19 June 2023

Seru Seruan Bareng Rahayu River Tubing Kebumen

Penat dengan kerjaan, grup WA touring pun rame menjelang weekend. Kali ini tujuan touring kita deket deket aja, masih di sekitar Kebumen, enggak sampai keluar kota, tapi kayaknya bakal seru sih kali ini, karena kegiatan utamanya adalah River Tubing di sungai aliran dari Waduk Wadaslintang.


Seperti biasa udah ada panitia yang ngurusin jalur touring, dan booking operator river tubing, jadi aku tinggal siapin perlengkapan pribadi aja. Infonya sih kita ambil yang paket 100 ribuan per orang, nanti dapat snack dan makan siang.

Yang dari Kebumen, kita berangkat sekitar jam tujuh pagi, sedangkan yang dari Purworejo mereka juga berangkat sekitar jam segituan, nanti 2 team ini langsung bertemu di lokasi karena memang spotnya ini bisa dibilang di tengah tengah antara Kebumen dan Purworejo.



Oia disini ada dua operator yaitu Rahayu dan Sendang Dalem, nah setelah survey survey kita pilih yang Rahayu saja. Akses jalan menuju ke basecamp Rahayu River Tubing lumayan ekstrim mulai dari jembatan sendangdalem, jalannya sempit naik turun dan berkelok, untungnya sih sudah beton cor ya. Alhamdulilah kita sampai ke basecamp sesuai dengan jadwal yang kita rencanakan.

Di basecamp kita langsung siap siap, pake pelampung, helm dan sepatu khusus. Setelah itu lanjut briefing sebentar dan  cuss ke titik start. Jadi ternyata titik startnya tuh enggak dari basecamp ini, melainkan ini adalah titik finishnya nanti. Nah untuk menuju ke titik start kita naik pick up dulu dengan melewati jalur beton yang kita lewati tadi pas berangkat sampai jembatan sendangdalem, heuheuheu.



River tubing yang disini lumayan unik, jadi ban nya tuh digabung dengan tali jadi 1. Isinya ada 4 ban, yang ditempati 3 peserta dan 1 guide yang akan mengarahkan arah pergerakan ban kita biar sesuai jalur dan enggak menabrak2 batu batu besar di sungai. Sisi positifnya, peserta akan lebih aman dan mencegah peserta terpisah2, tapi sisi negatifnya, arah pandangan peserta tidak selalu ke depan, arahnya bisa kemana aja.


di Awal awal, kondisi sungai masih aman, tidak banyak jeram, cuman memang arusnya lumayan kenceng ya, seru banget dah, semua peserta teriak teriak dengan sebebasnya. Alhamdulilah hari ini cuaca cerah, dan air sungainya juga jernih banget, pemandangan di kanan kiri pun sangat indah, lagi ijo ijo nya.

Tidak berapa lama mengarungi sungai dengan penuh keseruan, kita berhenti di sebuah spot yang teduh, satu persatu dipersilakan naik dulu untuk menikmati teh hangat dan gorengan. Huhuhu mantap. Selain itu di spot ini juga ada tempat untuk lompat lompat dari batu, meskipun tidak tinggi. 




Sekitar setengah jam disini, kita pun lanjut lagi bertualang menyusuri sungai, kali ini ada beberapa spot dengan jeram yang lumayan ekstrem, tapi alhamdulilah kita semua bisa melewati tanpa terbalik bannya. Hingga akhirnya kita sampai di spot pemberhentian kedua yaitu spot lompat dari batu yang lumayan tinggi, kira kira 3 meter lebih. Tentu saja aku juga coba donk ya




Puas lompat lompat dari batuan tinggi. Kita lanjut lagi menuju titik finish. Kali ini aliran sungainya relatif lebih tenang, jadi kita bisa bersantai santai di atas ban sambil menikmati pemandangan indah di sepanjang jalur. 

Saat sebuah jembatan gantung terlihat, berarti itu tanda bahwa petualangan kita akan usai, karena jembatan gantung itu lokasinya persis di sebelah basecamp Rahayu River Tubing. 

Untuk tempat bilas dan ganti pakaian sudah tersedia lumayan banyak, ada 10 lebih, jadi tidak perlu antre antre. Mantap.



***

Peta Lokasi Rahayu River Tubing Kebumen

Share:

2 comments:

  1. Sekilas bebatuannya mirip di selopamioro. Kalau gak terlalu ramai malah seru dan asyik

    ReplyDelete
  2. Seru banget mas broo.. sudah lama jg gak river tubing lg. Pengen rasanya kalau liat air sebening di foto. Kece

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive