2 November 2020

Terpanggang Panasnya Gurun Pasir Oetune

 
Setahun lalu, kita berempat pernah menginjakkan kaki ke Pantai Oetune, namun karena si bungsu waktu itu belum bisa jalan, kita pun cuma sampai di parkirannya aja, dan foto foto di sekitar situ, karena untuk sampai ke spot utama yaitu gurun pasir memang membutuhkan usaha ekstra, apalagi di siang bolong, puanaaas gaes. 
 
Nah di Bulan Agustus 2020 ini aku berkesempatan untuk mengunjungi lagi Pantai Oetune yang sudah kesohor karena spot gurun pasirnya.

Sebenernya sih cocoknya ini pantai didatengin pagi pas sunrise, tapi apa daya, kita ada 2 anak kecil, susah dah kalau mau datang pagi, kecuali di sekitar sini ada hotel ya. Ya sudah akhirnya kita pun nyampai Pantai Oetune ini siang lagi, pas panas panasnya.

 
Setelah melewati pintu gerbang yang dijaga petugas, kita pun mencari tempat parkir, kucoba untuk mencari tempat di ujung paling kiri, biar sedikit menghemat jalan kaki.

Siang ini kondisi parkiran pantai oetune rame banget, selain rame oleh pengunjung reguler, juga rame oleh peserta Outbond / gathering yang digelar oleh salah satu kantor pemerintah dari Kupang. 

Saat keluar kendaraan kita pun langsung disambut oleh anak anak yang menawarkan jasa foto, jadi mereka ini akan membantu kita untuk mengambilkan gambar alias memfotokan menggunakan kamera atau hape kita sendiri. Mereka udah ahli lho mengoperasikan kamera dan juga mengarahkan gaya foto. Dulu sih aku menerima tawaran mereka karena enggak bawa tripod, tapi karena kali ini bawa tripod, aku pun menolak tawaran mereka. 




 
Datang ke Pantai Oetune dengan tujuan Gumuk Pasir siang hari adalah sebuah kesalahan, panasnya dari segala penjuru, dari atas ada panas matahari langsung, dari kanan kiri ada angin yang panas, dan dari bawah ada pasir yang panas juga. Yaa mekipun hal tersebut enggak sepenuhnya benar sih, karena ada tips biar enggak terlalu kepanasan, yaitu jalannya harus di pantai yang pasirnya basah. Aku tahu ini pas jalan balik ke parkiran, pas jalan berangkat kita lewat pasir yang jauh dari perairan, panasnya gila gilaan, beberapa kali kita berhenti berteduh, heuheuheu. Ahh tau gitu tadi berangkatnya lewat pasir yang basah aja..
 

Padahal sebenernya pasir pantai oetune tuh enak banget lho buat goler goler, seperti foto di atas ini, di tempat yang teduh terlindungi rimbunnya pohon enau, si kecil asyik bobo boboan di pasir.

Berhubung udah jauh jauh kesini, kita pun tetep fotoan donk ya, meskipun kaki serasa kebakar nginjek pasir, apalagi pas jalan terus pasirnya keangkat kena kaki, huaaaaa hot hot hot.




Pas jalan balik, aku sih iseng lewat pasir yang deket dengan garis pantai, yang masih basah, eh ternyata adem gaesss, anginnya juga adem, angin dari laut, tinggal panas + silau aja dari atas, weleh weleh. Jadi buat kalian yang nekat siang siang ke gurun pasir pantai oetune, aku sarankan lewat pasir yang basah aja ya, biar enggak kepanasan kayak kita, heuheuheu


 
***

Peta Lokasi Pantai Oetune, Timor Tengah Selatan, NTT

Share:

3 comments:

  1. Outune ini adalah pantai yang menurutku keren banget. Mirip gumuk pasir di Jogja, tapi di sini jauh lebih putih pantainya dengan laut yang tenang. Aku iseng lihat-lihat di pencarian, jos banget pantainya mas.

    ReplyDelete
  2. Cakep banget pemandangannya.
    Ada gurun pasir dan pantai yang cantik.
    Mantul lah. 👍

    ReplyDelete
  3. Kalau datang lagi siang bawa unta mas jadilah serasa padang pasir hahaha

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive