23 March 2020

Inilah 6 Taman Hits di Kota Kupang

Enggak terasa sudah lebih dari setahun aja nih berdomisili di Kota Kupang, NTT merasakan gimana super panasnya disini dan merasakan pula derasnya hujan disini, dan meskipun kota kupang ini banyak disebut juga sebagai kota karang, ibukota Propinsi NTT ini banyak taman nya lho. 

Setahun disini kiranya udah cukup lah ya untuk buat postingan mengenai list taman di kota kupang, dan nanti ke depannya ku bakal bikin pula list list lain seperti pantai, warung/cafe, air terjun dan lainnya. Nah yang pertama, kita bahas mengenai taman dulu ya, berikut adalah List Taman Hits di Kota Kupang yang sering dipakai nongkrong anak muda di sini

1. Taman Nostalgia
Diantara sekian banyak taman di Kota Kupang, taman nostalgia ini adalah taman yang paling populer dan paling luas. Lokasinya berada di jalan Frans Seda Kupang, tidak jauh dari Lippo Plaza Kupang. Taman nostalgia ini diresmikan pada tanggal 8 Februari 2011 oleh Bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Awalnya dibangun sebagai tempat untuk meletakkan Monumen Gong Perdamaian Nusantara (GPN) Kota Kupang. Fasilitas di Taman Nostalgia bisa dibilang lengkap, parkir kendaraan luas baik di sisi Jalan Frans Seda maupun di sisi dalam yaitu di jalan oematan. 



Untuk masalah perut tidak usah khawatir, di sisi jalan oematan berjajar banyak penjaja makanan mulai dari yang warung kecil sampai ke restoran, yang paling tenar sih Salome ya. Di dekat Gong Perdamaian terdapat area lapang yang biasanya digunakan untuk konser musik atau event lain. Buat kalian yang hobi lari, di sekeliling taman ini terdapat joging track lho, dan buat yang punya anak kecil, cocok dah ngajak anak kesini karena terdapat beberapa mainan seperti yang ada di Taman Kanak Kanak, gratis untuk umum.


2. Taman Adipura
Taman ini adalah taman pertama yang pasti dijumpai oleh pendatang/wisatawan yang datang ke kupang melalui jalur udara, karena taman adipura ini berlokasi di pertigaan jalan menuju Bandara El Tari Kupang.  Dahulu sih tempat ini cuma merupakan tugu adipura, namun di akhir tahun 2019 dipercantik dan diubah namanya menjadi Taman Adipura. Tidak luas, cuma satu bundaran di tengah pertigaan yang di tengahnya terdapat tugu adipura, dibangun pada tahun 1995 untuk mengenang Kota Administratif Kupang yang saat itu meraih piala Adipura. FYI, Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. 

Di bagian bawah tugu adipura ini ada kolam kecil yang saat kulihat sih enggak ada ikannya (atau belum ada mungkin ya) dan di sekelilingya terdapat tanaman dan bunga bunga, biasanya taman ini dijadikan tempat istirahat untuk orang orang yang melakukan olahraga lari.



3. Taman Patung Kasih / Tugu Merpati
Tidak jauh dari Taman Adipura dan masih di jalur menuju bandara, tepatnya di perempatan/persimpangan Bandara dan Universitas Nusa Cendana (Undana) terdapat sebuah taman kecil yang ukurannya sedikit lebih besar dari taman adipura. Dahulu sih tempat ini bernama atau dikenal dengan nama tugu merpati karena di tengah bundaran ini terdapat tugu yang berbentuk dua telapak tangan manusia yang di atasnya terdapat burung merpati putih, nah setelah direnovasi oleh pemkot kupang pada  akhir tahun 2019, tempat ini berubah menjadi Taman Patung Kasih dengan penambahan Tulisan Uisneno Nokan Kit yang berarti Tuhan Memberkati Kita dan ada pula patung berbentuk orang di sekelilingnya berjumlah 6 biji, yang maknanya terdapat enam suku besar di NTT yakni Sabu, Rote, Alor, Sumba, Flores dan Timor.



Lokasi Patung Kasih : https://goo.gl/maps/mcwXFR2YtJvvVGX68

4. Taman Bundaran PU / Tirosa
Masih di jalur bandara, ada 1 bundaran besar yang sangat terkenal di Kota Kupang, namanya Bundaran Patung Tirosa atau orang awam lebih mengenalnya dengan nama Bundaran PU karena lokasinya ada di dekat Kantor PU. Tirosa sendiri adalah singkatan dari Timor Rote Sabu yang menjadikan monumen ini sebagai pengingat persatuan tiga wilayah yang membentuk Kabupaten Kupang tempo dahulu (Kupang di Timor, Pulau Rote, dan Pulau Sabu)

Nah di tengah bundaran ini terdapat Sosok patung yang merupakan tokoh dari tiga wilayah tersebut yakni Prof. Dr. Herman Johannes (Rote) yang sedang memegang obor, El Tari (Sabu) gubernur pertama NTT yang memegang anakan, dan Hendrik Arnold Koroh (Kupang) yang memegang cangkul. 

Selain taman utama di bagian tengah bundaran, terdapat 6 titik taman di sekitar Patung Tirosa yang lengkap dengan tempat sampah di tiap titik tersebut. Taman ini selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan setiap pukul 04.00 WITA. Saat siang taman disini jarang dipakai nongkrong, hanya kendaraan aja yang ramai berlalu lalang di sekitar bundaran ini. Tapi saat menjelang senja, sampai malam taman ini banyak dipakai nongkrong, terutama di sisi depan Hypermart


Lokasi Bundaran Patung Tirosa : https://goo.gl/maps/NvLVMtrEHW6tbc6U7

5. Taman Patung Sonbai
Sebenernya ini belum bisa dibilang taman yang nyaman buat nongkrong sih karena cuma ada patung yang akhir 2019 lalu dipercantik dengan beberapa bentuk arsitektur kekinian.

Patung tersebut merupakan sebuah patung equestrian yang berdiri di atas landasan berbentuk nyaris kubus. Letaknya di Kelurahan Bonipoi, tepat di antara Perpustakaan Daerah NTT dan Gereja Kristus Raja Katedral Kupang. Taman Patung Sonbai merupakan ikon yang menampilkan seorang pahlawan kebanggan masyarakat NTT dari suku Timor yang sebelumnya terlihat tidak terurus selama bertahun-tahun. Selain itu, penataan lampu dibuat sedemikian rupa dari ukuran yang kecil ke ukuran yang besar Hendak melukiskan arti perjuangan Sonbai dari hal-hal kecil, sedikit demi sedikit sampe besar dan menjadi seorang Pahlawan. 

Spot di sekitar taman ini terutama di depan  Bank Mandiri bakal super ramai saat musim ramadhan tiba karena menjadi salah satu spot yang menjajakan kuliner berbuka puasa, alias tempat ngabuburit.


Lokasi Taman Patung Sonbai : https://goo.gl/maps/ZBqXPgdptRKFsjZx6

6.  Taman Ina Bo'i 
Dahulunya taman yang berada di persimpangan Jalan Veteran - Kartini ini sangat tidak terurus tertutup rerimbunan pohon dan ilalang, namun di tahun 2019 kemarin, dengan anggaran 4,9 M mulai dipercantik dengan pemasangan beberapa patung,  tempat duduk, lampu lampu dan penataan pohon.

Untuk patung utamanya yang berbahan dasar kuningan, dikerjakan oleh seniman asal Jogja yaitu Amboro Lireng yang memang sudah tersohor di dunia seni rupa. Dalam patung tersebut terdapat 3 komponen yaitu Patung Sasando berukuran besar (6 meter), patung sasando kecil (2 meter) dan patung perempuan tinggi 3 meter yang sedang duduk bermain sasando kecil.

Selain itu dibangun juga enam patung wanita, dimana yang 3 itu dari suku rote dan 3 nya lagi dari suku sabu yang sedang menari.


 Lokasi Taman Ina Bo'i : https://goo.gl/maps/ryQm7ieK4LArzkqK7

Share:

4 comments:

  1. Kepikiran kamu mas memotret dan memosting tiap taman di sekitarmu.
    Memang sih, orang kalau dengar kata NTT pikirannya lebih ke pantai, malah jarang yang mengulas taman atau monumen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena akhir tahun 2019, pemda sini lagi jor jor-an merehab banyak taman

      Delete
  2. Waaaa aku kalah.. dari dulu kala kepikiran buat nulis taman-taman di Kota Kupang atau kulineran seputar Kota Kupang tapi gak pernah kesampaian, malah ada yang duluin hikkks... (angkat ransel pindah tempat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampun suhu,,,,,, heuheuheu
      next pengen nulis juga tentang kuliner2 khas nya, tp belum kesampaian juga

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive