WHAT'S NEW?
Loading...

Tari Barong Khas Pulau Dewata Bali

Tahukah akalian tentang Tari Barong, pasti tahu dung, tarian ini merupakan tarian khas Bali yang berasal dari khazanah kebudayaan Pra-Hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan (dharma) dan kebatilan (adharma). Wujud kebajikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya.

Nah gambar yang ada disini adalah saat ane menonton Pertunjukan Tari Barong di daerah Batubulan. Batubulan terletak pada jalur Denpasar – Ubud kira – kira 15 kilometer dari Kuta. Sangat mudah diakses dengan kendaraan manapun. Awalnya, desa Batubulan terkenal sebagai sebuah desa agraris yang memiliki banyak seniman yang bergiat dalam seni tari dan seni ukir. Namun, kemudian desa ini menjadi sangat terkenal sebagai objek wisata dengan suguhan tari Barong, bahkan sampai ke mancanegara.

Pertunjukan Tari Barong di sini dilakukan setiap hari lho dan menjadi terkenal karena menyuguhkan atraksi tari keris di mana para penari menusukan keris ke dada atau bagian tubuh mereka yang lainnya. Kamu dapat melihat dari dekat bagaimana besi yang runcing tesebut sama sekali tak mampu melukai apalagi menembus tubuh mereka. Padahal benda tersebut dihujamkan dengan sangat keras. Kamu malah bisa melihat bagaimana keris – keris tersebut melengkung saat dihujamkan. Meskipun pertunjukannya agak menyeramkan, tetapi penyajiannya diselingi dengan humor, gerakan-gerakan para penarinya kadang-kadang mengundang tawa riuh dari pungunjung, bagus banget deh pokoknya.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar