5 June 2023

Surga Jajanan Jadul : Toko Nyonya Pang Magelang

 
Aku tahu tempat ini gara gara ada video FYP di Tiktok, kue kue basah dan jajanan tradisional nan jadul yang ada di video itu bener bener bikin ngiler deh. Nah pas ada kesempatan buat jalan jalan ke Magelang, aku langsung masukin toko oleh oleh ini ke dalam itinerary.

Sentra penjualan oleh oleh yang bernama Toko Nyonya Pang ini tepatnya berlokasi di Jl. Pemuda No.71, Growong, Pucungrejo, Kec. Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kira kira berjarak 18 kilometer dari Alun Alun Kota Magelang. Lumayan jauh sih, tapi dijamin worth it deh. 
 

Jalan Pemuda ini jalan searah yang lumayan padat karena tidak jauh dari Pasar Muntilan, jadi untuk parkir kendaraan memang sangat terbatas. Apalagi kalau pas rame ramenya, tapi tenang saja, ada petugas parkir yang akan mengarahkan pengunjung untuk parkir dimana.
 
Tulisan "Sugeng Rawuh" di bagian depan toko seakan menyambut pengunjung yang datang, di atasnya tertulis bahwa toko ini sudah beroperasi sejak tahun 1912, wohooo luar biasa, bener bener legend lah toko ini. 
 
Menurut informasi yang aku baca, sebenarnya pemilik pertama toko yang terkenal akan jenang dodolnya ini bukanlah Nyonya Pang, namun Nyonya Lauw Ing Tjo. Nama Nyonya Pang sendiri berasal dari nama sang mertua, yakni Ny Lauw Ki Pang. Sekarang toko ini dikelola oleh generasi keempatnya dan masih setia melayani pelanggannya setiap hari. Bahkan jenang dodol di sini sudah menjadi salah satu oleh oleh khas Muntilan. 


Toko oleh oleh ini bisa dibilang lengkap banget, selain jajanan kering, juga ada jajanan basar yang mungkin bakal jarang banget kita bisa temuin, salah satunya adalah Moho, kue ini mengingatkanku saat jaman kecil dulu, sering banget makan ini, mudah ditemuin di pasar pasar. Dan akhirnya setelah berpuluh puluh tahun, aku bisa menemui jajanan ini lagi, heuheheu. Bahkan kue ini juga dijadikan motif di salah satu tas (goodie bag) yang dijual juga di toko ini.


Untuk beberapa makanan disediakan pula testernya, jadi buat para pengunjung yang ragu mau membeli, bisa dicoba dulu, tapi ini enggak semua jenis ada testernya ya, ingat hanya beberapa saja. Aku sih awalnya sempat bingung mau memutuskan membeli apa, heuehuehuehu pengen beli semuanya.



 
Ada satu minuman yang bikin aku langsung tertarik yaitu minuman semacam orson atau sarsaparila gitu, tertata rapi di dalam chiller, dikemas dalam botol kaca bertuliskan oriental. Ada beberapa warna yang bisa dipilih, kalau aku sih ambil yang warna hitam saja. Di situ juga ada alat pembuka tutup botol, jadi kalau pengunjung lagi bener bener kehausan, bisa dah langsung diminum di tokonya, eits tapi bayar dulu ya.


Nah buat temen temen yang lagi jalan jalan ke Jogja dan lewat daerah Muntilan, wajib dah mampir ke toko Nyonya Pang ini.


***

Peta Lokasi Toko Nyonya Pang Magelang

Share:

2 comments:

  1. Wooo, ini bisa ambil orsonhya, mas. Jarang banget sekarang di Jogja. Agak susah nyarinya

    ReplyDelete
  2. Ya Alloh kue moho....kue jadul sik ada titik pink di tengahe...mirip bakpao..tapi ini bunder ya...enak...penganan favorit jaman ku kecil dulu

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive