu sebuah akronim ya mas ya? Keren eow, semoga dengan kata kunci Sulamanda benar-benar banyak orang penasaran dengan pantai ini,,,,, Mantab!

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive