WHAT'S NEW?
Loading...

Makna kata Lombok


Gambar di atas adalah sebuah gambar di Kaos yang ane beli beberapa minggu yang lalu di Gili Trawangan, ane tertarik dengan tulisannya. "Lombok bukan Cabe Deh". hahai.. dari situ pula ane tahu Makna kata Lombok. Tahu kah anda bahwa banyak sekali orang yang salah mengartikan pulau ”Lombok “ di samakan dengan “pulau cabe” ( pulau Pedas) padahal artinya bukan seperti itu….. Terus arti sebenarnya apa..?? Yang perlu anda tahu bahwa cara membaca huruf “O” pada kata “LOMBOK” hendakanya dibaca seprti “O” pada kata Solo Bukan “O” pada kata Botol. Jadi kata Lombok dalam bahasa sasak berarti lurus, Betul atau biasa diartikan Jujur, polos, atau dengan kata lain biasa diartikan Fitrah.

Oia ada satu lagi kata yang perlu kita ketahui, yaitu kata Sasak, Sasak merupakan suku asli daerah Lombok. Kata sasak sediri berasal dari penyebutan angka satu dalm bahasa sasak “SAK” disebut dua kali jadi “SAK SAK”. Akan tetapi sudah menjadi kebiasaan orang menyebutkan kata “SASAK” menjadi “ SASAK” artinya Esa esa dalam bahasa arab ahad ahad”.

Pulau Lombok sendiri terletak di sebelah timur pulau Bali, sebelah barat Pulau Sumbawa . Pulau yang memiliki luas sekitas 5.435 km² , menurut badan statistik jumlah penduduk pulau lombo pada tahun 2001 mencapai 2.722.123 jiwa, sekitar 80 % penduduk pulau ini adalah suku sasak dan memeluk agama islam, sedangkan sisanya adalah orang bali, jawa, tionghoa dan arab.

Kepulauan Lombok yang memiliki empat kabupaten dan satu kota madya, kabupaten Lombok barat, Lombok tengah , Lombok timur, Lombok utara dan kota madya mataram sebagai pusat pemrintahan. Disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, penduduk pulau Lombok (terutama suku Sasak), menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Di seluruh Lombok sendiri bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut dan tenggara. Selain itu dengan banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam di Lombok (sebagian besar berasal dari eks Kerajaan Karangasem), di beberapa tempat terutama di Lombok Barat dan Kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan yang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

2 comments: Leave Your Comments

  1. baru tau ane... btw oleh2 kaos khas jogja selain dagadu apaan ya gan??

    ReplyDelete
  2. oi man.... iki temane Lombok, malah takon kaos jogja.. buka ae www.jogist.com

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar