31 January 2022

Cara Mengobati Sakit Pinggang Yang Benar


Sakit pinggang tentu bisa dialami oleh siapa saja. Berbagai sensari nyeri sering dirasakan oleh penderita sakit pinggang. Meski bukan tergolong suatu penyakit, sakit pinggang bisa diidentikkan dengan reaksi dari bagian tubuh yang sedang sakit. Nyeri pada sakit pinggang tentu bisa ditimbulkan oleh berbagai factor. Dalam melihat suatu kondisi, tentu perlu diperhatikan secara seksama. Perlu adanya pengamatan lebih tentang factor penyebab sakit pinggang bisa terjadi. Berikut cara mengobati sakit pinggang yang benar antara lain :

1.    Berat badan harus ideal
Lebih dari 30 persen penduduk dunia mengalami kelebihan berat badan dan hampir 20 persen dianggap obesitas. Membawa beban ekstra secara signifikan dapat membuat otot pinggang dan tulang belakang Anda tegang. Menurunkan berat badan bisa jadi sulit. Namun hal itu dapat membantu mengendalikan nyeri pinggang, mencegah kondisi menjadi lebih buruk dan bahkan berpotensi menghilangkan kebutuhan akan obat pereda nyeri atau pembedahan. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menurunkan berat badan maka berkonsultasi ke doker adalah cara langkah tepat.

2.    Rutin melakukan aktifitas
Rutin beraktifitas juga dapat mengatasi sakit pinggang. Ada berbagai macam kegiatan seperti berjalan, lari ringan atau berenang yang bisa mengobati sakit pinggang. Pada tahap lakukan, lakukanlah aktifitas yang ringan dan menyehatkan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktifitas yang berat. Apabila sudah membaik, maka sedikit demi sedikit buatlah schedule olahraga seperti berenang agar sakit pinggang bisa segera pulih.

3.    Kurangilah angkat beban
Mengurangi mengangkat beban sangat dianjurkan bagi penderita sakit pinggang. Hal ini karena mengangkat berat dapat memberikan tekanan yang bisa membuat pinggang semakin sakit. Pastikan untuk melakukan tindakan yang benar ketika sedang ingin mengangkat sesuatu. Benda yang ringan seperti sapu juga harus hati – hati ketika hendak ingin mengangkatnya.

4.    Mengompres pinggang
Tentu dengan cara mengompres bisa mengurangi nyeri. Sakit pinggang pada umumnya dapat menimbulkan rasa nyeri. Kompreslah bagian pinggang yang terasa nyeri agar nyeri menjadi berkurang.


5.    Melakukan peregangan
Apabila hendak mengobati sakit pinggang bisa dilakukan dengan cara melakukan peregangan. Fungsi dari peregangan ini bertujuan untuk mengendurkan otot agar otot tidak menjadi tegang. Anda dapat melakukan peregangan bersama instruktur yang terlatih. Pengawasan juga perlu agar aktifitas peregangan dapat dilakukan dengn cara yang benar.

6.    Melakukan akupuntur
Akupunktur adalah teknik di mana jarum kecil dimasukkan ke dalam tubuh untuk merangsang titik tertentu. Saluran energy akan terhubung dan dianggap oleh beberapa pasien dan dokter untuk meredakan sakit pinggang. Meskipun belum ada informasi yang cukup untuk merekomendasikan pedoman praktik klinis, akupunktur patut dicoba. Beberapa penelitian seperti meta analisis 2013 dalam jurnal Spine menunjukkan bahwa akupunktur mungkin merupakan terapi yang efektif untuk jenis nyeri pinggang tertentu.

7.    Berhenti merokok
Merokok menghambat aliran darah dan mencegah jaringan di seluruh tubuh. mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dapat menyebabkan otot tulang belakang dan punggung melemah. Hasil dari merokok dapat menyebabkan sakit pinggang kronis. Ketika Anda siap untuk berhenti merokok, bicarakan dengan dokter tentang alat untuk berhenti. Anda bisa meminta resep pada dokter yang efektif untuk penghentian rokok. Juga pertimbangkan program penghentian nikotin yang dalam kombinasi pengobatan terbukti membantu pasien berhenti merokok untuk selamanya.

8.    Tidur terlentang
Karena mendistribusikan berat badan ke seluruh tubuh dan mencegah posisi melengkung yang bisa berdampak buruk bagi tulang belakang. Selain itu, letakkan bantal di bawah kepala dan leher untuk memastikan tulang belakang tetap sejajar dengan benar saat Anda sedang berbaring. Ketebalan bantal juga penting. Seharusnya tidak terlalu tinggi, terlalu rendah, atau terlalu kaku. Jika tidak, tulang belakang Anda tidak akan sejajar. Letakkan handuk yang digulung atau bantal di bawah lutut Anda. Ini dapat membantu menutup celah antara punggung bawah dan tempat tidur dan membantu mengurangi atau menghilangkan rasa sakit di punggung bawah.

9.    Dengan cara tidur miring
Posisi tidur lain yang baik untuk leher dan punggung adalah tidur miring dengan bantal di antara kedua kaki. Letakkan bantal berukuran tepat di bawah kepala dan leher untuk menopang. Dengan cara ini, seluruh tulang belakang akan sejajar dengan bantal.

10.    Berbaring
Bagi sebagian orang, berbaring telentang memperparah nyeri punggung. Tidur berbaring tentu dapat menemukan kelegaan jika tidur dengan sedikit miring. baik dengan punggung disangga oleh bantal, di tempat tidur bermotor dengan punggung terangkat atau di kursi bersandaran. Jika sakit punggung berlanjut selama beberapa minggu dan Anda merasa hanya bisa tidur saat tidur dalam posisi berbaring, Anda mungkin memiliki kondisi tulang belakang yang lebih serius seperti spondylolisthesis. Hal ini harus segera dibicarakan dengan dokter ahli.

11.    Mengubah permukaan tidur
Jika Anda mengalami sakit punggung saat tidur, mungkin permukaan tidur Anda terlalu keras atau terlalu lembut. Jika kasur terlalu lembut, itu tidak akan memberikan dukungan yang cukup bagi tubuh untuk mempertahankan keselarasan alaminya dan dapat menimbulkan stres atau rasa sakit ekstra. Jika kasur terlalu keras, itu bisa menyakitkan pada titik-titik kontak seperti pinggul, lutut, dan bahu. Menambahkan penutup kasur atau membeli kasur dengan jumlah penyangga yang tepat dapat membantu mengatasi nyeri punggung dan pinggul.

Cara mengobati sakit pinggang bisa dilakukan dengan berbagai cara atau metode. Lakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang sedang dialami agar mendapat manfaat yang benar. Anda bisa download di sini untuk mendapatkan konsultasi secara akurat dan mudah.
Share:

My Youtube Channel

Blog Archive