24 August 2020

Pantai Ketapang Satu : Banyak Belingnya


Entah dimana yang nomor dua, Pantai Ketapang Satu ini rupanya cukup ramai ya di sore hari. Dahulunya enggak tertarik sama sekali untuk menjamah pantai ini, padahal lumayan sering lewat jalan di depan pantai ini.

Pantai Ketapang Satu ini terletak di daerah Todekisar, Kota Lama, Kupang. Persis di sebelah Jalan Sumatera dan berdampingan dengan Hotel Timor.


Tidak ada tempat parkir khusus, jadi para pengunjung harus parkir kendaraan di tepi jalan Sumatera, tanpa petugas parkir, tanpa tiket masuk. Kalau dari jalan sih, pantainya enggak terlalu kelihatan, tertutup semacam pagar beton, tapi ternyata di baliknya ada tangga turun ke pantainya lho.

Setidaknya aku sudah 3 kali ke pantai ketapang satu dalam 2 bulan terakhir ini, enggak tahu nih anak anakku seneng main pasir di sini. Dan setiap kesini ya pasti basah basahan kotor kotoran main pasir, sedangkan kita orang tuanya, duduk asik, ngunyah makanan yang dibawa sambil ngawasin mereka main.



Coba deh lihat capture-an google maps di bawah ini, disitu udah aku kasih nomor dari 1 sampai 6, untuk penjelasannya sebagai berikut :
  1. Hotel Timor dengan view Pantai Ketapang Satu
  2. Pintu Masuk Pantai Ketapang Satu, disini ada tangga untuk turun langsung ke pantainya, ada jalan cabang ke arah kanan untuk menuju ke arah jembatan yang ada Salibnya, ada warung/cafe yang menjual makanan, ada pula toilet
  3. Ada semacam jembatan/jalan beton ke arah bebatuan karang yang di mana di ujungnya terdapat 3 salib besar
  4. Bibir pantai ketapang satu, tempat kita piknik/main main pasir di kedatangan pertama dan kedua
  5. Semacam tanjung/daratan yang menjorok ke lautan dimana terdapat beberapa kursi dan di ujungnya ada patung dua orang yang sedang duduk membelakangi pantai
  6. Bibir pantai ketapang satu, tempat kita piknik/main pasir di kedatangan yang ketiga kalinya


Oia, tambahan, di titik nomor 4 itu banyak kita temukan bekas pecahan botol warna warni yang menyatu dengan pasir dan batu batu kecil, lucu juga sih, kalau dikumpulin jadi kayak gini :


Pecahan botol itu udah enggak tajem di ujung ujungnya, mungkin udah terkikis air laut dan gesekan dengan pasir, jadi pas nemu ini tuh rasanya kaya nemu batu batu permata di antara pasir dan bebatuan, heuheuheu.

***

Peta Lokasi Pantai Ketapang Satu, Kupang





Share:

6 comments:

  1. Mungkin pecahan beling itu karena botol terseret ombak dan terkena bebatuan kah? Atau ada anak yang iseng memecahkan botol hehehehhe.
    Di sana ada kopi Janji Jiwa juga, mas? buahahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kurang tahu juga, yang pasti sih udah lama terkikis ombak, pinggirannya udah enggak tajem.

      ada donk ya, hahaha, ada 3 gerai di kupang

      Delete
  2. Jd gak sabar bawa si kecil main2 pasir di pantai jg 😎😎😎

    ReplyDelete
  3. Hiks kayaknya aku malah belum pernah nulis pantai Ketapang Satu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin memang karena kurang eksotis ya, heuheuheu

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive