31 August 2020

Pantai Pasir Putih Atapupu : Ngopi dan Leyeh Leyeh

 
Bisa jadi ini adalah pantai terjauh yang kita datangi di Pulau Timor dengan start dari Kota Kupang, heuheuheu. Jadi minggu kemarin tuh kita berempat ngetrip keliling Pulau Timor, nah salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Atapupu, sesuai namanya, pantai ini berlokasi di Jl. Nasional Trans Timor, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur dengan jarak 300 kilometer dari Kota Kupang.

Dengan jarak sejauh itu dan membawa 2 anak kecil, tentunya kita enggak langsung cuss dari Kota Kupang donk, melainkan mampir mampir dulu dan menginap di Atambua. Nah kita mampir mampir kemana aja? Tenang aja, tentunya nanti akan aku tulis satu per satu di blog ini.

 

Kondisi siang itu, pantai pasir putih ini bisa dibilang sepi, hanya ada beberapa orang saja yang sudah berada di area pantai. Untuk masuk kesini dikenakan tiket masuk, kurang jelas sih perhitungannya gimana, pokoknya kita ada 2 dewasa, 2 balita dengan 1 kendaraan roda empat, tiket masuknya 15 ribu rupiah, yah terjangkau lah ya.

Dari pintu masuk ini, aku langsung mencari tempat parkir yang teduh, enggak sulit sih karena di sepanjang pantai ini memang banyak pohon dengan daunnya yang rindang, nah diantara pepohonan ini ada warung-warung milik warga setempat yang menjual air minum botolan, kopi, pop ice, makanan ringan, pop mie dan kelapa muda.


 

Untuk bersantai, para pengunjung tidak perlu bingung duduk dimana, disini banyak banget tempat duduknya, ada meja kursi, ada lopo lopo ada pula bangunan semacam gazebo untuk banyak orang, dan ini semua tidak perlu sewa, alias gratis dipake. Anak anak pun pasti suka banget main di pantai ini, selain pasirnya putih lembut, tidak ada ombak, di sini banyak ayunan, yang ukurannya ada yang kecil khusus untuk anak.

 

Cocok banget nih buat bersantai siang, terutama buat aku yang lumayan capek nyetir beratus ratus km, heuheuheu. Disaat si kecil asyik main ayunan, aku pilih pesen kopi item dan duduk leyeh leyeh di kursi warna warni di bawah pohon.

Pantai sepanjang 500 meter ini sebenernya fotogenik banget, dan asyik untuk dieksplore, di kanan kiri pantai ini terdapat hutan bakau, dan di arah kanan sana terdapat perahu perahu nelayan kecil yang lucu untuk difoto, tapi karena lagi males explore, aku cuma duduk aja, enggak kemana mana, heuheuheuheu.

Enak enak enak, lumayan lama kita santai santai disini, sebelum melanjutkan perjalanan Timor Overland selanjutnya. Nah buat kalian yang ada rencana atau tugas ke Atambua, wajib dah mampir ke pantai ini, cuman 40 menit kok dari pusat kota atambua.


Peta Lokasi Pantai Pasir Putih Atapupu, NTT

Share:

6 comments:

  1. Kalau pantai ini malah bagus banget mas, selain pasirnya putih dan banyak pepohonan. Untuk buat main pun menyenangkan, bayarnya juga murah hahahahah

    ReplyDelete
  2. 300 km itu jauh amat mas. Kereen tp. Sya jg pengen ngajak anak istri touring .

    ReplyDelete
  3. Selama beberapa kali ke Atambua malah gak pernah mampir ke tempat wisata di Atapupu.. masih inget dulu tempat ini dikuasai orang Timor Leste minta uang masuk ngawur per orang 20.000 waktu itu.. akhirnya main ke Teluk Gurita

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu, tp sekarang udah aman alhamdulilah

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

Youtube

Blog Archive