6 July 2020

Pantai Air Dao - Pantai Favorit di Kupang

Kota dan Kabupaten Kupang di Pulau Timor ini memang dikaruniai banyak pantai yang cantik, baik itu yang sudah terkenal, sudah tertata baik maupun yang tersembunyi, selain Pantai Baliana, ada satu lagi pantai tersembunyi di kupang yang jadi favoritku, orang sekitar menyebutnya dengan nama Pantai Air Dao.

pantai air dao kupang

Aku tahu pantai ini dari hashtag #explorekupang di instagram, dari foto yang diposting oleh salah satu traveller kupang tersebut, aku langsung naksir ama pantai ini karena fotogenik banget, kombinasi cantik antara pasir, tebing batu dan senja.

Aku bilang pantai ini tersembunyi karena pada saat aku lihat pantai ini pertama kali, belum ada info yang valid mengenai lokasi persis pantai ini, sang pengunggah foto pun enggan memberi petunjuk jalan menuju kesana, cuma meberi clue bahwa lokasinya ada di daerah bolok, dekat pelabuhan tenau. Berburu info di google maps pun hasilnya nihil (pada waktu itu).


Hingga akhirnya beberapa waktu lalu (setahun berlalu) aku secara enggak sengaja nemu vlog seseorang di youtube yang lagi jalan jalan ke Pantai Air Dao ini, lengkap dengan petunjuk tempat parkir kendaraan dan jalan masuknya. Aku sangat sangat mengucapkan terima kasih untuk beliau yang sudah secara jelas menjelaskannya, nah teman teman bisa lihat videonya di sini.

Ternyata jalan masuk pantai air dao ini mudah banget ditemukan meski tanpa plang nama, dan aku pun sering banget lewat jalan raya di depan ini, heuheuheu. Petunjuk/ancer ancer Lokasi Pantai Air Dao adalah persimpangan/pertigaan Jalan Yos Sudarso Bolok dengan Jalan/Jalur 40.


Nah di ujung pertigaan itu ada semacam bangunan kios atau warung mungkin ya, enggak tahu juga karena pas aku sampai sini, warung itu tutup. Bangunan ini bukan bangunan permanen, melainkan hanya dari kayu. Nah jalan masuk ke pantai air dao ada di sebelah kios ini.

Ada dua jalur yang bisa kita pilih, di kiri kios (dari arah jalan raya) jalurnya lebih pendek namun lebih curam, sedangkan di kanan kios jalurnya lebih landai namun lebih panjang, tapi enggak panjang panjang amat kok, cuman sekitar 200 meter aja dari jalan raya, dan kita akan langsung sampai ke pantainya dengan menuruni beberapa anak tangga di tepian pantainya. Tentu saja aku pilih jalur yang kanan donk ya, heuheuheu karena bawa 2 anak, serem sih kalau lewat jalur yang pendek tapi curam.


Aku menyarankan datang kesini sih pas sore hari ya, pas laut lagi surut, karena kalau datang pas air pasang, kita cuman bisa melihat dari atas aja, enggak bisa turun ke pantainya.

Saat sampai di pantainya, pasir putih bersih menyambut kita, agak ke tengah dikit pasir putih tertutup oleh rumput rumput hijau (bukan rumput laut agar agar ya), nah diantara dedaunan hijau itu banyak kubangan yang dipenuhi biota laut yang terjebak karena air surut, sejauh yang kulihat dan yang bisa kuidentifikasi sih ada kerang, keong, kaliomang, kepiting, bintang laut, ikan kecil, bulu babi, terumbu karang dan teripang. Dengan banyaknya biota laut seperti ini, menandakan pantai ini masih sehat walafiat.


Dari sini , kita berjalan ke arah kanan, mencari spot spot foto, siapa tau ada yang lebih oke. Dalam perjalanan ini kulihat banyak orang di arah tengah laut, jauh dari garis pantai awal, sambil membungkuk bungkuk membawa kayu dan ember, kayaknya sih lagi berburu kerang atau semacamnya.



Setelah puas foto foto, kita pun kembali ke parkiran, menyusuri jalan setapak tadi, dengan kanan kiri rerumputan dan pohon, untung masih ada sedikit cahaya, coba kalau agak maleman dikit, pasti udah gelap banget ini jalan setapak.


Peta Lokasi Pantai Air Dao, Bolok, Kupang, NTT

 


Share:

3 comments:

  1. Hehehehhe, blusukanmu menyenangkan mas. Jadi pas ke sini mirip pantai pribadi, kalau pas senja bagus. Motret tanpa ada halangan orang berlalu-lalang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gara gara corona nih, blusukan ke pantai yang sepi... heuheuheu

      Delete
  2. Yah aku tempat ini dan aku lupa pernah menuliskannya atau belum.. ini dipinggir jalan tapi tidak tampak dari jalan karena tertutup pepohonan..

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive